alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511a5915eb74b46f1100000a/resep-obat-menyesatkan-di-klinik-tradisional-cina
Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina
Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina

TEMPO.CO, Jakarta - Gembar-gembor penggunaan obat herbal di klinik Traditional Chinese Medicine (TCM) rupanya cuma pemanis bibir belaka. Setidaknya itu yang terjadi pada Klinik TCM Harapan Baru. Dalam pemberian obat, klinik yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 4, Medan, itu sangat tertutup. Belakangan diketahui TCM itu menggunakan obat kimia yang sangat berbahaya.

Majalah Tempo edisi terbaru, 4 Februari 2013, mengangkat laporan investigasi soal janji palsu klinik-klinik TCM. Menjanjikan pengobatan herbal, klinik-klinik TCM justru secara ilegal menginfus pasien dengan obat-obatan kimia, hingga menggunakan zat kemoterapi beracun, bahkan steroid.

Di TCM Harapan Baru, resep yang diberikan pada pasien selalu dalam bahasa Cina. Akibatnya, pasien tak pernah tahu obat apa yang masuk ke tubuh mereka. Saat ditanya melalui penerjemah, sinse hanya mengatakan itu obat kanker dan khasiatnya bagus.

Kalaupun bisa diterjemahkan--seperti yang dicoba dilakukan Tempo--hasil akhirnya sama saja: bingung. Soalnya, obat-obatannya ternyata ditulis dalam bentuk kode huruf dan angka: MR1, MR2, C01, C02, dan seterusnya. Penerjemah di Cina yang mengalihbahasakan salah satu catatan status pasien Du Bin ke bahasa Inggris, Januari lalu, berhenti pada bagian resep. “Ini tidak perlu diterjemahkan. Isinya cuma angka-angka dan huruf tak penting,” tulisnya dalam e-mail.

Kesaksian soal pemberian infus dan obat-obatan modern juga diberikan oleh Dela--sebut saja begitu--mantan perawat di TCM Harapan Baru Medan. Dia bercerita, pada hari pertama bekerja, ia langsung diperintahkan menginfus delapan pasien. “Kami hanya menjalankan advice. Misalnya ada obat Hua Chansu dimasukkan ke NaCl 250 cc. Ketika aku bertanya ke Du Bin obat itu fungsinya apa, dia suka nutup-nutupin,” ujarnya.

Setiap pasien diberi sedikitnya empat botol infus. Misalnya satu botol 500 cc berisi vitamin C dan B, dicampur berbagai obat--kadang sampai 12 ampul untuk satu botol infus. Jika obatnya banyak, dipakai cairan infus 250 cc. Sebagian besar ampul, kata Dela, tertulis dalam bahasa Cina dan tidak ada registrasi BPOM. Dia mengaku sering menginfuskan Carboplatin. “Perawat-perawat sebelumnya menyebut itu obat kemo herbal.”

Dan, astaga, apa pun keluhannya--kanker rahim, payudara, usus, dan paru-paru--obatnya itu-itu juga. Diputar-putar. Para perawat juga sering disuruh memotong jaringan mati sel kanker di tubuh pasien dan merawat luka, yang seharusnya pekerjaan dokter.

Dari salah seorang mantan pegawai Harapan Baru, Tempo mendapatkan satu paket obat-obatan untuk infus. Isinya 19 jenis dalam bentuk cairan di ampul dan bubuk pada botol kecil. Semuanya tanpa registrasi BPOM, 14 berlabelkan huruf Cina. Ramadhan, dokter spesialis bedah onkologi dari Rumah Sakit Dharmais, Jakarta, mengenali dua di antaranya sebagai obat-obatan terapi kemo, yakni Cisplatin dan Carboplatin.

Lalu ada Cinobufutalin. Ramadhan mula-mula tak mengenali ekstrak kulit katak beracun ini. Setelah melakukan penelusuran di Internet, dia terkejut. Ternyata itu sejenis cardiotonic atau tonik jantung. Berfungsi sebagai steroid, obat ini memiliki efek painkiller 200 kali melebihi morfin.

