alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pedagang Tolak Rencana Jokowi Perbaiki Pasar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511ce801db9248494500000b/pedagang-tolak-rencana-jokowi-perbaiki-pasar

Pedagang Tolak Rencana Jokowi Perbaiki Pasar

TEMPO.CO, Jakarta - Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) menolak rencana Gubernur Jakarta Joko Widodo merevitalisasi manajemen pasar tradisional ke pasar modern.

"Kalau soal penataan lokasi setuju, tapi kalau sampai mengubah manajemen pasar tradisional ke pasar modern itu sama dengan menghilangkan ruh atau entitas pasar Indonesia," ujar Ketua Umum APKLI Ahmad Rifai, saat dikonfirmasi, Kamis, 14 Februari 2013.

Manajemen pasar tradisional saat ini, menurut Ahmad, sudah bagus. Harga dibuat sesuai daya beli dan kemampuan masyarakat. Salah satu kendala utama pasar tradisional, kata dia, hanya penataan lokasi yang tidak baik. "Hanya itu kendala utamanya, yakni tempat. Kalau soal manajemennya tidak ada masalah," kata dia.

Di pasar tradisional, kata dia, terjadi komunikasi secara langsung antara pedagang dan masyarakat melalui proses tawar-menawar yang selama ini dilakukan warga Indonesia. Sedangkan di pasar modern hanya didasarkan pada ketentuan harga yang sudah tertera dalam barcode mesin komputer. "Pasar tradisional berdiri di atas identitas bangsa, bukan dari komputer yang diatur mesin hanya untuk keuntungan semata," kata dia.

Ahmad menyatakan pasar tradisional tumbuh ratusan tahun seiring berdirinya bangsa Indonesia, sehingga tidak melulu berorientasi pada keuntungan semata. Sedangkan pasar modern, menurut Ahmad, berangkat dari paham asing yang bersifat kapitalis. "Sejak awal konsep pasar tradisional dan modern sudah beda. Jangan mencampuradukkan kalau tidak mau rusak," ujarnya.

http://www.tempo.co/read/news/2013/0...Perbaiki-Pasar

gimana nih menurut agan2...? suka yg pake tawar2an apa harga pas sesuai barcode?
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5
Jokowi sebaiknya melihat pasar tradisional yg ada dibsd, pasarnya bersih seperti pasar modern tp konsepnya tetap pasar tradisional emoticon-Big Grin
Diubah oleh blackdoors
Kalau ane sih demen adanya tawar menawar. Sudah jadi kebiasaan dan sesuatu yang lumrah. Dengan adanya tawar menawar kan ada yang namanya deal antara penjual dengan pembeli! Sama-sama puas ijab qabulnya!! emoticon-Ngakak
Kebiasaan ky binatang pas mau dimanusiakan malah menolak.Justru kalo modern org pada suka ke pasar.Ga mesti takut bakal bawa bakteri diare,disentri,kolera,tipus,etc pulang ke rumah bareng belanjaan.
Contoh pasar yg katanya kapitalis:
Pedagang Tolak Rencana Jokowi Perbaiki Pasar
Pedagang Tolak Rencana Jokowi Perbaiki Pasar
Diubah oleh Malopetaka
kalau bisa ya tempatnya dirapihin..harga lapak terjangkau dan harga jual dipasar tetap merakyat..ga mahal dan ada tawar menawar yg disukai ibu2..
kl udah rapih kan bagus..pst makin banyak yg dtg kepasar..pedagang2 jg kan yg seneng emoticon-Smilie
bukannya pasar modern yang di maksud jokowi itu yang bersih dan aman yah, ga kayak selama ini pasar becek dan banyak preman nya emoticon-Bingung (S)

ente kaya ngerti masalahnye aje?

Quote:


nih ane termasuk yg kena imbas kebijakan jokwow dan ahok....
apes....
pasar sunter salah satunya......
pa mo dikatah, yo wislah, manut...
Diubah oleh rajinsekale
harus dicari tauemoticon-Malu (S)...kenapa gak mau?

kutipan2 liar ini yg sedap...
ntar kalo dibenerin gak dpt jatah lagi...emoticon-Ngakak
bukannya yg mo dirubah manajemen pasar bukan pedaganngnya?bingung itu maksudnya managemen modern seperti pasar modern BSD kali managemennya moderen tapi pedagangnya tradisional.

Gak mungkin pasar jadi supermarket.
kalau bisa antara yang jual dan beli sama sama tahu dan sama sama jujur, mau itu pasar modern atau pasar tradisionil, mau itu tawar menawar atau pake barcode

yang jual ya jujur, barang yang dijualnya itu, gak usah dipalsu palsu, gak usah dioplos oplos
dan yang beli juga gitu, harus menaati code of conduct jual beli di pasar emoticon-Stick Out Tongue

kemudian premanisme juga harus diberantas, baik preman cap kecoa di pasar tradisional maupun preman berdasi di pasar modern, libas semua pakdhe, insya Allah, rakyat mendukung pakdhe jokowi
Quote:


emangnya bagaimana bro, bisa sharing dimari bro, biar kaskuser pada tahu masalahnya bro
Quote:


Ya.Ga ngerti gw soalnya gw liatnya dari sudut pandang konsumen.Kalo gitu anda sebagai pedagang tolong jelasin ke gw biar gw ngerti dari sudut pandang pedagang.Plus isi transkrip dialog/surat perintah perubahan apa yg bakal dilakukan.
wow emoticon-Belo
betul tuh, mending si joko suruh tiru pasar modern BSD

males banget dah kalo di pasar aja harga ga bisa di goyang emoticon-Cape d...



===
eh ini yang mau di perbaiki kondisi pasarnya apa proses transaksinya dah emoticon-Hammer
yang gw inget waktu si joko kampanye emang mau di rapihin kondisi pasar
tapi ini para pedagang malah protes, gaya transaksi jual belinya emoticon-Malu

kalo cuma di rapihin ya setuju
Diubah oleh faizhart
kali ini ane kurang setuju ama pakdhe klo sampe pasar tradisional jd pasar modern dlm hal manajemennya...oke utk penataan lokalisasi pasar tp no bt manajemennya..
orang itu udah pernah ke pasar modern bsd-tangerang apa belum sih, ...

setau ane sih, tetap ada tawar menawar di pasar modern, ... tempatnya bersih, dagangan rapi, rasa aman pengunjung terjamin, ...

Quote:


jangan jangan elu yg kemaren rapat pake celana pendek ya ..........pas rapat tidur ya makanya gak denger hasil rapat kemarenemoticon-Ngakak

Quote:


ente ga memahami esensi pasar tradisional ye tong...
yg pertama dibenahi adalah sdm pd pasar jaya bukan pasarnya, biar dibikin pasar tradisional moeern tapi dikelola sama pd pasar jaya sama aja boong.
Quote:


Sewa tempat nya gimana gan.?
Biasanya sih pedagang nolak karna ntar klo udah modern bakalan ada uang sewa yg kemungkinan lebih mahal. Preman pasar dan pungli juga gak bakalan ilang walau pasar nya udah modern/pasar bersih.
Quote:


Emang esensinya apa Nyot?Becek?Bau?Jelasin yg bener.Jgn cuma kasi komen pendek yg ga ada artinya.Sama ky kentut.
Quote:


ente bener gan....emoticon-Shakehand2
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di