alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5124afb08227cfd603000003/peristiwa-tunguska-ledakan-terbesar-dalam-sejarah
icon-hot-thread
Peristiwa Tunguska, Ledakan Terbesar Dalam Sejarah
Quote:
Saat itu tahun 1908, dan sudah lewat dari jam setengah tujuh pagi. Seorang pria sedang duduk di teras depan sebuah pos perdagangan di Vanavara di Siberia. Sedikit yang ia tahu, dalam beberapa saat, ia akan dilemparkan dari kursinya dan panas begitu kuat sehingga merasa seolah-olah kemejanya sedang terbakar.
begitulah rasanya Peristiwa Tunguska, 40 mil dari ground zero


Quote:
Ledakan Terhebat Dalam Sejarah Manusia

Quote:Quote:
"If you want to start a conversation with anyone in the asteroid business all you have to say is Tunguska,"

Don Yeomans, Manager the Near-Earth Object Office at NASA's Jet Propulsion Laboratory


Quote:Original Posted By Dokumentasi

Spoiler for dokumentasi:

Quote:Pada tanggal 30 Juni 1908, sebuah bola api meledak sekitar 6 mil (10 kilometer) di atas tanah di wilayah yang jarang penduduknya, ilmuwan mengatakan. Ledakan itu melepas energi 15 megaton TNT, atau sekitar seribu kali dari bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan meratakan-770 mil persegi (2.000 kilometer persegi) hutan. Ledakan besar yang mampu menghancurkan daerah metropolitan yang besar.

Quote:
Jam masih menunjukkan pukul 07:17 waktu setempat, pribumi Evenks dan peduduk Rusia di barat laut perbukitan Danau Baikal mengamati kolom cahaya kebiruan, hampir seterang matahari, bergerak di langit. Sekitar 10 menit kemudian, ada flash dan suara yang mirip dengan tembakan artileri. Saksi mata lebih dekat dengan ledakan melaporkan sumber suara bergerak timur ke utara. Suara-suara itu disertai dengan gelombang kejut yang menggetarkan mereka dan memecahkan jendela ratusan kilometer jauhnya. Mayoritas saksi melaporkan hanya suara dan getaran, bukan penampakan dari ledakan. Saksi mata berbeda mengenai urutan kejadian dan durasi mereka secara keseluruhan.

Quote:
Peristiwa Tunguska, Ledakan Terbesar Dalam Sejarah
Bola api raksasa di langit adalah indikasi pertama bahwa obyek angkasa tak dikenal telah meledak di atas Siberia. Dalam konsepsi ini artis, Semen Semenov, yang menyaksikan ledakan di sebuah pos perdagangan yang jauh, mulai merasa panas.


Semen Semenov, seorang petani lokal asal Siberia tengah, melihat "langit terbelah dua. Api muncul tinggi dan lebar di atas hutan .... Dari ... di mana api itu datang, membawa panas yang kuat .... Kemudian langit tertutup tertutup, dan dentuman kuat terdengar, dan saya terlempar beberapa meter .... Setelah suara itu, seperti datang, seolah-olah. . . meriam yang menembakkan, bumi berguncang ... "
efek dari ledakan itu berdesir keluar jauh ke Eropa Utara dan Asia Tengah juga. Beberapa orang melihat besar, awan perak dan berkilau, matahari terbenam berwarna di cakrawala, sedangkan yang lain menyaksikan langit bercahaya di malamhari. London, misalnya, jelas bisa membaca kertas pada tengah malam tanpa lampu buatan. Observatorium Geofisika menempatkan sumber gelombang seismik dan tekanan anomali mereka telah tercatat bagian terpencil di Siberia


Quote:

Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Quote:
"“…a magnetic and seismic reflection study of…Lake Cheko, located about 8km NW of the inferred explosion epicenter, that was proposed to be an impact crater left by a fragment of the Tunguska cosmic body.”,"