Barangkali inilah penjelasannya mengapa para pasien yang pertama kali diinfus di Harapan Baru langsung tak merasa sakit dan seolah-olah sembuh. “Memang dalam pengobatan kanker, semisal untuk kemo, disyaratkan pasien sefit mungkin. Tapi bukan dengan cara diberi obat steroid,” ucap Ramadhan sambil menggelengkan kepala.
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...adisional-Cina

gila, kenapa yg kayak gini bisa gak tersentuh oleh hukum?

Apakah udah aparat hukum udah dibungkam oleh angpao? emoticon-Gila
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
tcm hanya palsu memberikan harapn palsu ...tidak ada obat hebal nya sama skali...
kakak ipar ku meninggal dunia di bandung menjadi salah korban...

Quote:Original Posted By priyatin
dulu sy belum iso setelah iklan Klinik tong fang ga muncul lagi
sy kini Iso
terima kasih tong fang


wkwkwkwk,, msh ada aja langganan tong fang gini emoticon-Ngakak

Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina
Dari dulu ane antipati sama yg namanya pengobatan alternatif... Ntah mengapa ga pernah orang yg ane kenal bisa sembuh berobat ke alternatif...
ini beritanya beneran nih? knapa gak lapor aparat hukum aja, malah dipublikasi secara aneh kayak gini
Quote:Original Posted By blackdevilsome
ini beritanya beneran nih? knapa gak lapor aparat hukum aja, malah dipublikasi secara aneh kayak gini


bukan nya emang sudah ditutup ya?
Quote:Original Posted By jikaengkauialah
Dari dulu ane antipati sama yg namanya pengobatan alternatif... Ntah mengapa ga pernah orang yg ane kenal bisa sembuh berobat ke alternatif...


ane sembuh tuch, ane terkena degenartif mokula, obatnya cuma 6000 sebungkus, total ane makan ga sampai Rp200.000. Tapi tunggu dulu, siapa dulu sinshenya, kalau ane cari yang berpengalaman dan yang benar benar sudah berumur dan ahli dibidangnya. Mau mencari sinshe yang benar benar pintar maka carilah ke Taiwan dan mainland, tapi ingat cari informasi yang benar, karena yang abal abal atau tau ga sampai 30% pengobatan TCM itu buanyak sekali.
nasibnya sama dgn Klinik tong fang emoticon-Ngakak
Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina
Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina
Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina
Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina
Quote:Original Posted By ifulthesaras


ane sembuh tuch, ane terkena degenartif mokula, obatnya cuma 6000 sebungkus, total ane makan ga sampai Rp200.000. Tapi tunggu dulu, siapa dulu sinshenya, kalau ane cari yang berpengalaman dan yang benar benar sudah berumur dan ahli dibidangnya. Mau mencari sinshe yang benar benar pintar maka carilah ke Taiwan dan mainland, tapi ingat cari informasi yang benar, karena yang abal abal atau tau ga sampai 30% pengobatan TCM itu buanyak sekali.

mas, ane gak tahu soal degeneratif mokula or whatever it is..Tapi kalo keluarga situ ada yg terkena kanker serviks misalnya, apakah masih mau berobat ke sinshe atau TCM? emoticon-Cape d... (S)

Sedangkan org Indonesia sendiri kalo berobat ke luar negeri, berobatnya ke dokter bukan ke sinshe..

