alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Proyek Monorail: Ada Udang Di Balik Batu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511b1264e674b4f60f000000/proyek-monorail-ada-udang-di-balik-batu

Proyek Monorail: Ada Udang Di Balik Batu

Hadji Kalla Group Tersingkir dari Proyek Monorail: Kok Bisa?


Santer berita tentang proyek monorail yang bakal dilanjutkan lagi pembangunannya di Jakarta, membuat saya jadi penasaran sebenarnya tentang proyek ini. Bagaimana tidak? Proyek yang digadang-gadang sebagai penunjang transportasi massal masyarakat Jakarta ini nantinya, ternyata banyak menyimpan ya..sebut saja “sesuatu”.

Sedikit mundur ke belakang, proyek monorail ini sendiri telah berakar di tahun 2001, dimulai dengan adanya usulan dari PT. Indonesia Transit Central (PT. ITC) mengenai transportasi angkutan massal dengan teknologi Automated People Mover (APM) System 21 (Baca: Kronologis Proyek Monorail). Setelah menjalani proses yang cukup panjang, akhirnya pada Agustus 2003 Pemprov DKI menandatangani MOU dengan PT. ITC. Dengan demikian, PT. ITC ini diwajibkan untuk melakukan Studi Kelayakan Akhir (Final Feasibility Study). Perlu diketahui di sini, di tahun yang sama, tepatnya pada Mei 2003 PT.ITC juga telah menandatangani kesepakatan dengan Mtrans Holding Sdn.Bhd, perusahaan Malaysia yang membangun monorail KL. Namun sayangnya, pada Desember 2003 kerjasama ini menemui kegagalan karena keduanya tidak sepakat untuk membentuk usaha patungan bersama.

Tak patah semangat, tepatnya pada 19 Desember 2003 PT.ITC kembali bersepakat dengan Omnico Singapore Ltd. Kesepakatan ini berlanjut hingga Maret 2004 ketika PT.ITC dan Omnico menandatangani Perjanjian Usaha Patungan. Hasilnya adalah PT. Jakarta Monorail. PT.Jakarta Monorail sendiri resmi melakukan perjanjian kerjasama dengan Provinsi DKI Jakarta pada 31 Mei 2004. Di bulan selanjutnya pembangunan proyek monorail akhirnya diresmikan oleh Presiden Megawati pada saat itu.

Sayangnya, proyek ini sendiri harus terhenti. Sempat terbentuk kerjasama baru dengan salah satu anak perusahaan Hadji Kalla Group, namun hal ini ditentang oleh Omnico. Berhentilah proyek ini untuk bertahun-tahun lamanya.

Hingga memasuki tahun 2013, Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta yang baru memastikan akan kelanjutan proyek monorail ini. Pada Januari 2013 lalu media banyak memberitakan PT.Jakarta Monorail sendiri akan menggandeng Hadji Kalla Group terutama terkait soal pendanaan dan konstruksi.Juru bicara Jakarta Monorail Bovanantoo menyatakan bahwa skema pendanaan dari internal akan ditentukan setelah konsorsium dengan Hadji Kalla terbentuk. Nantinya Hadji Kalla Group akan membiayai lebih dari 50% dari kebutuhan dana yang bakal dibiayai secara internal atau di luar pinjaman perbankan. (Sumber: [URL="http://finance.detik..com/read/2013/01/12/153254/2140421/4/gandeng-hadji-kalla-jakarta-monorail-cari-kredit-bank-untuk-monorel-dki"]Gandeng Hadji Kalla, JM Cari Kredit Bank[/URL]).