Luca Gasperini, a geologist Marine Science Institute in Bologna

Quote:Sedikit pembahasan ilmiah tentang dampak pada saat itu, mungkin dikarenakan wilayah Tunguska yang terisolasi. Jika ada ekspedisi awal ke situs, banyak catatan yang hilang selama tahun-tahun penuh kekacauan-Perang Dunia I, Revolusi Rusia tahun 1917 dan Perang Saudara Rusia.
Ekspedisi pertama yang tercatat tiba di lokasi lebih dari satu dekade setelah kejadian. Pada tahun 1921, mineralog Rusia Leonid Kulik, mengunjungi lembah Sungai Podkamennaya Tunguska sebagai bagian dari survei untuk Academy of Sciences Soviet, disimpulkan dari rekening lokal bahwa ledakan itu disebabkan oleh dampak meteorit raksasa. Dia membujuk pemerintah Soviet untuk mendanai sebuah ekspedisi ke wilayah Tunguska, berdasarkan prospek besi meteorit yang bisa diselamatkan untuk membantu industri Soviet. Kelompok Kulik pada akhirnya melakukan sebuah ekspedisi pada tahun 1927. Namun Kulik tak pernah menemukan fragmen dari meteorit tersebut.

Peristiwa Tunguska, Ledakan Terbesar Dalam Sejarah
Leonid Kulik, 19 August 1883 - 24 April 1942, minerolog berkebnagsaan Russia, Peneliti pertama ledakan di sungai Tunguska


Tidak kunjung terkuaknya misteri peristiwa Tunguska menimbulkan beberapa teori penyebab terjadinya ledakan terbesar sepanjang sejarah manusia ini.

Quote:Black Hole
Pada tahun 1973, Albert A. Jackson dan Michael P. Ryan, fisikawan di University of Texas, mengusulkan bahwa peristiwa Tunguska disebabkan oleh lubang hitam kecil melewati Bumi.


Nicola Tesla's Death Beam Experiment

Peristiwa Tunguska, Ledakan Terbesar Dalam Sejarah

7:17 am 30 juni 1908 pagi hari, Robert Peary, sedang mencoba mencapai kutub utara. Tesla sudah memberitahu bahwa dia akan berusaha mengontak ekspedisi Peary dengan suatu cara. Mereka diharap melaporkan apapun yang aneh di atas tundra. Ditemani rekannya George Scherff Diatas Wardenclyffe tower, Tesla mengeker death ray amelalui Atlantic kearah arctic, ke tempat yang dia perkirakan ada di sebelah barat Peary expedition. Ketika dinyalakan, Sebuah sinar samar terlihat. apakah bekerja ? Tesla ragu, sampai ketika tiba2 seekor burung hantu lewad dijalur sinar tersebut dan dalam sekejap Burung itu hilang (disintegrasi). Test tersebut ditutup, dan dia mengirip Telegram ke Peary untuk mengkonfirmasi hasil Death Ray tersebut. Dia bersiap untuk segala kegagalan, sampai dia membaca koran tentang berita aneh di Siberia

Hipotesis Geofisika
Astrofisikawan Wolfgang Kundt menyarankan peristiwa Tunguska disebabkan oleh pelepasan tiba-tiba dan ledakan dari 10 juta ton gas alam dari dalam kerak bumi. Hipotesis Verneshot serupa juga telah diusulkan sebagai kemungkinan penyebab dari Peristiwa Tunguska.


Benda Kosmis yang Meledak
Bahkan National Geographic News memuat hipotesa dari Gasperini, ahli geologi Itali. Namun, pernyataan Gasperini dibantah G.S. Collins, bahwa danau Cheko bukan dampak dari peristiwa Tunguska



Apa yang terjadi di sungai Tunguska 105 tahun yang lalu hingga kini masih menjadi misteri. Atau juragan punya pendapat sendiri tentang Peristiwa ini?

Quote:
Spoiler for dokumentasi:

Quote:Original Posted By Referensi
Sumber1
Sumber2
Sumber3
Sumber4
Lake-Cheko-not-impact-crater-Terra-Nova-2008

Spoiler for original:



emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)Budayakan Komentar yang Bagus dan Bermutu ya Ganemoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)


Quote:
Monggo kalau pengen mampir ke gubug reyot ane
[Share & All about] Nganjuk


Spoiler for sportif:


Quote:
emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)All Credits to Kaskusers, Officer, Momod, and Miminemoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)

emoticon-roseemoticon-roseSpecial Tribute for juragan ToModaChi65, maaf ane tidak bermaksud repost thread aganemoticon-roseemoticon-rose
Quote:Original Posted By ToModaChi65
aih,,, ane pernah buat trit tentang ini,,,, tapi di old kaskus gan,,, emoticon-Ngakak ga ikut migrasi ke new kaskus soalnya pas update dlu ga ada yg komen,,,

dengan Thread
Dibalik Ledakan Meteor di Siberia 1908




emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)Terimakasih Teman-teman Kaskuser yang sudah komentar menarikemoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)



