alexa-tracking

Proyek Monorel Jakarta Pakai Kereta Made in China

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511ad1628227cf724a00000a/proyek-monorel-jakarta-pakai-kereta-made-in-china
Proyek Monorel Jakarta Pakai Kereta Made in China
Jakarta - Kereta monorel 'made ini Bekasi' tampaknya belum dilirik oleh pengembang monorel DKI Jakarta, yakni PT Jakarta Monorail. Pihak Jakarta Monorail yang mengembangkan rute lama monorel DKI melirik produk kereta monorel buatan Chongqing China.

"Chongqing Monorail, mereka belajar memproduksi monorel dari Hitachi (Jepang) dan di China kapasitas lebih besar. Di sana mereka bisa menyeberang sungai terpanjang di China tetapi kami lihat kapasitas penumpang lebih luas," kata juru bicara PT Jakarta Monorail Bovanantoo dalam acara Monorel untuk Jakarta Baru di Gedung Balai Kota, Jakarta, Selasa (12/2/2013).

Bovanantoo menambahkan monorel Chongqing bisa mengangkut hingga 800 ribu penumpang per hari. Sampai saat ini, pihak Jakarta Monorail sedang menghitung estimasi biaya yang dibangun untuk membangun kembali tiang-tiang monorel Jakarta yang teronggok sejak 2006.

"Estimasi biaya untuk investasi terdiri dari konstruksi, kereta, signaling, mechanical, dan lain-lain. Untuk panjang 30 km estimasi biaya adalah sebesar Rp 6,9 triliun," imbuhnya.

Nilai proyek Rp 6,9 triliun ini sudah termasuk biaya konstruksi dan biaya suku bunga bank yang termasuk biaya investasi. Bovanantoo melihat biaya sipil menghabiskan 20% dan kereta 31%, dan lain-lain.

"Investasi akan dihitung ulang kmbali. Dengan konsep 70:30 yaitu perbankan (70%) dan kami sendiri (30%). 2013, Kita akan progres dan gelontorkan dana 20%. Sedangkan 2014 dan 2015 kita akan genjot lebih besar dan 2016 adalah proyek akhir. Nilai investasi secara keseluruhan mencapai US$ 750 juta," jelasnya.

Namun Bovanantoo kembali menegaskan, alasan melirik monorel Chongqing. Bila dibandingkan dengan monorel seperti Hitachi (Jepang) dan Schumi (Malaysia) juga monorel lokal (MBW), Chongqing lebih unggul dari sisi kapasitas penumpang.

"Chongqing itu bisa 800 ribu penumpang/hari. Hitachi juga kapasitas cukup besar, Schumi tidak muat cukup besar. Monorel lokal belum sampai di situ. Situasi kemacetan harus diantisipasi dengan kapasitas terbesar," tandasnya.

Seperti diketahui, saat ini Indonesia sudah mempunyai monorel lokal yang dibuat di Bekasi oleh PT Melu Bangun Wiweka (MBW). Menurut pencipta sekaligus President Director MBW Kusnan Nuryadi, perusahaannya akan menjual monorel buatannya dengan harga Rp 100-150 miliar/km.

Menurut Kusnan harga yang dipasang kepada calon pembeli sudah termasuk sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mulai dari keretanya, sinyal, dan sistem elektrifikasi. Kusnan menyebut harga ini relatif murah bila dibandingkan dengan monorel buatan negara lain yang bisa menghabiskan hingga Rp 300 miliar/km.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta membangun monorel, pertama dibangun oleh Jakarta Monorail yang membangun kembali tiang-tiang monorel yang terbengkalai. Lalu ada juga proyek monorel yang dibangun oleh PT Adhi Karya Tbk dengan rute yang menghubungkan kawasan Bekasi Timur, Cawang, Cibubur, hingga Kuningan Jakarta.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, pemerintah akan melakukan proses uji kelaikan untuk monorel tersebut.

