alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511b10368227cf6a53000016/pak-jokowi-ini-lho-isu-isu-penghambat-relokasi
Pak Jokowi, Ini Lho Isu-isu Penghambat Relokasi

Pak Jokowi, Ini Lho Isu-isu Penghambat Relokasi

Quote:JAKARTA, KOMPAS.com — Upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merelokasi warga yang bermukim di sekitar Waduk Pluit masih menemui kendala yang tidak sedikit. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya isu-isu negatif yang berkembang di antara warga. Sejumlah warga RW 17 Muara Baru mengungkapkan isu-isu penghambat tersebut saat disambangi Kompas.com.

"Katanya kami sengaja dipindahkan karena di sini mau dibangun mal baru," kata Ros Situmeang, warga RT 16 RW 17 Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (12/2/2013), saat disambangi Kompas.com.

Kecurigaan itu dilontarkan Ros lantaran telah terdapat sejumlah bangunan mewah di sekitar waduk, seperti hotel dan apartemen. Karena itu, mereka menduga Pemprov sengaja memindahkan mereka untuk menyediakan lahan bagi pengembang properti. Saat ditanyakan sumber informasi tersebut, Ros terlihat kebingungan. Ia hanya menerangkan bahwa kabar tersebut telah berkembang di kalangan warga.

"Menurut tetangga saya, orang yang sudah dapat rumah di (Rusun) Marunda enggak akan dapat ganti rugi untuk rumahnya di sini," kata Ahmad, warga lainnya.

Ahmad mengatakan, dari informasi yang diperoleh warga, rusun merupakan kompensasi dari pemerintah sebagai pengganti rumah mereka yang mengokupasi lahan waduk. Karena itu, ganti rugi hanya akan diberikan kepada mereka yang belum memperoleh unit rusun yang dijanjikan pemerintah. Isu ini, kata Ahmad, menyebabkan warga enggan dipindahkan ke rusun sebelum mendapatkan ganti rugi atas rumah mereka.

Isu lain yang mengganjal adalah soal status warga yang pindah ke rusun. Dengan menyandang status pengungsi atau korban banjir yang menetap di rusun sewa, beberapa warga menilai mereka akan dianggap sebagai orang-orang yang ditolong sehingga keberadaan mereka di rusun bisa diutak-atik lagi di masa mendatang.

"Nanti kami hanya dianggap orang-orang yang ditolong Jokowi-Ahok. Setelah mereka selesai, posisi kami di rusun digoyang lagi, terus dikasih uang kerohiman untuk cari tempat baru," ujar Rahman.

Rahman mengatakan, warga masih mencurigai rencana pemerintah tersebut. Ditakutkan hunian layak dan berbagai layanan yang diterima warga yang telah pindah lebih disebabkan karena kemurahan hati Jokowi-Ahok. Mereka tak yakin program hunian akan berlanjut hingga periode kepemimpinan selanjutnya.

"Apa ada jaminan kami masih boleh tinggal di rusun setelah Jokowi-Ahok diganti. Izin sewanya sampai berapa lama, kami belum tahu," keluh Rahman mengungkapkan kecemasannya.

Isu lain yang paling santer terdengar adalah Pemprov DKI akan segera menggusur permukiman yang mengokupasi waduk. Warga yang rata-rata dari kalangan masyarakat kecil merasa diabaikan bila terjadi penggusuran dan tidak ada kompensasi dalam bentuk apa pun.

"Kami bekerja supaya keluarga bisa makan hari ini. Untuk makan besok, kami harus kerja lagi. Jadi rumah-rumah ini, biar kondisinya kayak gini, kami bangun dengan susah payah selama beberapa tahun, sedikit demi sedikit," ujar Jaslizar menyebut alasan mengapa warga membutuhkan kompensasi.

Selain itu, berbagai cerita-cerita seputar penggusuran yang tak jelas sumbernya sedang berkembang di antara warga waduk. Di antaranya isu seputar nilai nominal ganti rugi yang disediakan, lokasi yang akan digusur, dan lolos tidaknya bangunan yang terletak belasan meter dari bibir waduk.

MR, inisial warga RW 17 lainnya, menambahkan bahwa di kalangan warga terdapat perbedaan pandangan atas rencana relokasi yang diusulkan pemerintah. Orang-orang yang telah lama bermukim di lahan tersebut dan telah memiliki bangunan permanen yang layak huni serta para tokoh masyarakat setempat umumnya menolak pindah. Sebagian warga yang berada di bawah pengaruh mereka akhirnya ikut-ikutan menolak pindah.

"Umumnya dari orang-orang lama yang punya pengaruh di sini. Mereka yang sudah punya kos-kosan atau yang kerjanya sudah mapan pasti menolak. Yang lainnya akhirnya ikut-ikutan," kata MR yang takut mengungkapkan nama sebenarnya.

MR membantah bila semua isu yang berkembang di tengah warga saat ini berasal dari kelompok tersebut. Menurut dia, cerita-cerita tanpa sumber yang jelas itu muncul karena jarangnya masyarakat mendapatkan kesempatan berkomunikasi langsung dengan pihak pemerintah.