Quote:Original Posted By isze.v1.0


Quote:Original Posted By shorum.bogo
ngeri ngeri sedap gan emoticon-Takut
betewe, kok bisa ya, teori asteroid dibantah? kan paling masuk akal emoticon-Bingung



sori gan, baru bales postingan agan emoticon-Hammer (S)

menurut tulisan GS Collins di Terr Nova dengan judul Evidence that Lake Cheko is not an impact crater,

Quote:Gasperini et al. (2007) memberikan empat argumen untuk mendukung danau sebagai dampak asalnya:
1 Lokasi danau konsisten dengan kelanjutan dari lintasan penabrak Tunguska di luar pusat ledakan.
2 Usia danau tidak diketahui.
3 Sebuah refleksi seismikyang terang nampak dalam data seismik di bawah danau. Penulis menduga inilah bahan impactor atau sedimen pemadatannya.
4 Danau ini memiliki morfologi seperti corong. Para penulis mengklaim ini tidak biasa untuk wilayah disini dan mirip dengan kawah kecil di Bumi

dan GS Collins menjawab
Argumen kedua adalah kunci: jika danau per-tanggal 1908, itu jelas tidak terbentuk selama peristiwa Tunguska. Pada tahap ini, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa danau hanya berumur 100 tahun. Dan runtuhnya danau baru-baru ini tidak berarti bahwa danau terbentuk baru-baru ini.
Bukti bagian ketiga adalah yang paling lemah, anomali geofisika dapat diinterpretasikan dalam banyak cara dan tidak pernah memberikan bukti konklusif sebagai dampak tabrakan.


BBC News mengulas, pada The 100th anniversary of the Tunguska Event, menyebutkan bahwa para peneliti di Imperial College London telah menunjukkan bahwa banyak dari pohon-pohon yang mengelilingi danau lebih tua dari 100 tahun, yang menunjukkan bahwa danau tidak mungkin diciptakan oleh dampak di 1908. Dalam tanggapan mereka terhadap teori kelompok Bologna, para peneliti juga menunjukkan masalah lain, termasuk morfologi danau dan daerah sekitarnya, kurangnya puing-puing penabrak dan ejecta, dan bahwa karakteritik inpactor yang dperlukan oleh teori tidak konsisten dengan model yang ada yang dikenal pada peristiwa itu

Lake Cheko

CMIIW emoticon-Malu


Quote:Original Posted By therutangs
jangan2 ini nuklir gan,, tempat itu buat percobaan emoticon-Matabelo

^^^
makasih om mldy57 yang udah ngasih jawabannyaemoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)
vvv
Quote:Original Posted By mldy57
gokil ngeri juga gan..
gak mungkin nuklir sih soalnya kalo nuklir pasti daerah sekitarnya pasti abis kena radiasi..
jangan2 kiriman dari makhluk luar angkasa gan emoticon-Big Grin


coba mampir disini gan
close encounter in siberia
dan ini gan salahsatu dokumentasi yang di upload di youtube tentang Tunguska event dengan UFO
Spoiler for tunguska v ufo:


cmiiw

tanks om daniel9394emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)
Quote:Original Posted By daNieL_9394
emang ini pristiwa aneh gan..klo misal nya emang tertarik..di forsex ada tuh sejarah nya tesla..orang ini tadi nya uji coba nembakin nya ke kutub klo ga salah cuman mungkin meleset jadi tunguska yang kena dampak nya..klo ga salah baca jg abis tau kejadian ini tesla langsung ngebongkar death beam nya..1 lagi yang demen teori konspirasi,begitu tesla meninggal semua catetan dia ttg death beam ini ilang secara misterius (nah loh)


Quote:Original Posted By daNieL_9394

Quote:Original Posted By hijaubanget
yang Nicola tesla itu gan emoticon-Takut (S)
emang pinter banget ya orangnya emoticon-Takut (S)


lebih dari jenius kata gue..di taon segitu dia bisa praktekin teknologi wireless yang booming baru2 ini (bayangin otak nya kaya apa)


emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)UPdate Komentar Teman-Teman ada di Post 4emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)
ane doain jadi HT nih....

tapi bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya gan.....

