alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
Ngobrol Yuk Gan!!, selera musik mayoritas orang indonesia itu seperti apa sih???
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513796018227cf2469000004/ngobrol-yuk-gan-selera-musik-mayoritas-orang-indonesia-itu-seperti-apa-sih

Ngobrol Yuk Gan!!, selera musik mayoritas orang indonesia itu seperti apa sih???

Akhir-akhir ini saya kepikiran selera musik mayoritas orang indonesia itu seperti apa sih?
Apa benar seperti orang orang bilang? yang bisa laku disini itu cuman dangdut dan yang nyerempet nyerempet pop melayu?
Kalau dangdut sudah tidak usah dipungkiri Lagi memang sangat laku di indonesia , jadi saya lebih tertarik bahas pop melayu.
Jika saya lihat sekilas sih memang seperti itu, setiap saya lewat di tempat jual cd dan dvd bajakan, toko hp, dan segala macam yang ada di ITC dan sejenisnya sampai yang ada di pinggir jalan, hampir semua counter masang lagu ya lagu pop melayu,
Saya tidak masalah dengan pop melayu, kalau didengar dengar memang ada sisi enaknya, namun kenapa bisa semerajalela sekarang?. Apakah karena memang selera pasar indonesia sudah seperti itu? , sehingga para musisi indonesia menciptakan lagu pop melayu dan record label meluncurkan pop melayu ? Ataukah pop melayu merajalela karena terjadi bias pengambilan kesimpulan oleh para label rekaman yang menyimpulkan bahwa musik pop melayu adalah yang paling menghasilkan profit? yang didasarkan atas proyeksi penjualan beberapa musisi yang laku keras yang kebetulan lagunya pop melayu? (contohnya band generasi awal pop melayu ; Kangen band) , sehingga pilihan musik yang ada di indonesia sebagian besar hanya pop melayu saja akibat label rekaman paling sering meloloskan musisi pop melayu?.
Apakah benar music pop melayu itu yang diinginkan masyarakat indonesia? atau memang karena sedikitnya pilihan musik?. hal ini mulai terpikir oleh saya awalnya karena acara X-factor , Noah , dan cakra kahn

Acara X-factor itu durasinya 3 jam lebih , belum lagi siaran ulangnya bisa berkali kali, itu menunjukan kalau acara itu laku keras. Tidak mungkin selama dan sesering itu kalau sedikit yang nonton dan ratingnya jelek, RCTI bisa rugi ratusan juta karena biaya iklannya murah gara-gara sedikit yang nonton. lalu kita lihat, berapa kontestan yang menyanyikan lagu pop melayu?emoticon-Bingung (S) , ane sih belum lihat emoticon-Wink
Lalu band Noah, okee, beberapa album terakhir peterpan sudah mulai nyerempet nyerempet pop melayu sedikit, tapi album mereka (ganti nama jadi noah) yang sekarang itu tidak ada unsur pop melayunya sama sekali, dan laku keras lho, dari radio prambors sampai radio yang diputar di warung warung lagu dia berkumandang, kenapa tuh ya gan?
Sama juga dengan Cakra kahn, lagunya bukan pop melayu tapi laku keras, sama seperti noah, lagu dia kedengeran dimana mana, bahkan di Itunes Indonesia itu cakra kahn itu masuk Big ten download.

Jadi apaaa sih musik yang dicari orang indonesia pada umumya itu? apakah benar pop melayu dan rekan rekannya? atau musik yang memiliki pemilihan nada, efek suara ,dan lirik yang baik, serta suara vokalis yang bagus, tidak mementingkan genre?

MOHON PENDAPATNYA AGAN AGAAN! emoticon-Kiss
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Musik itu selera pribadi gan. Sekalipun boyband mereka punya hak buat berkarya,, yg jelas ane sih suka britpop emoticon-Cool
Quote:


berkarya atas karya mereka sendiri ya bukan berkarya hasil jiplakan orang emoticon-Big Grin
yoi emoticon-Cool
Quote:


selera masing-masing gan,

kalau di negara kita winner'nya ya ndangdut emoticon-Kaskus Radio

banyak juga yang suka jazz, blues, country, klasik, keroncong sampe langgam

emoticon-I Love Indonesia
Tergantung agan TS pake barometernya apa? Tv, Radio, Internet, atau Cd bajakan?

menurut ane kalo agan ukurnya dari tv ya jelas pop atau dangdut keliatan banyak penikmatnya. padahal masyarakat kita banyak sekali yg menyukai jenis musik yg lain, cuma mereka kaya keliatan minoritas.
temen gua ada anak band pernah bilang ke gua(dia baca suatu penelitian), selera musik ditentukan dari jenis musik apa yang paling sering dia denger dari kecil- umur 15an karena saat lu denger musik diumur segitu dan begitu musik yang lu suka, bakal ada jenis hormon tertentu yang bereaksi(lupa namanya apa,akhirannya -phin kalo gak salah contoh morphin tapi bukan itu) dan itu mempengaruhi preferensi lu memilih jenis musik.

