alexa-tracking

Tahan Sopir Angkot Jamal, Polisi Mengada-ada

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511b02c31cd7195f20000012/tahan-sopir-angkot-jamal-polisi-mengada-ada
Tahan Sopir Angkot Jamal, Polisi Mengada-ada
Quote:Jakarta - - Polisi Lalu Lintas Jakarta Barat (Jakbar) menahan Jamal, pengemudi angkot U-10 yang ditahan di Satlantas Jakbar dalam kasus tewasnya Annisa gara-gara melompat turun. Jamal disangkakan dengan pasal kelalaian UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kelalaian yang dituduhkan kepada si sopir yaitu karena dia tidak menutup pintu sehingga berakibat korban lompat dari angkot yang dikendalikan Jamal. Padahal, selama ini angkutan kota non-ac memang banyak yang tidak menutup pintunya. Kalau tidak menutup pintu dianggap sebagai kelalaian, apakah polisi telah melakukan tindakan preventif?

"Saya melihat ini lebih kepada upaya polisi mencari cara mentersangkakan Jamal ketimbang sesuatu yang lebih substansif. Mengada-ada," kata kriminolog UI yang juga anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Adrinanusa Meliala saat berbincang dengan detikcom, Rabu (13/2/2013).

Dia mengatakan, awalnya polisi menduga ada pelanggaran yang dilakukan Jamal dengan mengendarai angkotnya di luar rute yang sudah ditetapkan. Namun, ternyata Jamal hanya dapat dikenai sanksi administrasi terkait pelanggaran tersebut.

"Lalu dicari hubungannya, maka diupayakan Jamal terjerat supaya memenuhi harapan aparat sebagai pihak yang bertanggungjawab," jelasnya.

Tindakan korban Annisa yang melompat dari angkot yang tengah melaju, imbuhnya, karena panik dan bertindak tidak proporsional. Bila harus disalahkan, maka akan lebih jauh lagi melangkah dalam mencari siapa yang bersalah.

"Pemerintah, negara semua berkontribusi atas insiden itu, mengapa korban panik dan melompat? Maka dijadikanlah Jamal sebagai orang yang harus bertanggungjawab," paparnya.

Dengan sangkaan yang dijerat ke Jamal, Adrianus menilai polisi tengah bereksperimen dengan alat bukti yang ada di kasus Jamal.

"Namun nanti ada pengujian di tingkat kejaksaan dan pengadilan, alat bukti itu bisa berhasil atau tidak," ujar Adrianus.

Dihubungi terpisah, Kanit Kecelakaan Lalu Lintas wilayah Jakarta Barat AKP Rahmat Dalizar mengakui, pihaknya memang tidak pernah melakukan langkah pecegahan dan sosialisasi angkot wajib menutup pintu.

"Ya memang tidak pernah ada langkah itu," ujarnya.

Selain kelalaian tidak menutup pintu, Dalizar juga menuding Rahmat juga lalai karena membiarkan penumpang yang semula duduk di kursi belakang berpindah ke jok yang berada di belakang sopir.

"Dengan pindahnya penumpang dari tempat duduk semula, dia harusnya curiga," jelasnya.


[URL="http://news.detik..com/read/2013/02/13/085824/2168537/10/tahan-sopir-angkot-jamal-polisi-mengada-ada?991104topnews"]Sumbernya Gan[/URL]

Ahh ga heran, poli*i suka cari2 alasan untuk menangkap rakyat kecil. emoticon-Matabelo
koin untuk jamal
seharusnya dipertanyakan

korban loncat dr angkot krn pintu emang ga terkunci


atau korban loncat dr angkot krn merasa ga aman di angkotnya
(u pikir sendiri lha,pasti ngerti mksd gw)

ga wajar org mao loncat dr angkot klo ga ada apa2
kok kelalaian si sopir? kalau korban terjatuh.. baru itu kelalain si sopir.. lah ini si korban lompat sendiri.. goblok nih polisi emoticon-Cape d... (S)
Kalau mahasiswi udah minta diturunin kenapa gak diturunin saja kenapa malah diajak muter2 ya ? Hanya Tuhan dan sopir yang tau... emoticon-Bingung (S)
Apa ga ada polisi yg punya intelejensia yg tinggi ya?

Yg dituduh kelalaian ga nutup pintu, setau gw ga ada angkot jakarta yg mutup pintu kecuali kalo hujan atau masuk tol

Kelalaian karena ga curiga penumpang pindah tempat duduk? Semua penumpang angkot pasti lebih memilih duduk dekat pintu keluar karena biar nanti lebih mudah turunnya, jd andai gw supir angkot ada penumpang yg pindah duduk deket pintu ya wajar aja menurut gw
kalo angkutan kota kan pintu samping itu memang biasanya gak ditutup , polisi ngada2 ajanih emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By aless78


Selain kelalaian tidak menutup pintu, Dalizar juga menuding Rahmat juga lalai karena membiarkan penumpang yang semula duduk di kursi belakang berpindah ke jok yang berada di belakang sopir.

"Dengan pindahnya penumpang dari tempat duduk semula, dia harusnya curiga," jelasnya
.


emng nya si jamal bakal tau si korban mw flyover-jumping???
polshit gilooo..emoticon-Cape d... (S)

Ada alasan yg kuat utk seseorang nekad loncat dari kendaraan yg melaju.

Saya yakin almarhum pasti sudah berkali2 minta si sopir utk menghentikan mobilnya utk turun, karena tidak melalui jalur yg semestinya... Tapi tidak didengar oleh sang supir.
tahan aja, klo perlu di introgasi dulu sampe ngaku
Quote:Original Posted By venmon
seharusnya dipertanyakan

korban loncat dr angkot krn pintu emang ga terkunci


atau korban loncat dr angkot krn merasa ga aman di angkotnya
(u pikir sendiri lha,pasti ngerti mksd gw)

ga wajar org mao loncat dr angkot klo ga ada apa2


satu lagi gan kemungkinannya yaitu paranoid.
coba agan baca berita yg ini emoticon-Malu (S)
tak tau yg salah yg mana,, semoga keadilan berpihak pada kebebarannn
masa dibilang kelalaian tidak menutup pintu emoticon-Cape deeehh ,angkot lg operasional pintunya mana ada yg ditutup, kecuali tu angkot lg di carter
Pak polisi, sejak kapan angkot di tutup pintunya saat beroprasi,klo peraturanya pintu harus di tutup kenapa selama ini angkot yg udah beroprasi puluhan tahun dan ga ttp pintu ga pernah kena tilang dan tindakan..kenapa di biarin..
Quote:Original Posted By venmon
seharusnya dipertanyakan

korban loncat dr angkot krn pintu emang ga terkunci


atau korban loncat dr angkot krn merasa ga aman di angkotnya
(u pikir sendiri lha,pasti ngerti mksd gw)

ga wajar org mao loncat dr angkot klo ga ada apa2


ga wajar di jalan macet dan ramai sopir mau memperkosa ?
dan itu kondisinya siang . teriak aja. nanti ada tentara lewat.
kalo polisi jangan diharapin, piro dulu?
Quote:Original Posted By jejehan


ga wajar di jalan macet dan ramai sopir mau memperkosa ?
dan itu kondisinya siang . teriak aja. nanti ada tentara lewat.
kalo polisi jangan diharapin, piro dulu?


ane bingung gan,kok disini ada bbrp yg koment tanpa melihat fakta/kenyataan di laapangan. setidak nya membaca berita lengkap nya dulu (selain berita ini tentunya) emoticon-Malu (S)
dilemma

dia melompat ada sebab... atau memang benar supir angkot tidak ada maksud apa2

tapi intinya....POLISI2 INDONESIA MEMANG TOLOL SEMUA emoticon-Ngakak
sopir angkot ditahan = rakyat biasa

rasyid ga ditahan = anak menteri


Indonesia
seumur2 gw hidup 18thn ga permah liat angkot pintunya di tutup kec. Pas hujan lebat dan banyak penumpangnya
Jgn jgn TS supir angkot nya neh emoticon-Malu

Kok belain supir angkotnya sih.

Disini upaya pengusutan utk menguak apa yg terjadi d kala itu. Tuduhan sementara yah itu.

Sambil mengembangkan kasus nya.