he...he....he.....
Quote:Original Posted By bang_ning
begh....fenomena alam yang nggak terjadi lagi. Mungkin karna efek dari PD I gan, cm secara jurnalis itu dibilang meteorid (padahal bom kiriman untuk uni soviet)


Quote:Original Posted By yahodd
kl gak ketemu fragmen meteoritnya berarti bukan meteor ya gan !!

apa itu karena buat latihan militernya atau uji coba senjata pemusnah massal


Quote:Original Posted By LenovoIndonesia
Uji coba senjata militer itu gan. emoticon-Big Grin
Dirahasiakan tapinya. emoticon-Angkat Beer


teknologi pada jaman tersebut belum ada yang bisa membuat efek ledakan dengan kekuatan yang demikian hebatnya gan..
kalaupun benar itu adalah senjata, berarti Nicola Tesla lah yang musti bertanggung jawab.. karena hanya Tesla yang saat itu dirumorkan bisa membuat senjata yang dasyat

Quote:Original Posted By choqiavatar
Kalau setelah ane baca beberapa sumber..dan lihat struktur geografis nya ane rasa lebih ke ga mungkin gan emoticon-Malu (S)
Krn kalau untuk membuat dampak sebuah danau dibutuhkan tumbukan meteor sendiri ke tanah..dan ane rasa belum ditemukan juga ya serpihan batu meteoritnya emoticon-Big Grin CMIIW


berarti bener kan apa yang dikatakan Collins dkk..

Quote:Original Posted By celeng.galap
Wah jangan pasukam decepticon nih hahahaha
Ato pasukannya autobot emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By 99kbps
Jangan2 itu dicepticon yg jatuh ke bumi gans emoticon-Mewek


ato jangan2 ini ulah monstar gan emoticon-Takut (S)
ultramen mana nih ultramen..

Quote:Original Posted By adiphenomenon
Tempat take-offnya alien kali gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By SukaSuka...
serem ya gan emoticon-Takut
kayanya USA berkerja sama dengan "makhluk luar angkasa" untuk menghancurkan Rusia emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By YUIover
jangan" itu pesawat ufo yg meledak gan emoticon-Matabelo #mabokkonspirasi


Quote:Original Posted By mikitty
yang pernah gw tonton dugaan teori konspirasinya, itu ledakan blast dari kanon ET yang nembak jatuh pesawat ET yang mo mauk ke bumi.

tp anehnya kenapa ya russia bnyak bnget kejadian kejadian aneh macam gitu.

belom lama meteorrit yang di hancurkan oleh benda tak di kenal


kalo di video nya katanya ada jejak alien gan emoticon-Takut (S)
berarti alien bisa bahasa inggris donk emoticon-Cool

Quote:Original Posted By ncandrean
Letusan gunung merapi bukanny juga ledakan terbesar ya gan??


Quote:Original Posted By krakathoa
Ane kira letusan tambora dan krakatau yang paling besar dalam sejarah umat manusia


Quote:Original Posted By hanzkunkeren
kalau dibandingkan dengan ledakan purba gunung Toba gimana gan?
Yang ternyata caldera nya menjadi sebuah danau itu besaran mana ya kira2?

mantaps gan
thread bermutu tinggi !


Quote:Original Posted By togokboy
sama gunung krakatao gede mana gan ledakannya?


Quote:Original Posted By SsyasyaAjah
sama ledakan danau toba sadisan mana gan????


lebih tepatnya erupsi ya gan..

Quote:Original Posted By enhamilanello
Konspirasi bisa jadi gan, itu proyek percobaan nuklir rusia


seumpama nuklir, pasti radiasinya masih bisa terdeteksi

Quote:Original Posted By bang.rojack
menurut ane itu senjata rahasia Tesla gan emoticon-Big Grin
kalo meteoroid, mana tuh meteorit-nya? emoticon-Bingung (S):

btw tahun 2009 di Bone, SulSel kayaknya juga ada meteor ya?




"I've seen the future, you're not in it"

~Faceless Void~


Tesla emang yahud gan emoticon-Belo

Quote:Original Posted By khusnindzar
ada yang bilang itu komet jatuh juga Gan, yang bilang NASA dengan menganalisa hasil turbulensi dua dimensinya.

