alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513cf47448ba546e4a000007/menhir-dan-bukik-posuak--bukit-bolong-nagari-maek-sumatera-barat
Hepi 
Menhir dan Bukik Posuak ( Bukit Bolong) Nagari Maek, Sumatera Barat
Menhir dan Bukik Posuak ( Bukit Bolong) Nagari Maek, Sumatera Barat
Nagari Maek, Kecamatan Bukitbarisan, Kabupaten Limapuluh Kota, memiliki 12 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, 12 Taman Kanak-Kanak, 11 Sekolah Dasar, 1 Sekolah Menengah Pertama, 1 Madrasah Tsanawiyah, dan 1 Sekolah Luar Biasa, untuk menunjang pendidikan formal anak-anak mereka.

Menyinggung soal objek wisata, Maek tidak kalah dari Lembah Harau yang sering dikunjungi wisatawan. Di Nagari Maek, terdapat beratus-ratus menhir. Menurut sejarawan Universitas Negeri Padang Prof DR Mestika Zed, menhir adalah batu tunggal yang berdiri tegak di atas tanah dan berasal dari periode neolitikum.

Periode neolitikum itu berada antara 6.000/4.000 SM sampai 2000 SM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Nagari Maek telah berusia beribu-ribu tahun. Tapi uniknya, warga Maek meyakini, sebutan Maek berasal dari bahasa Arab, Mahad.

Adapun Ma’had sejatinya merupakan kata benda yang menunjukkan arti tempat dan waktu. Ma’had diyakini berasal dari kata Ahad yang berarti berjanji. Dengan demikian, Ma’had sebenarnya bukan hanya memiliki arti pondok pesantren, tempat dan waktu untuk memeneuhi janji.

Terlepas dari itu, warga Maek bangga kampung mereka menjadi kampung tertua di Minangkabau. Tidak terhitung banyaknya, peneliti asing, sejarawan dalam negeri, dosen dan mahasiswa sejarah yang datang ke Maek, untuk melihat menhir. Ini tentu menjadi objek wisata pula.

Selain menhir, Maek juga memiliki Bukit Posuak atau bukit yang berlubang. Bukit Posuak berada di Jorong Sopantanah. Bersama dengan Bukit Posuak, Maek juga memiliki air terjun yang tak kalah indahnya, yakni air terjun Sarosah Barasok di Jorang Ampanggadang.

”Potensi wisata itu, sebenarnya bisa menambah pendapatan asli nagari Maek maupun pendapatan masyarakat. Sekaligus bisa mengangkat nama daerah. Tapi karena infrastruktur jalan dan jembatan belum bagus, potensi wisata ini belum tergarap,” tutur Irdapel Masrizal
Spoiler for Menhir:


Spoiler for Bukik Posuak:


Tapi sayang banget gan, akses jalan kesana miris bgtemoticon-Turut Berduka
sekian dulu post ane gan kalo rame ntr ane update lg foto-fotonya.emoticon-Shakehand2
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
sumber
pertamax milik tsemoticon-Malu
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
sepi bgt threadnya emoticon-Sorry
emoticon-Sundulemoticon-Sundul
sepi bgt threadnya
Menhir ada dipelajaran sejarah jaman SMP ane kayaknye emoticon-Ngakak
emoticon-Selamat Selamat buat first treadh nya gan ..

udaah lama ane gga ke sana gan .. emoticon-Belo
pengen ke menhirnya tp belum ada waktu yang tepaat gan ..

Sayaangnya jalan buat kesana ga mendukung buat jd objek wisata Kab. 50 kota gan ..

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia