alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513c46960c75b40e6f000003/rip-seorang-pendaki-unsika-tewas-kedinginan-di-gunung-argopuro
[RIP] Seorang Pendaki Unsika Tewas Kedinginan di Gunung Argopuro.
Seorang Pendaki Gunung Argopuro Tewas Kedinginan

Quote:Metrotvnews.com, Situbondo: Seorang pendaki tewas saat melakukan pendakian di Gunung Argopuro, Situbondo, Jawa Timur. Korban diduga kedinginan karena cuaca buruk dengan hujan dan kabut tebal yang menyelimuti kawasan tersebut.

Korban tewas bernama Fery Susanto (20), mahasiswa Universitas Singaperbangsa (Unsika), Karawang, Jawa Barat. Ia merupakan salah satu dari 24 pendaki yang dicari tim evakuasi dan warga setempat.

Adapun ke-23 pendaki lainnya selamat setelah melalui proses evakuasi selama dua jam. Rombongan pendaki dari Unsika ini ditemukan Sabtu (9/3) malam. Mereka mulai medaki dari pos pendakian di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, pada pagi harinya.

Para pendaki terjebak hujan dan kabut tebal saat melakukan perjalanan lima kilometer sebelum mata air pertama di Cikasur. Karena kedinginan dan kurangnya persiapan peralatan, Fery mengalami gangguan pernapasan hingga tewas.

Informasi tersebut sampai ke petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) di Pos Baderan, beberapa saat setelahnya. Petugas bersama warga setempat langsung menuju lokasi korban dan berhasil mengevakuasi para pendaki ke Pos Baderan, sekitar dua jam kemudian.

Menurut salah satu pendaki, Rivaldi, mereka belum jauh memasuki kawasan Gunung Argopuro ketika tiba-tiba di tengah perjalanan korban yang merupakan Ketua Pelaksana Pendakian tersengal-sengal. Satu jam kemudian, Fery pun menghembuskan napas terakhirnya.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Zainul Arifin, korban diduga tewas karena kondisi yang kurang fit.

Petugas langsung membawa jenazah korban ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan visum dokter. Hingga berita ini ditulis, keluarga korban belum datang. Namun, keluarga korban meminta agar jenazah Fery segera diantar ke rumah duka di Karawang, karena jauhnya jarak penjemputan.

Sumber : Metro News


Mereka Sempat Dilarang Nenek Bisu


Quote:SURYA Online, SITUBONDO - Sebelum berangkat mendaki ke puncak Gunung Argopuro, 24 mahasiswa pencinta alam dari Universitas Singaprabangsa Karawang, Jawa barat dan mahasiswa Panca Marga, Probolinggo sempat didatangi seorang nenek tunawicara (bisu) di posko Balai Konservasi sumber Daya Alam (BKDSA) Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang.
Nenek itu melarang mereka melanjutkan pendakian.

Namun, niat baik sang nenek bisu ini tidak digubris. Bahkan, para mahasiwa ini tetap nekat melanjutkan menjelajah dan melihat keindahan alam di kawasan puncak Gunung Dewi Rengganis tersebut.

Seorang Mahasiswa, Riski, mengatakan, pada saat rombongannya tiba di posko Konservasi Sumser Daya Alam KSDA Baderan, Jumat (08/03/2013) malam, rombongannya didatang seorang wanita tua tuna wicara.

“Dengan bahasa isyarat, nenek itu melarang keras dan menarik baju teman mahasiswi untuk melakukan pendakian. Bahkan sampai tiga kali melarangnya,” ujar Riski salah seorang senior pencinta alam dari Unsika kepada Surya.co.id, Sabtu (09/03/2013) malam.

Menurutnya, dirinya tidak memahami isyarat wanita tua itu, karena niat kami melakukan pendakian untuk melihat keindahan alam Gunung Argopuro yang banyak dimintai para pencita alam.

“Saya baru sadar, isyarat nenek menarik napasnya dari hidung itu ternyata ada teman kami yang meninggal,” katanya.

Pada saat berangkat, dirinya sudah meminta kepada teman temannya untuk tidak berbicara kotor dan urakan selama perjalanan pendakian.

“Saya berkali-kali meminta, agar setiap melakukan pendakian jangan aneh-aneh,” kata Riski.

Selain itu, selama perjalanan alam di sekitarnya sudah menyeramkan, bahkan beberapa temannya banyak mendengar suara yang tidak lazim.

“Saat mencuci muka, saya melihat bayangan hitam melintas di tengah jalan,” kata mahasiswa yang lain saat menunggu warung di depan wisma Camat Sumbermalang.

Sebelum meninggal, korban mengigau seperti orang kesurupan saat tubuhnya menggigil.

