alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513c355a7b12436e1d000008/nutsarea---salah-paham-pengetahuan-amp-sains-vol-2-makhluk-hidup
NutsAREA - Salah Paham Pengetahuan & Sains (Vol. 2: Makhluk Hidup)
Permisi, ini ada tulisan, copas langsung dari blog ane sendiri, dan semuanya hasil tulisan ane sendiri, bukan copas dari blog lain ya.
link: http://nutsarea.blogspot.com/2013/03...ins-vol-2.html


yang belum baca volume 1 ada di:
http://www.kaskus.co.id/thread/5139b...l-1-tata-surya
atau
http://nutsarea.blogspot.com/2013/03...ins-vol-1.html


Selamat membaca.

Quote:NutsAREA - Salah Paham Pengetahuan & Sains (Vol. 2: Makhluk Hidup)

Setelah kesalah pahaman dari bidang tata surya, kini beralih ke makhluk hidup. Langsung saja.

5. Tumbuhan bernafas dengan menghirup Karbon Dioksida
Ya, hampir semua sekolah dasar mengajarkan muridnya kalau tumbuhan bernafas dengan menghirup Karbon Dioksida. Tapi ini salah besar! Semua makhluk hidup di bumi dari mikroba, cacing, ganggang, lumut, manusia, hewan, dinosaurus, dan juga tumbuhan, semuanya bernafas dengan menghirup Oksigen.
Salah paham ini terjadi pada kalimat "Bernafas" dan "Berfotosintesis", jika ditanya tentang fotosintesis, jawabannya adalah ya, Karbon Dioksida yang dihirup, tetapi tidak lupa dengan Air dan Cahaya. Tetapi saat bernafas ia tetap menghirup Oksigen.

6. Ikan Mas hanya memiliki ingatan 3 detik.
Sayannya salah, buktinya banyak sirkus dengan ikan dari daerah asia timur yang menampilkan ikan mas yang terlatih untuk melakukan gerakan dan tarian tertentu.

7. Anjing melihat dunia dengan hitam-putih (monochrome)
Hanya karena ketika kita bermain dengan anjing dan melempar bola ke arah rumput (bola mainan anjing biasanya berwana merah), dan anjingmu bertingkah seperti tidak melihat bola, bukan berarti anjing tidak bisa melihat warna. Tapi anjing memang buta warna, hanya buta warna merah.
Jadi dia hanya bisa melihat warna biru dan kuning saja. Bola dan Rumput akan terlihat sama-sama berwarna kuning, dan karena itu anjingmu tidak bisa menemukan bola merahmu.

8. Kelelawar itu buta.
Sayangnya salah juga, mata kelelawar berfungsi dengan baik. Tetapi dalam keadaan tanpa cahaya, kelelawar tidak menggunakannya, melainkan menggunakan telinganya untuk menentukan lokasi benda dengan kemampuan sonarnya. Tidak menggunakan mata di kegelapan bukan berarti buta kan?

9. Burung unta itu penakut.
Mungkin karena serin menonton film kartun yang menunjukan burung unta selalu menyembunyikan kepalanya kedalam tanah ketika ada masalah. Tapi ini salah besar. Burung unta terkenal agresif, dan... pelari yang handal, tendangan yang kuat dan serangan patukan yang cukup keras. Mungkin bukan burung unta lagi yang penakut jika bertemu manusia, larilah seperti pengecut karena ia bisa mencapai 70 km/jam.

10. Evolusi membuat makhluk lebih canggih & kompleks.
Sayangnya kebalikan, jika dilihat dari moyangnya, evolusi membuat makhluk lebih simpel. Seperti makhluk-makluk modern yang jika dibandingkan dengan makhluk purba yang berukuran besar, mempunyai sistem pencernaan dan pernapasan yang lebih rumit, rangka dan kulit yang lebih kuat. Dibanding dengan cicak yang sangat lemah, tetapi dengan kesederhanan bentuk dan sistem tubuhnya ia bisa bertahan sampai sekarang.

11. Dinosarus pernah hidup bersama manusia.
Hmm, jenis dinosaurus atau kadal besar terakhir telah punah sekitar 65 juta tahun yang lalu, sedangkan manusia pertama atau homo sapiens pertama muncul sekitar 130 ribu tahun yang lalu. Sangat jauh.


Bersambung ke tema tubuh & kesehatan di vol. 3
Quote:Original Posted By azz_inside
Permisi


silakan...

baru tahu yang nomer delapan nih...
Perlu di benahi sejak dini tuh