gua dulu waktu kecil jatuh cinta sama musik tradisional asia timur dan aerosmith, karena bokap gua sering setel musik itu, sekarang gua sukanya progressive death metal atau melodic death metal.

tapi gua sendiri masih ragu karena emang gua belum baca jurnal orang yang pernah meneliti hal ini.

mari asumsi, kalau memang teori ini benar, maka gak heran banyak penggemar musik pop melayu, karena kalau kilas balik beberapa tahun sebelumnya musik yang paling ramai adalah dangdut dan pop indonesia 90an dimana musik pop melayu ini masih berkaitan dengan 2 genre sebelumnya (apalagi pop 90an dan awal 2000)

Diubah oleh druidism08
Musik itu ada klasifikasinya, yang pertama penikmat musik, pemain musik , dan pengamat musik. Jadi pada dasarnya menurut saya yah om, kalo kita hanya menilai selera musik indonesia berdasarkan apa yang kita sering jumpai itu sebagian besar kita hanya melihat dari segi si penikmat musik saja. kalo bisa di tanya pada si pemain musik, dari mana sih refrensi musik dari lagu yang mereka buat ? itu akan beda lagi jawabannya. kita bisa liat kemajuan indonesia saat ini dalam musik, sudah banyak musisi dari luar yang berdatangan ke indonesia, rata-rata tiket soldout itu sudah membuktikan bahwa generasi sekarang sudah berbda untuk jenis musik yang mereka sukai bahkan musi-musi indonesiapun berdatangan juga. jadi jelas bahwa musik yang mereka buat hanya sekedar untuk mengejar pasar di luar kota-kota besar di indonesia yang pada dasarnya mereka tumbuh dngan musik pop melayu.

sperti judulnya ... sekedar ngobrol juga ya gan

Kalo pertanyaan nya musik yg disuka mayoritas penduduk indonesia ... jelas dangdut ...

easy listening pop? emoticon-Stick Out Tongue
yg jelas sih gw suka RnB emoticon-Kaskus Radio

Apaajadah

Apaaja dah sealaen dangdud ya emoticon-Takut
pasar menentukan selera gan
Quote:


ane sih setuju sama si agan ini emoticon-2 Jempol
ane setuju dg pendapat agan TS yg kalimatnya begini "pop melayu merajalela karena terjadi bias pengambilan kesimpulan oleh para label rekaman yang menyimpulkan bahwa musik pop melayu adalah yang paling menghasilkan profit?"..
Kalo selera musik mayoritas orang endonesah ya tetep gan,DANGDUT
mayoritas loh gan...
Secara umum sih yang ane liat selera musiknya tergantung artist/penyanyinya ganteng/cantik tidaknya gan emoticon-Big Grin
Liat aja Boyband/Girlband pada laris gitu di kalangan anak muda.
(karena ccocok banget di kalangan remaja emoticon-Hammer)

Menurut ane sndiri sih, yang menentukan suatu jenis musik menjadi selera musik masyarakat Indonesi adalah seberapa sering artis/penyanyi dengan satu genre tertentu muncul di televisi atau acara televisi.
Yang ane liat sih seperti itu kecenderungan selera musik orang indonesia secara umum

Liat aja ke era 1999 - 2002:
Quote:

kembali ke era 91-95 mungkin emoticon-Hammer
Quote:

Era 2006-2010 maybe emoticon-Hammer
Quote:

Era 2011-sekarang maybe era ke-korea-an dengan GB/BB nya emoticon-Big Grin
Quote:


Jadi yang perlu ane garis bawahi
Quote:
Diubah oleh ibelongtoyou
ane sih sukanya J-Rock gan, atau ga J-Pop
yg ga harus di kunyah..pokoknya musik yg langsung telan
bener sih tergantung individu seseorang dia suka musik apa.
tapi kalo diliat2 sih, akhir2 ini.. eehh beberapa tahun belakangan ding, itu genre yang bener2 melekat sama orang2 indonesia adalah, pop, malah sempet melayu pop. Yang liriknya mudah diingat, bahasanya simple, tentang percintaan, yang paling penting nih HARUS GALAU liriknya nah itu biasanya cepet naik daun.

Itu sih menurut ane.emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
semua tinggal pribadi masing2 dan lingkup sekitar gan,
yang penting gak ngikut2 orang lain gan,
kalau ane suka musik genre Hardcore,Punk,Metal dan sejenisnya gan,
emoticon-thumbsup emoticon-I Love Indonesia (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di