Nasa berasumsi demikian karena menghubungkan antara fenomena pembuangan asap pada pesawat antariksa NASA dengan peristiwa tunguska. Setelah pesawat antariksa NASA melepas asap buangan, muncul sebuah awan aneh yang bercahaya terang pada malam hari sehari setelah peristiwa itu, awan itu sering disebut awan noctilucent. Awan yang sama juga terlihat sehari setelah peristiwa Tunguska. Awan noctilucent adalah awan yang terbentuk akibat partikel es dan hanya terbentuk di ketinggian langit yang tinggi serta di temperatur yang luar biasa dingin.

turbulensi dua dimensi itu seperti demikian Gan: sejumlah besar uap air yang tersembur ke atmosfer oleh nukleus es dari komet dengan rupa tiang melingkar dengan membawa energi yang luar biasa.

Ilustrasi
Spoiler for gambar:


Tambahan info Gan:
Prof. Kelley dan rekan-rekannya menyaksikan awan tersebut terbentuk beberapa hari setelah pesawat antariksa Endeavour (STS-118) diluncurkan pada tanggal 8 Agustus 2007. Awan yang sama juga terlihat ketika pesawat yang sama diluncurkan pada tahun 1997 dan 2003.

Peristiwa Tunguska, menyebabkan langit Eropa terang benderang selama beberapa hari hingga sejauh 3.000 mil. Prof Kelley yang menyelidiki laporan dari para saksi mata setelah ledakan itu segera menyimpulkan bahwa langit yang terang benderang itu pastilah awan noctilucent.

Spoiler for Tunguska di peta:


CMMIW


menarik gan emoticon-Belo
tapi yang jadi soal, benda kosmik ini dimana meledaknya? apa penyebab meledaknya? dan sampai sekarang, di sekitar lokasi, fragmen benda kosmik ini tidak ditemukan..
Gasperini menduga danau Cheko adahal hasil tumbukan antara meteorit tersebut dengan bumi.. yang akhirnya dibantah sendiri oleh Collins, umur danau Cheko diprediksi lebih tua daripada peristiwa Tunguska sendiri. Collins memberi contoh beberapa pohon yang berumur lebih dari 100 tahun banyak ditemukan di sekitar danau..
Cmiiw

Quote:Original Posted By TheReal9
trit'e HT emoticon-Selamat emoticon-Selamat

njaluk traktiran ki pokok emoticon-linux2


Quote:Original Posted By kau.tau.siapa
ciee.. HT eg trit"e emoticon-Selamat emoticon-Selamat

traktiran kiy emoticon-Ngakak


berkat bot2 tante juga emoticon-Hammeremoticon-Peaceemoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By kontrolBESAR
kalau misalnya terjadinya bukan di Tunguska, tapi di Tulungagung, itu bisa jadi perang santet, om emoticon-Ngakak


sesepuh forsup bersabda emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By lapuktavia
Itu kan bisa aja akal2an pemerintah saja buat nutupin apa yg sebenarnya terjadi pd ledakan tunguska


kayaknya sih gan..
tapi para ilmuan rusia sendiri mengakui ga tau kok penyebab peristiwa ini..
walau data2 penelitiannya ada yang terbakar juga sih emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By squall_syah
jadi ingat film "the Core" meledakkan inti bumi dengan Nuklir 1000 Megaton :P


itu pilem bokep ga om? emoticon-Malu

Quote:Original Posted By artz.23
kamehame goku yak emoticon-Ngakak





artz.23kaskus


Quote:Original Posted By supergo
mungkin Son Go ku lg latihan kamehame kali emoticon-Takut


bukan gan..
itu rashengan shurikennya naruho emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By sighitov
(Semen Semenov, seorang petani lokal asal Siberia tengah, melihat "langit terbelah dua. Api muncul tinggi dan lebar di atas hutan.)

#nama petaninya mirip nama bahan bangunan ya gan.
Adeknya bernama Bata Batanov emoticon-Big Grin