"Belum ada penjelasan resmi soal relokasi atau penggusuran. Cerita-cerita itu, biasalah, dari sumber-sumber yang enggak jelas. Makanya, kami tunggu keterangan resmi dari pemerintah," kata MR.


sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2013/02/13/09145126/Pak.Jokowi.Ini.Lho.Isuisu.Penghambat.Relokasi

diharapkan pemkot DKI bisa melaksanakan relokasi warga dengan adil dan manusiawi dan pembebasan lahan bisa dipergunakan untuk kepentingan masyarakat bukan untuk kepentingan bisnis property... emoticon-Angkat Beer
kalo penduduk disana punya SHM gak sih???

baca berita sih kagak, tp lagaknya kayak yg punya tanah yaaa...
Ditunggu balesan dari pakdhe aja deemoticon-Embarrassment
payah...dikasih tempat yang layak nggak mau....apa sih maunya warga????
di sono banyak yg mental preman emoticon-Nohope

dari sisi pns banyak yg gak di kasi tau ke jokowi + ahok
dan media cuma denger dari sisi warga sono,,,

klo jokowi + ahok tau banyak warga sono yg bejat,,, putus asa juga ujung2 nya

genset pemda buat banjir kemaren aja banyak yg gak tau klo itu genset pemda emoticon-Nohope

mo masang genset aje make dipalang trus dipalakin sama warga,,, emoticon-Nohope
gak di pasang pada ngancem ngelapor jokowi
mo masang kudu bayar uang lewat,,,, preman emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By emasmurni
kalo penduduk disana punya SHM gak sih???

baca berita sih kagak, tp lagaknya kayak yg punya tanah yaaa...


Tidak semua orang itu berpendidikan dan kesadaran yang baik,emoticon-Embarrassment

Sebagai orang yg memiliki kemampuan dan kualitas yang lebi baik dan bijaksana, maka fungsi pemprov adalah mengayomi serta menyelesaikan masalah ini dengan "menang menang solusi"
stuju neh sm aga yg diatas
itulah pentingnya komunikasi antara rakyat dengan pemerintah. sebenarnya rakyat akan mendukung semua kebijakan pemerintah jika terjalin komunikasi yang baik dan lancar
Tidak sepenuhnya bisa disalahkan keluguan mereka yg dengan gampang dihasut oleh rumors. Toh rakyat kan belum mengenal secara penuh siapa Jokowi-Ahok. Apalagi, trustworthy aparat pemerintah dari pusat sampai daerah itu selevel tong sampah saja. Dan perlu diingat, pemda DKI sendiri sejak jamannya Ali Sadikin tidak adal satupun Gubernur yg benar2 layak dan pro-rakyat. Yang ada cuma beresin kantong masing2.
Quote:Original Posted By .NoShade.
di sono banyak yg mental preman emoticon-Nohope

dari sisi pns banyak yg gak di kasi tau ke jokowi + ahok
dan media cuma denger dari sisi warga sono,,,

klo jokowi + ahok tau banyak warga sono yg bejat,,, putus asa juga ujung2 nya

genset pemda buat banjir kemaren aja banyak yg gak tau klo itu genset pemda emoticon-Nohope

mo masang genset aje make dipalang trus dipalakin sama warga,,, emoticon-Nohope
gak di pasang pada ngancem ngelapor jokowi
mo masang kudu bayar uang lewat,,,, preman emoticon-Nohope

lingkungan yang keras akan mencetak watak yang keras juga gan.
semoga bisa ada solusinya..
susah ya ngatur orang itu. hayo pakde jokowi silahkan dipikirkan solusi nya. dan di bicarakan sama warga yg ngeyel ini
maling tanah ...dibelain..emoticon-Ngakakmain patok, trus bikin rumah kardus, terus tancep plang...tanah milik Tuhan...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ottawa2012
Tidak sepenuhnya bisa disalahkan keluguan mereka yg dengan gampang dihasut oleh rumors. Toh rakyat kan belum mengenal secara penuh siapa Jokowi-Ahok. Apalagi, trustworthy aparat pemerintah dari pusat sampai daerah itu selevel tong sampah saja. Dan perlu diingat, pemda DKI sendiri sejak jamannya Ali Sadikin tidak adal satupun Gubernur yg benar2 layak dan pro-rakyat. Yang ada cuma beresin kantong masing2.


weladalah ... maoe roemornjah kek apa poen ...
kembali lagih ke ra'jatnjah toh ....
itoe tanah bolleh memangnjah oentoe' ditinggalin???
ada sertifikat SHM njah?
sampai kapan ra'jat maoe sadar akan kekeliroewannjah ????
poera2 bego ataoe poera2 tida taoe???


Quote:Original Posted By janemooncake
maling tanah ...dibelain..emoticon-Ngakakmain patok, trus bikin rumah kardus, terus tancep plang...tanah milik Tuhan...emoticon-Ngakak


Iye gan, seenaknya aja klaim tanah dan bikin rumah seadanya.
emoticon-Ngakak
idem di rumah pilihan....juragan patok tanahnya mana nih?emoticon-Ngakak
yg gak berpendidikan hrs diajarin lagi supaya adil dan beradab
Dipaksakan aja..... Masa ada solusi tempat baru ndak mau
wekekek,,uda mulai disusupi provokator kelas nasi bungkus nih emoticon-Big Grin

dapet lauk apaan yah buat nyebar isu gituan yah emoticon-Big Grin
bakar ajah itu pemukim liar, udah rata palangin gak boleh bangun rumah kalau tidak ada surat-surat tanahnya
Quote:Original Posted By kucingtidok



diharapkan pemkot DKI bisa melaksanakan relokasi warga dengan adil dan manusiawi dan pembebasan lahan bisa dipergunakan untuk kepentingan masyarakat bukan untuk kepentingan bisnis property... emoticon-Angkat Beer


ini sebenernya yg termakan issue itu TS atau masyarakat yg dibohongi?
menurut TS gimana?

ini bedanya orang susah sama orang miskin
kadang orang miskin bisa diatur baik2, nah kalo orang susah biasanya susah diatur bahkan untuk kebaikan mereka sendiri