Quote:Original Posted By blackdevilsome
ini beritanya beneran nih? knapa gak lapor aparat hukum aja, malah dipublikasi secara aneh kayak gini


beneran broe. ya itulah anehnya, aparat hukum seakan mendiamkan saja klinik semacam ini. Sedangkan kalo dokter atau mantri bikin ulah aja langsung diekspose gede2 an. emoticon-Ngakak

parah y gan,,
makin ngeri aja klo mau berobat,,
semoga masalh ini bisa diselesaikan
Quote:Original Posted By t0t0l

mas, ane gak tahu soal degeneratif mokula or whatever it is..Tapi kalo keluarga situ ada yg terkena kanker serviks misalnya, apakah masih mau berobat ke sinshe atau TCM? emoticon-Cape d... (S)

Sedangkan org Indonesia sendiri kalo berobat ke luar negeri, berobatnya ke dokter bukan ke sinshe..



ini adalah cerita nyata, di taiwan ada yang tumbuh tumor dirahim, perempuan ini mengunjungi sinshe tersebut dan memakan obat tcm sampai tumor itu mengecil sampai ukuran pada posisi (obatnya bukan yang diracik sampai halus, tapi yang bersifat herbal, yg belum di giling). Kemudian baru wanita ini memutuskan untuk mengoperasi dirumah sakit NTU Hospital. Tapi sekali konsultasi tarifnya Rp 600.000. Ga pake tepu tepu gaya Tong fang tuch.

Sekarang susahnya adalh mencari yang benar benar menguasai bahan herbal ini, menurut ane banyak yang abal abal.
Pernah mendengar kalau anak anak demam sampai kedokter bolak balik ga mau sembuh juga, dan akhirnya obat TCM juga yang menurunkan demam panas ini.
pengobatan abal2 emoticon-Cape d... (S)
ngeri bener gan dikasih bahan kimia, mesti ditindak secepatnya noh emoticon-Cape d...
parah!.....
lu olang ga usah kita olang punya klinik pengobatan emoticon-Bata (S)
kita olang ga sembalangan lacik lesep. ada ilmunya dan ada kitabnya yg sudah teljamin libuan tahun sejak lu olang punya buyut masih dicetak
kita olang cm belupaya mengobati sisanya telgantung Tuhan n kemauan lu olang untuk hidup
buluan lu olang sujud minta maaf sm owe
haiyaaaaa
emoticon-Cool
ane pernah gan tapi ke akupunktur gitu, yang nanganinnya sinshe .. pas udah selesai akupunktur, dikasih resep pake tulisan cina (keren juga sih tu resep pake huruf kotak2 gitu emoticon-Malu (S) ), pas ane tebus obatnya ... buseeeet, ane dikasih tumbuh2an sekebon, cara minumnya mesti direbus emoticon-Cape d... (S)
Namanya juga multipurpose medicine, pengobatan serba guna
Mau kanker, darah tinggi, darah rendah, setengah tinggi, setengah rendah, jantung, lemah syahwat, mag, usus buntu, usus bolong, wasir, ambien, muntaber, gagal ginjal, reumatik, anemia, phobia, amnesia, insomnia, dkk

SEMUA BISA DITAMPUNG DEH emoticon-Malu (S)
memang TCM itu kan pengobatan abal2...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ifulthesaras
ini adalah cerita nyata, di taiwan ada yang tumbuh tumor dirahim, perempuan ini mengunjungi sinshe tersebut dan memakan obat tcm sampai tumor itu mengecil sampai ukuran pada posisi (obatnya bukan yang diracik sampai halus, tapi yang bersifat herbal, yg belum di giling). Kemudian baru wanita ini memutuskan untuk mengoperasi dirumah sakit NTU Hospital. Tapi sekali konsultasi tarifnya Rp 600.000. Ga pake tepu tepu gaya Tong fang tuch.

Sekarang susahnya adalh mencari yang benar benar menguasai bahan herbal ini, menurut ane banyak yang abal abal.
Pernah mendengar kalau anak anak demam sampai kedokter bolak balik ga mau sembuh juga, dan akhirnya obat TCM juga yang menurunkan demam panas ini.


Boleh dibantu gan diberi tempat yg recommended unt yg ingin mencoba TCM tersebut ?
Maaf jadi oot emoticon-Shutup