Namun sekarang bagaimana kerjasama ini berjalan? Baru saja saya membaca berita bahwa Hadji Kalla Group ternyata tidak jadi ikut menggarap proyek monorail ini. Malahan muncul nama Ortus Group yang kabarnya akan membeli saham PT. JM hingga 90%. Walaupun pihak PT.JM juga menyatakan masih ada peluang untuk Hadji Kalla Group untuk masuk. Masih akan ada pertimbangan-pertimbangan selanjutnya. Sungguh aneh menurut saya. Sejauh ini proyek ini sendiri positif untuk Hadji Kalla Group untuk gabung di dalamnya. Lalu tiba-tiba muncul Ortus Group, yang main “geser-geser” seenaknya. Sangat membingungkan. Apa tanggapan pihak Hadji Kalla Group sendiri?

Dalam Ortus Group Gusur Peluang Hadji Kalla Group , Irsal Kamarrudin selaku Direktur Utama PT. Bukaka Teknik Utama, anak usaha Hadji Kalla Group menyatakan “Kami kan menjual barang. Kalau dipakai silakan, tapi kalau tidak juga enggak masalah”. Sebenarnya ini adalah jawaban yang sangat diplomatis menurut saya.

Agaknya harus diselidiki nih apa ada “udang di balik batu” terkait lolosnya Ortus Group menguasai saham PT.JM? Kenapa Ortus bisa “jreng-jreng” muncul tiba-tiba, tahu-tahu sudah proses menguasai 90% saham PT.JM. Hmm…

Diubah oleh budiliem76
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
pak pak jk tambah kaya donk
Batunya dimana gan biar ane cari uangnya gan emoticon-Ngakak

Sponsornya jokowi udah mulai dapet jatah masing2 nih emoticon-Big Grin
ASAL GA PAKE APBD , GA APA=APAemoticon-Najis

pake dana full swasta, kalo rugi, bangkrut, perusahaan swasta itu sendiri yg nanggung....emoticon-Ngakak
kita tunggu aja nih kira2 group siapa yang bakal menang
kalo udah jadi tuh monorail semua juga menikmati"
ewh namanya juga bisnis, biasa kali kalo ada kabar kyk gitu
Monorail itu penting banget, setuju banget tuh .
rakyat gak peduli siapa kontraktornya
yg penting monorel jalan, transportasi umum jkt membaik, biaya transport reasonable, nyaman, aman dan tepat waktu

masalah ada yg korup, serahkan sama kpk

Yang penting harga karcisnya murah dan terjangkau, terserah kobtraktor nya siapa aja.

Sumbernya agak malu-malu, sebenarnya dia mau kaitkan dengan sumbangan di pilkada kemarin...emoticon-Big Grin
asal jangan minta jaminan ridership ke pemerintah emoticon-Ngakak
yg penting monorailnya jadi, aman dan bermanfaat emoticon-I Love Indonesia (S)
selama proyek monorel tidak menggunakan APBD, gw kira ga masalah siapapun yang akan membangunnya. maupun Ortus atau Hadji Kalla Grup sama-sama punya kepentingan bisnis di sana, gan. HKG bukan digeser kok, tapi mundur dari pembangunan monorel mungkin karena ada hal lain yang sifatnya lebih intern.

ya ini cuma "drama" persaingan bisnis aja, gan.
ya bisa aja karena kurang kuat .......
yang penting semuanya kebagian udang dah.. emoticon-Ngakak
yang peting gak pakai APBD emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh hansip
wah hari ini rame pemberitaan monorail..pasnabung pada bergerak ambil momen ini..emoticon-Najis emoticon-Najis
mengawasi itu baik tapi menuduh harap untuk di perhatikan kembali..emoticon-I Love Indonesia (S)
daripada menjabat berlama2 tapi ga ada progress apa ya mending merangkul swasta..emoticon-Cendol (S)
yg penting tak patah semangat aja,smoga bermanfaat buat kepentingan umum.
Quote:


mau siapa kek yg bangun itu kan dana mereka sendiri bukan apbd, jadi itu kesepakatan bisnis to bisnis.
yah emoticon-Cape d... bakalan terbengkalai lagi nih mah proyek mono rail.
JM dikuasai Ortus ya karena Ortus beli tu saham lah emoticon-Cape d...
pasar ya dimana2 gitu
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di