alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511c56e2621243c47a000012/cara-cegah-sakit-mag-buat-yang-sibuk
icon-hot-thread
++ Cara Cegah Sakit Mag Buat Yang Sibuk ++
Quote:++ Cara Cegah Sakit Mag Buat Yang Sibuk ++

KOMPAS.com — Sakit mag merupakan merupakan penyakit favorit yang sering dialami oleh para eksekutif muda. Ketidakteraturan, stres, tekanan pekerjaan, dan sering melewatkan waktu makan membuat mereka lebih mudah untuk terkena sakit mag.

Pakar kesehatan pencernaan dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, mengungkapkan, prevalensi terjadinya sakit mag pada masyarakat di Amerika Serikat hampir mencapai 26 persen dan di Inggris hampir 41 persen. Sementara penelitian terakhir pada masyarakat Jakarta beberapa tahun lalu menemukan bahwa hampir 50 persen masyarakat Jakarta menderita sakit mag.

"Sebagian besar sakit mag yang terjadi di masyarakat adalah sakit mag fungsional," kata Ari.

Hal ini terjadi karena keluhan sakit mag yang timbul pada pasien akibat ketidakteraturan makan, konsumsi makanan camilan, seperti makanan yang berlemak, asam, dan pedas sepanjang hari, konsumsi minuman bersoda dan minum kopi, merokok, serta faktor stres.

Ari menjelaskan, agar seseorang dapat terbebas dari sakit mag, selain obat-obatan, pengendalian stres, istirahat yang cukup, dan mengatur pola makan, mereka juga harus tetap melakukan olahraga yang teratur.

Selain itu, ada beberapa makanan dan minuman yang juga harus diperhatikan agar dibatasi atau dihindari untuk dikonsumsi, sebagaimana dipaparkan oleh Ari berikut ini:

* Hindari makanan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), dan minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).

* Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain: kopi, minuman beralkohol 5 persen-20 persen, anggur putih, sari buah sitrus atau susu full cream.

* Hindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Sebab, hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, antara lain makanan berlemak, kue tar, cokelat, dan keju.

* Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica, dan bumbu yang merangsang. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan, antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.

* Selain makanan minuman di atas, ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindari oleh penderita sakit mag, antara lain beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, ubi singkong, talas, dan dodol. Kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet dan merokok.


Sumber
Rserved for update
emoticon-Sundul emoticon-Sundul
nice inpo gan...emoticon-I Love Indonesia (S)
nice tips emoticon-Angkat Beer
penyakit yang sering dialami nih kebanyakan org emoticon-Big Grin
Hampir semua tipsnya bisa ane jabanin gan cuma yang susah kayaknya ninggalin rokok emoticon-Smilie
Kalo ane sih minum obat P**mag aja gan emoticon-Ngakak
nice gan, keep posting emoticon-Angkat Beer

...
5 Tahapan Jadi Dokter [#HT]
Nice to Know
Rahasia di Balik Ujian
thread Motivasi
Pengalaman Malam Pertama
Pantes gan ane suka sakit perut (mules karna belom makan) . ternyata wktu lagi laper berat ane langsung makan makanan yang pedes wkwk emoticon-Ngakak
mantaps gan..
very nice info..
emoticon-Ngakak emoticon-Matabelo emoticon-Ngakak emoticon-Matabelo emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Ane perokok dan makanya tidak teratur gan emoticon-army
ternyata banyak jg makanan yg hrs dihindari...
info bagus gan...
emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By Hudainie
Ane perokok dan makanya tidak teratur gan emoticon-army

idem gan.kadang2 juga makannya di qodo ya ganemoticon-Malu (S)

ijin bookmark gan..
nice info..
wah kalo udah namanya sakit maag si udah parah dah emoticon-Cape d...
Tipsnya sangat berguna gan
Untung ane ga punya sakit maag
Nice trit ganemoticon-Sundul Gan (S)
wah berat juga ya,..emoticon-I Love Indonesia (S)
waduhh, ane baru tau nih kalo coklat susah dicerna, pdhal ane klo sibuk trus gak sempat makan malah nyari coklat emoticon-Hammer (S)
nice info gan, amazing wonderful trit

keep posting gan!! Ane emoticon-Rate 5 Star