“Beberapa kali korban memanggil dan minta tolong sama ibunya, kalau dirinya mau mati,” tukasnya.

Sumber : Surya


Malam Ini Jenazah Fery Dikirim ke Kerawang

Quote:SURYA Online, SITUBONDO - Ketua BPBD Situbondo Zainul Arifin mengatakan, para mahasiswa dari Universitas Singaprabangsa, Karawang, Jawa Barat itu, melakukan pendakian di Gunung Argopuro atas prakarsa kampusnya. Namun, sebelum sampai di Ciksur, sudah ada yang kedinginan.

“Dari 24 mahasiswa, ada yang meninggal satu. Semua mahasiswa itu, kita evakuasi ke Kecamatan Sumbermlang,” ujar Zainul Arifin saat mengawal anggota untuk mengevakuasi para mahasiwa dari Karawang tersebut.

Berdasarkan informasi dari teman korban, pihak keluarga dan pihak kampus menyarankan agar jasad korban yang bernama Fery Susanto itu segera di kirim ke Karawang untuk di makamkan.

“Malam ini juga, jenazah korban akan kita kirim dengan menggunakan mobil ambulans ke Karawang,” katanya.

Zainul menghimbau kepada para pendaki dan masyarakat, khususnya pencinta alam untuk tidak melakukan pendakian karena situasi dan kondisi cuaca di Gunung Argopuro saat ini masih ekstrem.

Sumber : Surya


Ane cuma share, gak ngarep apa-apa gan, tapi kalau ada yang ngasih cendol gak apa-apa gan emoticon-Hammer emoticon-Hammer
Tapi jangan dikasih bata ya emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)

Pesan TS : Hati-hati gan kalau mendaki. Jika cuaca tidak memungkinkan lebih baik ditunda atau dibatalkan emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

Semoga diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.. . . . Amiin

emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
pertamax emoticon-Cool

smoga aja Ia diterima disisiNya emoticon-Malu (S)





Best Regards,
WSSChanger
wah turut berduka..
tp kok gak sijelaskan minus berapa derajad celcius ya gan.. ampe bisa mati kedinginan gitu
2 hari kemarin pulau jawa lagi di terpa cuaca buruk terus - menerus gan emoticon-Berduka (S)
semoga amal ibadah bang ferry di terima di sisinya. amin.
Quote:Original Posted By Click12
pertamax emoticon-Cool


Selamat gan, ente dapat pertamax emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By wsschanger

smoga aja Ia diterima disisiNya emoticon-Malu (S)





Best Regards,
WSSChanger


emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

Quote:Original Posted By Ezzel
wah turut berduka..
tp kok gak sijelaskan minus berapa derajad celcius ya gan.. ampe bisa mati kedinginan gitu


Iya gan, gak dijelaskan, ntar ane cari-cari update info penyebab meninggalnya emoticon-Berduka (S)

Quote:Original Posted By falaila.2009
2 hari kemarin pulau jawa lagi di terpa cuaca buruk terus - menerus gan emoticon-Berduka (S)
semoga amal ibadah bang ferry di terima di sisinya. amin.


Iya gan, dari pantauan ane, kebetulan rumah ane disisi timur Argopuro. Argopuro beberapa hari ini memang mendung dan tertutup kabut.

Amiin . . . .

emoticon-Berduka (S)
innalillahi semoga amal ibadahnya diterima di sisi-Nya gan emoticon-Turut Berduka
gunung dengan trek terpanjang di jawa memakan korban.. semoga bisa membuat kita lebih berhati2 setiap berkegiatan di alam bebasemoticon-Ngacir
Turut berduka cinta
semoga amal ibadah nya di terima di sisi nya emoticon-Mewek
emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)

Semoga kang ferry beserta amal ibadahnya diterima disisi-NYA. aamiin
Apapun penyebabnya, itu dah takdir dr Yang Maha Pencipta
wah berita duka lagi
mati dah diatur ma yang kuasa gan
kita aja yang suruh hati2 emoticon-Big Grin
kasihan
turut berduka cita emoticon-Berduka (S)
Ngeri gan emoticon-Takut
turut berduka cita gan emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
kasihan juga yah..
turut berduka cita juga emoticon-Berduka (S)
maaf ada yang tau no tlpn pos pendakian gunung argopuro.. tmen ane ada yg lg pendakian ke sana tp sampai hr ini msh belum ada kabar.. tmn ane muncak lewat jalur bremi.. ane kuatir gan.. tolong kalo ada yg tau kasih infonya yaa gan.. ni no tlpn ane (085 633 444 59) barangkali ane pas gk online... makasih.. emoticon-Sorryemoticon-Berduka (S)
kaga pake minyak kayu putih cap lang sih