alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513c628b5b2acf7842000008/kereta-kuno-jaladara-beroperasi-lagi
Kereta Kuno Jaladara Beroperasi Lagi
Welcome to My First Thread

Quote:TEMPO.CO, Surakarta - Pemerintah Surakarta bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) hari ini, Minggu, 10 Maret 2013, kembali meresmikan penggunaan kereta uap kuno Jaladara. Sebelumnya, kereta itu sudah diresmikan operasionalnya pada 27 September 2009. Namun berhenti beroperasi sejak empat bulan lalu.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ignasius Jonan mengakui sebenarnya tidak berminat mengoperasikan kembali Jaladara. »Pengoperasiannya sulit. Dan secara teknis, tidak banyak sumber daya manusia yang memahami kereta uap,” kata dia. Namun, karena desakan pemerintah Surakarta, PT KAI memutuskan kembali menjalankan Jaladara.

Jonan mengatakan, lokomotif dengan nomor seri C1218 adalah buatan Jerman tahun 1896. Selama ini lokomotif itu disimpan di Museum Kereta Api Ambarawa. Sedangkan dua gerbongnya ada di Magelang dan Bandung. Untuk menjalankan kereta, setidaknya butuh 4 meter kubik air dan 5 meter kubik kayu jati. Kereta Jaladara kini bisa dijalankan malam hari karena sudah dilengkapi lampu sorot dan lampu interior.

Jaladara akan menempuh jarak 5,6 kilometer dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Kota dengan jumlah tempat duduk untuk 80 penumpang. Kereta dijalankan dua kali sepekan atau delapan kali sebulan. Dalam uji coba sebelumnya, kecepatan kereta bisa mencapai 20 kilometer per jam.

Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo mengatakan, Jaladara sudah menjadi ikon pariwisata Solo. Karena itu, dia selalu mendesak PT KAI agar segera mengoperasikannya kembali. »Prosesnya tidak mudah. Kami harus terus merayu,” katanya.

Kereta Jaladara dijalankan dengan sistem paket seharga Rp 3,5 juta per perjalanan. Dia tengah mengupayakan agar masyarakat tidak mampu di Solo dapat naik dengan biaya terjangkau atau bahkan gratis. »Misal bayar, cukup bayar Rp 2.500. Selebihnya biar pemerintah yang menanggung.”

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI Yogyakarta, Sri Winarto, mengatakan, Jaladara digunakan untuk melengkapi wisata budaya dan sejarah di Solo. »Kereta kuno ini akan membuktikan ketangguhannya menghadapi terjangan zaman,” katanya.
SUMBER


Quote:Kereta Kuno Jaladara Beroperasi Lagi
Kereta Kuno Jaladara Beroperasi Lagi


Ironis transportasi di negri kita. Kereta kuno koq masih aja mw dipakeemoticon-Sorry. Menurut ane sih bagusnya dimusiumkan, biar ada nilai sejarahnya.

Spoiler for open 1:

Spoiler for open 2:

Spoiler for open 3:
PertamaX cuma punya TSemoticon-Ngakak

Quote:mampir gan Komputer P IV asli murahnya - harga mulai 300rb'an
selamat buat solo untuk terus fokus jadi kota budaya emoticon-I Love Indonesia (S)
tuh kereta awet juga yah masih tetep ada emoticon-Matabelo
Iyaa gan selamat deh bwt kota soloemoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By brider.amatir
selamat buat solo untuk terus fokus jadi kota budaya emoticon-I Love Indonesia (S)


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak sory yah gan
Quote:Original Posted By bigdiscon
nice info gan
selamat untuk thread pertamanya
gx ane rebut pertamaxnya
emoticon-Hammer2


Maap kk sudah ganggu numpang iklan ya emoticon-Shakehand2


bukannya udah lama gan yang waktu masih gubernur joki kan ?
pakai pic biar lebih seru threadnya..
Spoiler for :

Quote:Original Posted By ebii.ebii
bukannya udah lama gan yang waktu masih gubernur joki kan ?
pakai pic biar lebih seru threadnya..
Spoiler for :



Wahh makasih bnyk gan udah nambahin Pict'yemoticon-Matabelo. Inet ane lemot, uploadnya lemot tingkat dewaemoticon-Ngakak
tranjakarta dikemanain gan?emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By sideways777
tranjakarta dikemanain gan?emoticon-Bingung (S)


kan disurakarta gan?emoticon-Bingung (S)
bukan jakarta
wah mantap tritnya gan
walaupun bentuknya kurang sangar, tpi kalok masi bisa jalan, masi bisa buat nostalgia,,,, tpi lebih oke kalok ada trem,,emoticon-I Love Indonesia
hadeeh nambah2in polusi aja tuh asepnya emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By spankies
hadeeh nambah2in polusi aja tuh asepnya emoticon-Cape d... (S)


bener gan, udah ada KRL yg ky gni msh aja disuruh "lari". kasian udah tua, mending di musiumin emoticon-Ngakak
wah keretanya masih bisa jalan ya gan emoticon-Matabelo
tapi sebenernya sayang kalau dipakai buat beroperasi lagi, lebih baik dimuseum kan, agar kita masih punya kenangan buat anak cucu kita kelak emoticon-Malu (S)
emoticon-Sundul Gan (S)
mantap ni kereta kunonya beroprasi lagi
Quote:Original Posted By yunlut
emoticon-Sundul Gan (S)


emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
Malam hari
dianggurin dibilang sayang masih bs jln knp tak digunakan.. dioperasikan dibilang ironis masih dipake..
rempong mamat emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By toew
dianggurin dibilang sayang masih bs jln knp tak digunakan.. dioperasikan dibilang ironis masih dipake..
rempong mamat emoticon-Nohope


yaelah gann.. ky ga da kreta baru lg aja. blajar dr yg udeh terjadi aja ky pesawat sukhoi yg kmren nabrak gunung salak. pesawat usang masih di suruh terbang, ya bgtu deh jd'y...
polusi jg bertambah dr asepnya.

btw thx udh mampir di trit ane emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By yunlut


yaelah gann.. ky ga da kreta baru lg aja. blajar dr yg udeh terjadi aja ky pesawat sukhoi yg kmren nabrak gunung salak. pesawat usang masih di suruh terbang, ya bgtu deh jd'y...
polusi jg bertambah dr asepnya.

btw thx udh mampir di trit ane emoticon-Shakehand2


yaelah gan. ini kan kereta wisata bukan kereta reguler. selain di solo ada juga di ambarawa ama di sumatera barat. bahkan di eropa pun masih ada kereta wisata uap