alexa-tracking

Tahukah anda? Tempe di Jerman jadi makanan MEWAH

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513d17df8027cfa334000000/tahukah-anda-tempe-di-jerman-jadi-makanan-mewah
Tahukah anda? Tempe di Jerman jadi makanan MEWAH
Quote:WELCOME TO MY THREAD


Tahukah anda? Tempe di Jerman jadi makanan MEWAH

Spoiler for NO REPSOL:


Bagi agan2 yg hobi makan2an asli indonesia, pasti nggak asing donk ya sama yg namanya TEMPE, sekali lagi TEMPE gan (inget nggak pake akhiran "K"), jd jangan sampe salah nulis, bahaya!!!!!emoticon-Ngakak
Tahukah agan? tempe yg udah jd santapan masyarakat indonesia tiap harinya, murah meriah, n penuh gizi, ternyata di Jerman sono jadi makanan mewah gan. Kok bisa?????


NGGAK PERCAYA???????

BERIKUT LIPUTANNYA


Quote:Lain padang, lain belalang. Semua bisa terbalik kalau membandingkan negeri sendiri dan negeri orang. Tempe boleh murah di Indonesia. Tapi di Jerman, harganya semahal daging ayam.


Tahukah anda? Tempe di Jerman jadi makanan MEWAH



Di kota Berlin, Jerman, yang sangat multikultur, mencari makanan Asia bukan perkara sulit. Misalnya saja di kawasan Wedding, yang merupakan salah satu kantung daerah imigran yang didominasi berbagai bangsa di Asia.

Toko-toko Turki dan Asia lainnya menjual berbagai bahan makanan sehari-hari yang serupa dengan yang biasa para imigran kenal di kampung halamannya. Ini obat kangen untuk mereka.

Toko Vinh Loi di Seestrasse, adalah toko yang tiap hari ramai kedatangan pembeli. Mereka kebanyakan orang Asia yang mencari cabai keriting, bayam, sampai kacang panjang. Selain itu banyak juga orang Jerman yang gemar berburu makanan Asia.

Tempe pun dijual di toko milik orang Vietnam ini. Namun jangan bayangkan harga tempe semurah di Indonesia. Satu tempe ukuran batu bata 400gr dibandrol 1,79 Euro atau setara Rp 28.319. Harga tempe di Jerman juga nyaris sama dengan sekilo paha ayam yang dibandrol 1,99 Euro.

Wuih, tentu saja beda jauh dengan harga tempe di Indonesia. Namun kalau sudah kangen, tetap dibeli juga.


Tahukah anda? Tempe di Jerman jadi makanan MEWAH


“Habis mau bagaimana lagi, kangen mau masak kering tempe,” kata Fitriani (27) mahasiswi Indonesia di Berlin.

Impor adalah salah satu faktor kenapa bahan makanan Asia harganya lebih mahal. Namun ternyata, tempe di Jerman tidak diimpor dari Indonesia. Jerman sudah membuat sendiri tempe mereka dengan nama yang sama: Tempe.

Tempe dibuat oleh perusahan lokal Jerman yaitu Natural Vegetarian Food b.v. Rupanya, hari ini bukan batik khas Indonesia saja yang sudah diproduksi oleh perusahaan tekstil lokal di Cina.



TKP

Gimana gan??
nggak kalah kan sama makanan2 asing siap saji yg udah "menjajah" negeri ini? negara se-maju dan se-modern Jerman aja masih suka makan tempe, gimana kita2 sebagai pewarisnya?
Ayoo budayakan makan tempe, ntar di klaim lagi loh ma tetangga sebelah emoticon-Ngakak


Thanks buat agan yang udah berbagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) jadi tambah smangat ngaskus ane emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By sansan_oke
Nice thread,

5 rated+cendol buat ente emoticon-Cool



Quote:Kalo agan2 berkenan boleh donk bagi
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Kalo nggak suka jangan di timpuk
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)



Thankz udah mampir dimari mas/mbak gan emoticon-Kiss


Quote:JANGAN LUPA MENINGGALKAN JEJAK
ninggalin jejak dolo gan emoticon-Ngakak
Tahukah anda? Tempe di Jerman jadi makanan MEWAH

ikut nymbang ga
Slow Om emoticon-Ngakak (S)
kebetulan ane mau masak makanan mewah hari ini gan
baiklah kalau begitu, ane mau masak tempe aja hari ini
makanan mewah ala jerman emoticon-Ngakak
repost gan... emoticon-Blue Repost
pernah liat ane
bantu emoticon-Rate 5 Star gan, bangga makanan negeri sendiri populer di negeri orang lain
sampai sampai disana udah ada produksinya sendiri ya gan

tapi sih, ane lebih suka daging ayam daripada tempe, emoticon-Ngakak
emoticon-Stick Out Tongueeace emoticon-Big Grin
emoticon-I Love Indonesia
ane juga mewah dong gan , hampir tiap hari slalu ada tempe .. emoticon-Ngakak
dejavu emoticon-Blue Repost
emoticon-2 Jempol paporit ane tuh yg namanya tempe, dipotong tipis2 trus digoreng kering . wuenakkkkkk josssss emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By GR1138769
repost gan... emoticon-Blue Repost
pernah liat ane


mangap gan, kagak tau ane.. Nasi udah menjadi bubur. Gpp lah ngsh inpo buat yg laen yg blm baca emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Ananassa
kebetulan ane mau masak makanan mewah hari ini gan
baiklah kalau begitu, ane mau masak tempe aja hari ini
makanan mewah ala jerman emoticon-Ngakak


ntar kalo udah mateng transfer ke ane ya gan, mayan buat sarapan emoticon-Ngakak
keknya ane musti buka lapak disana gan.
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By ekabarca
ane juga mewah dong gan , hampir tiap hari slalu ada tempe .. emoticon-Ngakak

hahahha itu mah keadaan gan, bukan mewah hahajhaa,,, becanda piece piece
baru tau ane gan emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By Rlang
bantu emoticon-Rate 5 Star gan, bangga makanan negeri sendiri populer di negeri orang lain
sampai sampai disana udah ada produksinya sendiri ya gan

tapi sih, ane lebih suka daging ayam daripada tempe, emoticon-Ngakak
emoticon-Stick Out Tongueeace emoticon-Big Grin


Lu kira cuma lu doank gannnn yg suka daging ayam. Ane jg suka kaleeeeeee...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By cuppucinno
keknya ane musti buka lapak disana gan.
emoticon-Cool


otak-otak FJB kek begini nih emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
jual di eb*y keknya bakalan laku nih tempe gan emoticon-Hammer (S)
waahhh..
aklo gitu besok ane mau jualan tempe di jerman ah.. emoticon-Genitemoticon-Genitemoticon-Genit