retractorrule
TS
retractorrule
*CARA KERJA ELR PRETENTIONER*
WellCome to my First Thread


Mungkin sebagian agan-agan cuma bisa pake dan tau keguanaan ni lat gan, ane mo share tentang cara kerja ni alat, moga-moga gak emoticon-Repostgan, soalnya kalo emoticon-Repost ane keduluan ama temen kantor ane emoticon-Ngakak


ELR (Emergency Locking Retractor)
Sesuai dengan namanya, ELR adalah sebuah mekanik yang terdapat pada Seat Belt yang berfungsi sebagai Automatic Roller yang dapat menggulung kembali webbing pada saat Seat Belt selesai digunakan pada saat berkendara, ELR sendiri dibuat berdasarkan requirement/ persyaratan/ standar yang berikan oleh produsen kendaraan maupun standar keselamatan yang berlaku secara Internasional maupun Regional, seperti : ECE (Europe), JIS (Japan), GCC (Timur Tengah) TSF (Toyota Engineering Standard) DTS (Daihatsu Technical Standard) NES (Nissan Engineering Standard), etc. Seiring dengan kecanggihan teknologi, ELR sendiri berkembang dan terdiri dari beberapa type, Standard, Pre-Pretentioning dan Pretensioning, dan kali ini ane mau share tentang cara kerja ELR Pretentioning yang umumnya di install berdampingan dengan Air Bag pada kendaraan.


ELR bekerja normal dengan 2 System

1. CAR SENSITIVITY
ELR harus mengunci pada 0.45G dengan tarikan webbing kurang dari 50mm. CS ini bekerja karena adanya sensor berbentuk bola yang dapat dengan mudah mendeteksi jika kendaran tidak dalam posisi 0 derajat, lalu berapakah standar yang diijinkan ELR tersebut bekerja? 0~12 derajat tidak boleh mengunci dan 12~27 derajat (posisi kendaraan) harus mengunci/ ELR bekerja.

Spoiler for CS Sensor:


2. WEBBING SENSITIVITY
Harus mengunci/ ELR bekerja pada 2.0G dengan tarikan webbing kurang dari 50mm, dan tidak boleh mengunci/ ELR bekerja pada 0.8G dengan tarikan webbing kurang dari 50mm. Untuk lebih jelasnya gan…

Spoiler for Smart Box:


Jika terjadi impact atau tabrakan Smart Box yang ada pada kendaraan akan mengirim signal pada semua komponen safety yang ada pada kendaraan, dan salah satunya ada ELR/RETRACTOR pada Seat Belt.

Spoiler for Signal Receive:


Kemudian Connector pada ELR Pretensioner menerima signal tersebut.

Spoiler for Connector:


Setelah Signal diterima oleh Receiver, Gas yang ada pada tabung akan meledak.

Spoiler for Boom:


Kemudian gas tersebut akan mendorong Ball Bearing yang ada dalam Metal Tube.

Spoiler for Ball Bearing:


Kemudian Ball Bearing selanjutnya akan masuk kedalam celah berbentuk mangkok yang terdapat pada mekamism.

Spoiler for Retraction:


Yang selanjutnya akan mendorong mechanism kearah berlawanan untuk menarik webbing keposisi awal, sehinggga pengendara kembali keposisi aman setelah impact/ tabrakan terjadi.

Kalo bermanfaat boleh dong gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh retractorrule 19-02-2013 08:15
0
5.3K
13
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan