alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51271b6105346a9725000003/asal-usul-pisau-cukur-yang-kita-pakai
Inspiratif 
icon-hot-thread
Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai
Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai

Quote: Alhamdulillah HT ke #6 bersama STK
emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat
Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai

Terima kasih buat mimin dan momod, Warga STK dan Kaskuser semua


Kembali dengan saya, kali ini saya akan mengshare sedikit info mengenai asal usul Pisau Cukur. Udah pada tau belom? Kalo belom ni saya kasih sedikit info nya.

Tapi sebelum saya kasih info nya,tolong :

Quote: Kaskuser yang baik selalu meninggalkan
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Berikan komentar yang bermutu
Dilarang kerang Junk atau Spam


Quote: NO REPOST
Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai


Oke tidak usah berlama lama lagi, cekidot info nya :

Quote: PISAU CUKUR

Kehadiran pisau cukur, cukup lama sejak peradaban manusia. Hal ini dikarenakan adanya temuan-temuan berupa batu ataupun kulit kerang yang diasah pada pekuburan-pekuburan kuno. Pada zaman besi dan perunggu, alat cukur dibuat dari dua bahan ini.

Beberapa budaya bercukur ditemukan dalam berbagai peradaban. Di Mesir Kuno, pada masa Firaun, golongan masyarakat dapat dilihat dari cukuran jenggotnya. Para arkeolog juga menemukan alat cukur yang dibuat dari perunggu pada makam-makam raja-raja dan keluarga bangsawannya.

Pada budaya Yunani kuno, mereka memiliki budaya cukur, namun tidak dalam kebudayaan Romawi yang menganggap budaya cukur bukanlah budaya kaum lelaki. Mereka membawa pisau cukur untuk bekal berperang untuk perkelahian satu lawan satu.

Kata beard dalam yang memiliki dua arti , jenggot dan menghadapi, dalam bahasa Romawi adalah "barba". Kata ini kemudian melahirkan istilah barber yang berarti tukang cukur. Sedangkan Suku Indian di benua Amerika bercukur dengan menggunakan dua keping kerang sebagai jepitan.

Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang.

Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambil keuntungan dari penjualan pisau cukur. Pisau cukur listrik dicetuskan oleh Jacob Schick pada 1928.


Quote: King Camp Gilletee
Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai


Quote: Jacob Schick
Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai


Pisau silet adalah pisau yang khusus digunakan untuk mencukur. Pisau Silet yang umum dijumpai berbentuk pisau tipis yang memiliki dua mata dalam dua sisi yang terbuat dari baja, serta diletakkan pada alat atau pasangannya yang berbentu mirip huruf T, yang terbuat dari baja ataupun plastik. Dalam perkembangannya, pisau silet yang digunakan untuk bercukur memiliki berbagai ragam bentuk dan memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi.

Quote: Pisau silet

Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai


Diantaranya adalah pisau silet yang memiliki dua mata pisau yang diletakkan dalam satu sisi, untuk menghasilkan hasil cukur yang lebih licin dari sebelumnya, ada pula yang memiliki tiga mata pisau cukur dalam satu sisi. Selain jumlah pisau, terdapat berbagai aksesoris yang digunakan untuk bercukur agar tidak melukai, seperti halnya sabun krim khusus yang digunakan untuk bercukur.


Quote: Jenis Jenis Pisau Cukur

Pisau cukur dengan mata pisau yang bisa diganti
Pisau cukur dengan mata pisau yang dapat diganti yang dikenal dengan pisau silet, pertamakali dibuat oleh seorang Salesman Keliling yang bernama King Gillette. Ide ini muncul dari temannya yang menemukan tutup botol sekali pakai, Willian Painter.

Quote: Pisau Cukur
Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai


Munculnya kebutuhan akan pisau cukur ketika tahun 1895, ketika Gillete akan bercukur, pisau cukurnya tumpul dan harus diasah. Dari kondisi itu mucul ide untuk membuat pisau cukur dengan mata pisau yang bisa diganti. Konsepnya sederhana hanya teknologinya yang saat itu dirasa sulit. Diperlukan waktu 6 tahun untuk menyempurnakannya.

