alexa-tracking

Sepeda Motor Direncanakan Masuk Jalan Tol

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511c2084552acf533a000010/sepeda-motor-direncanakan-masuk-jalan-tol
Ngakak 
Sepeda Motor Direncanakan Masuk Jalan Tol
Sepeda Motor Direncanakan Masuk Jalan Tol

Quote:Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan kajian soal rencana sepeda motor memasuki jalan tol.

"Rencana tersebut masih sebatas wacana karena itu masih dikaji. Sepeda motor yang masuk jalan tol harus dibuat jalur khusus, untuk menghindari kecelakaan antara mobil dan sepeda motor," katanya di Jakarta, Rabu (13/2).

Saat ditemui setelah rapat koordinasi di Gedung Kemenko Perekonomian di Jakarta, ia menjelaskan untuk merealisasikan rencana tersebut diperlukan kajian mendalam mengenai aturan kendaraan roda dua masuk ke jalan tol.

"Kita sedang evaluasi, legalnya bisa apa tidak, motor masuk jalan tol," kata dia.

Selama ini, lanjutnya, aturan tersebut sudah diberlakukan di tol Suramadu (Jembatan Suramadu), namun pihaknya nantinya juga akan membatasi jumlah sepeda motor yang bisa masuk jalan tol tersebut.

"Kita lihatlah dulu, apa bisa ada jalur khusus itu di dalam tol lainnya," ujar dia.

Ia menegaskan, aspek utama dalam mengatur sepeda motor lewat jalan tol adalah masalah keselamatan yang harus dipikirkan secara cermat.

"Berkaca pada gaya pengendara motor yang mengendarai motornya di jalan arteri, banyak yang ugal-ugalan. Jadi, kalau memang harus masuk tol, harus ada jalur khususnya," kata dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan akan meminta PT Jasa Marga melakukan studi pembuatan jalur motor dalam tol di Jakarta. Menurut hematnya, jalan motor bisa dibuat di jalur tol dengan menambah sayap-sayap jalan di tol yang sudah ada.

"Peraturan membolehkan ini. Saya sedang memikirkan dan akan meminta Jasa Marga melakukan studi guna membuat sayap di jalan tol untuk sepeda motor," ujar Dahlan di Denpasar, Bali, Sabtu (2/2).

Ia menilai pertumbuhan sepeda motor di Indonesia tidak akan bisa dibendung, karena motor merupakan alat mobilitas kelas bawah untuk mengejar kelas menengah. Untuk percobaan awal, jalan tol Ngurah Rai - Nusa Dua-Benoa akan dilengkapi dengan jalur motor.

Nantinya, untuk tarif tol Ngurah Rai - Nusa Dua - Benoa, sepeda motor akan dikenai tarif Rp4 ribu sekali jalan. Untuk mobil akan dikenai tarif Rp10 ribu.

"Masyarakat di Bali menginginkan sepeda motor masuk tol dan Jasa Marga juga akan mengkaji. Kalau ada sepeda motor tingkat pengembalian investasi juga akan semakin cepat," kata dia.


SUMBER


kalo sepeda motor boleh masuk jalan tol...memang harus dibuat jalur khusus...emoticon-Big Grin

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
lucu.....

ntar ada yg asal berhenti...

alasannya capek., tol nya panjang

or

ban kempes....

________________________________________ gak setuju motor masuk TOL!
Quote:Original Posted By saudarasaudagar
idenya bagus, sekalian dong kapal laut masuk jalan tol




emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

mo ngikut2 luar negeri...

pdhl di luar.. kaga ada yg namanya motor bebek... terus berlaku peraturan2 tertentu.. minimal 250cc yg boleh masuk tol... scooter en temen2nya dilarang.. krn malah akan membuat kemacetan...

kapal laut lebih pelan lagi bro emoticon-Ngakak
Ide bagus nih, lumayan mengurangi populasi biker2 alay miskin n tolol

Sekalian dipersiapkan lahan kuburan yg baru gan karena dgn adanya aturan ini maka lahan kuburan di jakarta bakal langsung penuh emoticon-Ngakak
kirain ane diJakarta emoticon-Smilie

iya hrs dibikin jalur khusus pastinya
Di jalan biasa yang banyak kesempatan ngerem aja, banyak pengendara motor tergilas mobil... Apalagi di tol yang pada jalan cepat?
Mesti ada jalur khusus, dan mesti bener bener terpisah dari jalur mobil..

Kalo ga bisa begitu, mending ga usah aja.
wah bisa2 lalu lintas di tol jadi semrawut
kmaren dah dilempar wacananya ma Cak DIs, disini rame threadnya... MENGHUJAT
skarang dilemparkan wacananya lagi ma Men PU, gw yakin threadnya bakalan... menghujat lagi emoticon-Big Grin

tinggal nunggu Paduka Jang Mulia yg lemparin nih wacana, pasti bakalan ramai... memuji emoticon-Big Grin

padahal simple, tinggal bikin gate khusus trus sepanjang jalur motor dikasih tembok setinggi 1 meter - 1,5 meter dan lebar jalan minimal 4 - 5 meter dah cukup emoticon-Smilie
Boleh juga kalo ada jalan tol khusus motor...
Tentu akan mengurangi tingkat kecelakaan... emoticon-Big Grin
kok tiba tiba gua ada feeling ini tuh sebenernya lobi nya para pemilik Mo Ge ya?
menteri pu mesti siapin banyak kantong mayat nih

motor masuk ke tol bisa turun ditengah jalan lalu pacaran donk , mending dikaji lg. harusnya disesuaikan dengan mental orang indonesia jgn ikutin negara lain
kalau dibuat jalur khusus bukanya malah mempersempit jalan yang ada? mesti ada proyek baru lg tuhemoticon-Ngakak
janganl lah ,ntar banyak yg berhenti trus nyolong baut pebatas jalan emoticon-Ngakak
bagus sih tol buat sepeda motor dg jalur khusus, apa lg ini bali

klo liat di google maps aja jalan dr nusa dua ke benoa cuman ada satu jalan wkt lewat samping ngurah rai, makanya katanya disono sering macet CMIIW

adanya tol nusa dua- ngurah rai - benoa kan buat memecah kemacetan
ya semoga aja tol nya jadi sesuai jadwal, klo ga salah juni tahun ini CMIIW
kalo ada yang tergilas mobil, jangan salahin mobil nya, salahin jasa marga aja emoticon-Marah
wah asik dong, asal jangan dibuat kebut2an emoticon-Cendol (S)
ide bagus untuk mengurangi kemacetan harus didukung
Quote:Original Posted By nitramm
ide bagus untuk mengurangi kemacetan harus didukung


Iya gan,setuju ane
Setuju ane dah masuk jalan tol wkwkkwkwkw