alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513cb7607e1243f30f000008/kesenian-bunraku-wayang-goleknya-orang-jepang
Kesenian BUNRAKU, “wayang golek”nya orang jepang
selamat datang di thread ane gan emoticon-Selamat

kali ini ane cuma ingin berbagi pengetahuan dari belahan dunia lain, tepatnya dari jepang. ada satu kesenian boneka dari jepang yang sudah lama yg disebut BUNRAKU emoticon-Smilie
maaf klo emoticon-Blue Repost

Spoiler for Bunraku:


Bunraku adalah teater boneka khas Jepang. Teater Bunraku atau ningyo joururi (boneka narasi) dapat disebut juga dengan oyatsuri joururi berasal dari seni pertunjukan rakyat ciptaan rakyat biasa (dari periode Edo 1600-1868). Pertunjukan merupakan hasil kreasi tayū bernama Takemoto Gidayū dari kelompok boneka Takemoto-za. Kata bunraku mengarah pada pementasan ningyo joururi yang ada di Osaka. Kesenian ini bermula dari pementasan ningyo johruri oleh seniman Uemura Bunrakuken I di Osaka.
Bunraku adalah pertunjukan yang hanya dibawakan oleh laki-laki. Tiga unsur pertunjukan teater bunraku disebut sangyō (さんぎょう) yang terdiri dari tayū (太夫) a.k.a narator pertunjukan, pemain shamisen, dan 3 ningyō tsukai (人形遣い)a.k.a dalang.
Di sisi kanan penonton, terdapat pangung yang disebut yuka (床). Di atas yuka terdapat panggung berputar yang menjadi tempat duduk tayū dan pemain shamisen. Bagian tubuh dalang dari pinggang ke bawah dihalangi dari pandangan penonton memakai penghalang dari papan kayu yang disebut tesuri (手摺り).

Spoiler for panggungnya:


Kepala, badan, dan tangan kanan boneka digerakkan oleh dalang utama yang disebut dengan omozukai (おもずかい). Tangan kiri digerakan oleh asisten dalang yang senior atau disebut Hidarizukai (左図解)dan kaki-kaki boneka digerakan asisten dalang yang lebih junior atau disebut ashizukai (足図解). Di karenakan boneka wanita tidak memiliki kaki, asisten dalang bertugas menggerakkan kimono dan membuat gerakan bayangan seakan boneka tersebut memiliki kaki. Gerak-gerik boneka harus disinkronisasikan dengan narasi dan musik pengiringnya.

Spoiler for cara memainkannya:


Umumnya dalang dan asisten dalang menggunakan pakaian hitam agar seolah-olah tidak terlihat. Dalang utama wajahnya terlihat karena biasanya adalah seniman tersohor, sedangkan asisten dalang wajahnya ditutupi kain hitam. Dalang mengenakan geta, sandal khas jepang, berhak tinggi dari kayu untuk mengimbangi posisi asisten dalang yang menggerakkan bagian kaki boneka. Nyanyian dan suara boneka dilantunkan oleh tayū, sehingga tayū harus bisa menyuarakan suara pria ataupun wanita.

Spoiler for para pemain:


Spoiler for videonya gan:


tapi sama halnya dengan nasib wayang golek di indonesia, bunraku di jepang juga sudah semakin jarang diminati terutama oleh kalangan muda. faktornya semakin majunya jaman, kurangnya minat, dan sulitnya mempelajari kesenian ini, bayangkan saja untuk benar-benar bisa menguasai boneka bunraku atau menjadi dalangnya butuh berlatih selama bertahun-tahun lamanya, ga heran kenapa setiap pemain dari boneka bunraku adalah orang-orang yang sudah lanjut usia.
sepi, pada kemana para kaskuser emoticon-Bingung (S)
klo di jawa jenenge wayang wong iki emoticon-Matabelo
wew gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By TheReal9
klo di jawa jenenge wayang wong iki emoticon-Matabelo


iya gan, mirip2 kayak wayang, tapi dgn gaya jepang tradisional emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)
keren juga kesenianya yah gan