Di tahun 1903, Amerika Serikat menghabiskan 300.000 alat cukur dengan 500.000 pisau siletnya.

Dalam perkebangannya, ketika pemerintah Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia I, pemerintah memesan 3.5 juta alat cukur dengan 36 juta siletnya untuk membekali pasukannya.


Pisau cukur listrik

Hadirnya pisau cukur listrik tidak terlepas dari peran Jacob Schick, seorang tentara Amerika serikat yang berdinas di Alaska, yang harus mengorek salju untuk membasahi siletnya, sedangkan bercukur tanpa sabun, krim ataupun air akan menimbulkan rasa sakit.

Temuannya dipatenkan pada tahun 1923. Pada tahun pertama upaya komersialnya hanya terjual sebanyak 3000 buah dan tahun berikutnya, dia mendapatkan keuntungan tipis, dan berhasil pada tahun 1937 dengan penjualan mencapai 2 juta unit.


Quote: Mesin Cukur Listrik
Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai


Untuk pisau cukur listrik ini, Schick mendapatkan saingan dari Remington dan Sunbeam. Remington menciptakan alat cukur khusus untuk kaum wanita.


Gimana? rumit bukan? Itulah alat yang di pakai tukang cukur di zaman sekarang atau yang sering memotong rambut kita.

Quote: Terima Kasih sudah berkunjung
Semoga info dari saya bermanfaat dan menambah wawasan kaskuser semua
emoticon-cystg emoticon-cystg emoticon-cystg


Quote: Posted by Ramon.hard
Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai
@2013

[URL=http://id.wikipedia.org/wiki/Pisau_cukur ] [RIGHT][size="1"][FONT="Georgia"]sumber [/URL][/FONT][/size][/RIGHT]


[URL=http://kask.us/g5V7m ] [CENTER][img]http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/03/02/4975782_20130302103038.jpg[/img] [/CENTER] [/URL]
Klik Gambar Untuk Menjelajahi Thread Saya

Asal Usul Pisau Cukur Yang Kita Pakai

THREAD INI DIDUKUNG OLEH

[URL=http://kask.us/g5wVj ] [CENTER][img]http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/02/22/4975782_20130222020815.gif[/img][/CENTER][/URL]
Klik Banner Untuk Mampir ke Markas Kami



Pertamax ane amankan ya
emoticon-Cool
nice info nih gan memperluas wawasan emoticon-2 Jempol
mantaff ..sering pake pisau cukur tapi gak pernah tau sejarahnya.....emoticon-I Love Kaskus (S)
Piso cukur ternyata punya sejarah panjang juga toh emoticon-Matabelo
Nice info Om emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Matabelo

sebelum ada krim cukur pakenya salju?? emoticon-Bingung (S)

apa gak makin sakit tuh pas cukur emoticon-Cape d... (S)

mejeng pekiwan dolo ahh di calon HT
emoticon-Rate 5 Star
Skrg merk bagus
kalo dulu ga pake golok gan?
nice trit gan, ane baru tau pisau cukur punya sejarah emoticon-Big Grinemoticon-Rate 5 Star




Original Thread By : Vicko16 emoticon-kiss
ane seneng kalo dicukurin sama tukang pangkas rambut gan... seger soalnya.. emoticon-Ngakak
ane sering pake,
tapi baru tahu sekarang sejarahnya emoticon-Embarrassment
sama kayak yang laen emoticon-Nohope
tau makenya baru tau sejarahnya emoticon-Hammer
wah bgtu toh sjarahnya
penemunya punya ide yg bagus.
kebayang kalo g ada ni alat
baru tau kalo gillettee tu nama orang
emoticon-Matabelo

keren dah
moga HT bro
emoticon-Rate 5 Star
nice share gan emoticon-2 Jempol waktunya bercukur emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By 7***
Skrg merk bagus


Quote:Original Posted By emhaka19
kalo dulu ga pake golok gan?


Quote:Original Posted By ve.chan
wah bgtu toh sjarahnya


Hadeeeh para junker emoticon-Marah

Mending bantu emoticon-Rate 5 Star aja ya
baru tau ane sejarahnya gan
Sundul lagi ah biar rame dan HT
emoticon-Sundul
keren gan emoticon-Ngakak