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By saleservice
jangan2 team kakek buyutnya amrozi cs nih gan....emoticon-Ngakak


berarti ada konspirasi sionis yahadi dan remason nho emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By rizkivarrish
menurut kitab peninggalan eyang ane, peristiwa Tunguska disebabkan oleh dentuman petasan korek emoticon-thumbdownemoticon-cystg namun diperlukan penelitian lebih lanjut karena hingga kini belum terdapat bukti yg cukup kuat emoticon-Cool


jangan2 kentut eyan ente nih gan emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By qwerbom
eh, gan. tiba-tiba ane kepikiran. masih inget sama hipotesis asal mula planet yang itu gak salah tarik ulur gitu sama energi matahari? ane kok tiba-tiba (lagi) jadi kebayang matahari yah? apa jangan-jangan di dalam bumi ada partikel yang membuat energi matahari tarik-menarik dan akhirnya meledak? hmm. tapi itu juga tergantung, 105 tahun yang lalu letak jauh mataharinya berapa-_-


perihelium (jarak terdekat matahari-bumi) itu terjadi tiap awal januari gan..
jadi semisal peristiwa ini terjadi karena tarikmenarik akibat letak bumi-matahari, tiap taun baru kita akan mendengar petasan yang maha Cumiakkan telinga emoticon-Belo

Quote:Original Posted By thebanaspati
ane curiga ini ulah zionis.fremensen.yahudi...


amerikinyah manah gan emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By feryomon
menurut ane ini kelakuan nya si N. Tesla gan, itu bs jd slh satu prcobaan tmbkan. secara koordinatny memungkinkan. CMIIW emoticon-Big Grin


ngeri ya tesla emoticon-Belo
Ledakannya dahsyat banget !! Untung gk jatuh di kota yg padat penduduk
Quote:Original Posted By holyweapon
Ledakannya dahsyat banget !! Untung gk jatuh di kota yg padat penduduk


jangan sampek gan emoticon-Frown
gak bisa dibayangkan kan kalo pas ledakan ada yang masih mandi emoticon-Malu
muke gile gan emoticon-Matabelo

untung nggak kejadian di endonesah emoticon-Matabelo
Serem amat ya, kalau terjadi lagi sekarang apa jadinya ya emoticon-Bingung (S)
walah-walah,masih besar ledakan cintaku kepadamu beib emoticon-Kiss emoticon-Peluk
Quote:Original Posted By Athlon.X2
muke gile gan emoticon-Matabelo

untung nggak kejadian di endonesah emoticon-Matabelo


kalo di Indonesia, belum merdeka, udah kena ledakan emoticon-Frown
Tuhan Maha Adil gan emoticon-Malu
Quote:Original Posted By Guntz.
Serem amat ya, kalau terjadi lagi sekarang apa jadinya ya emoticon-Bingung (S)


kalo sekarang terjadi lagi, yang pasti jalur telekomunikasi terhambat gan
gak bisa telpun selingkuhan dunk emoticon-Malu

Quote:Original Posted By dhinendrakaskus
walah-walah,masih besar ledakan cintaku kepadamu beib emoticon-Kiss emoticon-Peluk


kamu benar2 tau apa isi hatiku beb emoticon-Kiss (S)
gila ledakannya gan , gede banget itu emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By HelpMegrils
gila ledakannya gan , gede banget itu emoticon-Matabelo


Namanya juga terbesar dalam sejarah ganemoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By isze

kamu benar2 tau apa isi hatiku beb emoticon-Kiss (S)


aku kan pesulap kelas lele emoticon-Hammer
infonya keren
sayang banyak pemenggalan yang tidak sesuai tempat sama tata bahasa yang kurang cocok

kalo diperbaiki lagi keknya berpotensi HT
emoticon-Cendol (S)
justru knapa selalu di rusia yg sering kejatuhan meteorit ya gan?
Quote:Original Posted By dhinendrakaskus


aku kan pesulap kelas lele emoticon-Hammer


jangan2 kamu yang menghilangkan benci ku pada mu emoticon-Kiss (S)

Quote:Original Posted By baccu
infonya keren
sayang banyak pemenggalan yang tidak sesuai tempat sama tata bahasa yang kurang cocok

kalo diperbaiki lagi keknya berpotensi HT
emoticon-Cendol (S)


sudah mentok om emoticon-Malu
maklum, ane buat trid terakhir taon 2008, ntu aja cuman flammingemoticon-Hammer

Quote:Original Posted By ember_ambar
justru knapa selalu di rusia yg sering kejatuhan meteorit ya gan?


kutub utara mungkin gan
ane ga tau gan emoticon-Hammer (S)
emoticon-Takut takut jatuh deket rumah gan
Quote:Original Posted By sunday.june
emoticon-Takut takut jatuh deket rumah gan


ga usah takut gan emoticon-Big Grin
tinggal pindah rumah aja emoticon-Hammer
ane kira sudah terungkap gan ternyata belum ya emoticon-Hammer2



Posted with Hidup Adalah Perjuangan
×