"Akan ada proses uji kelaikan, kemarin sudah bicara dengan BPPT dan Kemenperin untuk membuat standar dan proses uji kelaikannya," ujar Bambang.
[url]http://finance.detik..com/read/2013/02/12/121550/2167748/4/proyek-monorel-jakarta-pakai-kereta-made-in-china?f991104topnews[/url]

Proyek Monorel Jakarta Pakai Kereta Made in China

======================

kayak daging lokal vs daging impor
kayak buah lokal vsd buah impor

emang yang yang impor lebih menarik ya..apalagi dari uzbek.. emoticon-Stick Out Tongue
image-url-apps
Wah sayang se x tidak mencintai produk dalam negeri.

Atau mungkin pemprov tak mau ambil risiko untuk uji coba.
image-url-apps
proyek maju mundur gak jelas
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:

Lah iyah to, proyek monorel kan emang maju mundur kayak keretanya...
Keretanya aja jalannya hanya bisa maju dan mundur, gak bisa putar balik bla bla bla emoticon-Ngakak

image-url-apps
yg penting eksekusi aja dulu.. udah gak sabar nyicipin monorel pertama indonesia..
masalah itung2an, pasti udah jelas diambil yg menguntungkan dari berbagai sisi.. emoticon-Smilie
Quote:


YAh, sebenernya sih gan, bukan berarti kalo ada orang lokal yang bikin terus harus dipilih.

Spoiler for Jual Kunci Pintu Digital gan:


Namanya bisnis, akhirnya rasio efisiensi yang dipilih. Walaupun 300M/Km tapi kapasitas lebih banyak dan reliability lebih baik, kenapa nggak. Justru perusahaan lokal itu yang harus meng-impress customernya di dalam negri dan luar negri emoticon-Malu (S)
Asal Mono Railnya jangan Mogok aja pas Lagi Diatas..........emoticon-Matabelo
Quote:


Quote:


Ya gini emang jawaban yang bener.

Ga selamanya kita harus milih produk lokal di atas produk luar negri.

HP lokal banyak tuh dipasaran, tetep aja HP lu samsul atau BeBe kan?

Kenapa? YA karena busuk.
mana yang bisa dikorup lebih banyak ya yang bakal dipilih. emoticon-Cape d... (S)
image-url-apps
Quote:

iya gan semoga aja cepet tereselesaikan dah,,
biar banyak pilihan transportasi di jakarta
Quote:

karena ente ampu beli yang lebih bagus. hp lokal laris manis di kelas menengah ke bawah. emoticon-Big Grin



Posted with kaskusQR
gerbongnya pake indonesia . yg laennya pake luar punya
jakarta monop rail tu dah gagal dari sekian taun yang lalu... mending di bubarin aja tu... ganti pake vendor yang lbih trusted
emoticon-Ngakak
impor madein cina kalitas ngak jelas...
image-url-apps
Kalo produk dalam negeri buatan Bekasi memang laik pakai knapa nda pake made in Bekasi ajah.

Kita liat aja nanti siapa yang lebih berjaya,Jakarta monorel ato konsorsium BUMN
sesuai pesan sponsor aje dah, elu kire tuh ortus gowo duit dari mane tong muwaaaahemoticon-Ngakak
emoticon-I Love Indonesia (S)

Menurut ane, Jakarta Monorail membangun kan tidak pakai uang APBD. Tapi murni Swasta. Maka terserah mereka mau beli dari mana.

Kalau membangun monorail pakai uang pajak, ya pasti ane akan komentar supaya pakai Monorail Bekasi.

Argumentasi soal kapasitas penumpang menurut ane cukup fair dan jelas kok.
g saLaah seehh pke produk chinesse,,,
tp mungkin Lbih bijak jika pake produk dLm negeri.. emoticon-Matabelo
image-url-apps
emoticon-Ngakak lihat komentar di sini, itu konsorsium swasta, tentu dia sudah memikirkan semua dengan kualitas yang sesuai dia dan harga yang sesuai....MRT dan monorail di china itu sudah lama beroperasi, bukan mainan baru lagi buat mereka....dan buat yang suka mencela, lain kali kalau naik bus transjakarta lihat ada logo yang mirip transformer jangan naik ya, karena itu produk china emoticon-Big Grin
Proyek Monorel Jakarta Pakai Kereta Made in China
Kalau mau mencela setidaknya di dalam negeri sudah bisa bikin dan terbukti operasional...emoticon-Ngakak
berita terbaru ktnya pak jokowi pake yg lokal buat di tmpt2 kecil , kalau g salah denger
×