alexa-tracking

Cara-cara Pernikahan Pasangan Beda Agama di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5124d52bdb92488035000005/cara-cara-pernikahan-pasangan-beda-agama-di-indonesia
icon-hot-thread
Cara-cara Pernikahan Pasangan Beda Agama di Indonesia
Halo agan & aganwati,

Agan & aganwati pasti ga asing lagi dong dgn yg namanya "hubungan beda agama". Mulai dr denger di kehidupan kita sehari2 sampai berita hubungan beda agama di kalangan artis2 yg sering kita denger dr infotainment. emoticon-Kimpoi

Sbnrnya hubungan beda agama itu bisa ga sih dilanjutkan sampai ke jenjang pernikahan & gimana sih langkah2nya serta akibat2nya dr segi hukum? emoticon-Bingung (S)

Simak pembahasannya di sini ya gan:

Quote:


Nah, jd sebenarnya bs aja pernikahan beda agama itu dilakukan dan dicatatkan di KCS atau KUA.

Selain itu, ternyata suami/istri serta anak-anak yang berbeda agama dari pewaris bs jg dpt warisan dr pewaris berupa wasiat wajibah.

Uraian di atas, pernah kami publikasikan dalam sesi #MelekHukum di akun twitter @klinikhukum

Gan, utk artikel2 yg jd dsr hukum & referensinya, bs dilihat disini "Dasar Hukum & Referensi"

Mungkin ada yg punya pengalaman/pertanyaan seputar pernikahan beda agama? Silahkan, di share di sini gan..

Spoiler for disclaimer:


(lsc)

Dasar Hukum dan Referensi Thread "Cara2 Pernikahan Pasangan Beda Agama di Indonesia"

Gan, ini artikel-artikel yang jadi dasar hukum dan referensi dari thread "Cara-cara Pernikahan Pasangan Beda Agama di Indonesia" di atas..emoticon-Toast

Quote:


Spoiler for disclaimer:
kalau kristen katolik & kristen protestan termasuk dalam beda agama gk gan ??
emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
ga boleh gan emoticon-Berduka (S)

Penjelasan Pernikahan Kristen Katolik dan Kristen Protestan

Quote:


Mengenai hal ini udah pernah kita bahas gan, di artikel Klinik Hukumonline yang berjudul Hukum Perceraian untuk Nilkah Beda Agama.

Berdasarkan pendapat dari Pastur di Paroki Salib Suci, Pastur Bani Suatmadji, CM., dalam agama Katolik perkawinan campur (beda agama) dibagi menjadi dua yaitu:
a. Beda agama dan beda gereja (misal: dengan Kristen);
b. Beda agama (dengan agama lain).

Dalam hal laki-laki dan perempuan yang berbeda agama kemudian ingin melaksanakan perkawinan, dapat mengajukan dispensasi ke keuskupan di mana pasangan tersebut berada, minimal 3 (tiga) bulan sebelum melangsungkan perkawinan.

Dispensasi ini dimaksudkan untuk membebaskan pasangan tersebut dari larangan atau halangan untuk menikah. Larangan adalah apabila laki-laki dan perempuan yang ingin menikah itu berbeda agama dan berbeda gereja (poin a), sedangkan halangan adalah apabila salah satu dari pasangan beragama Katolik dan pasangannya beragama lain (tidak bergereja, misal: Hindu, Budha, Islam) (poin b). Dengan adanya dispensasi ini, meskipun ada larangan atau halangan untuk menikah, perkawinan dapat diperbolehkan untuk dilangsungkan.

Jadi pada intinya Kristen Katolik dan Kristen Protestan dianggap berbeda agama gan, tapi beda penyebutannya dengan beda agama dalam hal salah satunya beragama lain (tidak bergereja).

Semoga bermanfaat ya gan.

Spoiler for disclaimer:


(lsc)
ngga setuju gan, bukannya tenang hidup malah banyak pertentangan sosial-hukumnya... emoticon-No Sara Please
intinya kalau secara hukum gk masalah gitu ya gan?
wah tipsnya bagus gan, cocok buat yg beda agama,
kalo ane sih seagama emoticon-Malu (S)
ane bookmark dulu.. emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
buseettttt ribet amat gannn emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
o gitu y
image-url-apps
Quote:

masa sih gk masalah ?emoticon-Bingung (S)
ribet ya

tp namanya cinta

cuman ane kasih saran aja, MENDING YG SEAGAMA!

emoticon-Kiss
nyimak dulu Gan...
image-url-apps
Mana boleh nikah beda agama, kua mana yg bs nikahin? Hahay
aseek bisa melanjutkan nih emoticon-Ngakak
Bodoh.... Sudah tahu semua agama melarang, masih saja buat alasan macam-macam....

Pernikahan beda agama = Zina = Dosa Besar. . .

emoticon-Najis
emoticon-Najis
mantap nih
ane ijin save ya gan
kasihan nanti anak kita , bingung memilih agama ikut keyakinan Ibunya atau Bapaknya, itulah mengapa menikah beda agama sangat dilarang dinegara ini, makanya banyak yg menikah diluar negri untuk beda agama, tapi nantinya tau sendiri akibatnya. kan enak kalau menikah secara seiman dan sehati. ada seorang anak yg orang tua beda keyakinan, tapi anaknya pun beda keyakinan bapak dan Ibunya dia punya keyakinan agamanya sendiri.
image-url-apps
Kalo ane pribadi,mungkin kalo mau menikah sama beda agama.Si pihak ceweknya harus mau masuk ke agama ane gan.
×