alexa-tracking

Angkot Jakarta Bakal Dihapus?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511a0a7b8327cf464a000003/angkot-jakarta-bakal-dihapus
Angkot Jakarta Bakal Dihapus?


selamat sore BP'ers yang budiman emoticon-Angkat Beer
kali ini ane bikin tread tentang masalah angkot, mari kita diskusikan bareng-bareng di BP ini, emoticon-Wink silahkan disimak beritanya emoticon-Smilie

Quote: Angkot Jakarta Bakal Dihapus?

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berniat menghapus angkot secara bertahap. "Tak boleh lagi ada angkot, secara bertahap harus dihabiskan," kata Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta, Senin, 11 Februari 2013. (Baca: Angkot Sudah Tidak Cocok Lagi)

Menurut dia, Jakarta mendatang hanya ada bus pengumpan. Namun, hal ini belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat lantaran bus milik Pemda belum mencukupi. Sesuai rencana, Pemerintah Provinsi akan membeli 1.000 unit bus. Kemudian, agar sopir angkot tak menganggur, Ahok akan memprioritaskan mereka menjadi sopirnya.

"Jika benar-benar sopir akan terseleksi di sini," kata Ahok. Maksudnya, sopir-sopir "omprengan" atau sopir "tembak" yang tak kompeten akan tersingkir dengan sendirinya. "Yang justru ngeri omprengan-omprengan ini."

Dinas Perhubungan, kata Ahok, kesulitan mengawasi mereka. Soalnya, mobil omprengan tak memiliki tempat parkir resmi atau pool. Ahok juga tak menutup mata soal pilihan warga memilih naik kendaraan umum yang kurang baik. Menurut Ahok, karena bus-bus dengan kondisi baik terbatas jalur dan unitnya. (Baca: Alasan Jokowi Satukan Pengelolaan Angkot)


sumber : [URL=//www.tempo.co/read/news/2013/02/12/083460732/Angkot-Jakarta-Bakal-Dihapus]Tempo.co[/URL]

berita terkait emoticon-Smilie
Quote: Begini Konsep Penghapusan Angkot Jakarta
Angkot Jakarta Bakal Dihapus?
Angkutan umum U 10 jurusan Angke-Sunter di Kantor Samsat Jakarta Barat, Senin (11/2). TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat


TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta berencana menghapus keberadaan angkutan kota untuk untuk menertibkan keberadaan angkutan umum. Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan proses penghapusan tidak benar-benar menghilangkan keberadaan angkot.

"Teknis program ini adalah bagaimana menyesuaikan angkutan dengan jenis jalan yang dilalui," katanya kepada Tempo pada Selasa, 12 Februari 2013. (Baca juga: Angkot Jakarta Bakal Dihapus?)

Jenis jalan ada tiga, yaitu utama, kolektor, dan lingkungan. Jika melihat fungsinya, angkot hanya diperkenankan melintas di jalan lingkungan. Sedangkan bus besar di jalan utama dan bus sedang di jalan kolektor.

"Tapi sekarang lihat saja di Jalan Hayam Wuruk yang seharusnya kolektor, banyak angkot melintas," ia mencontohkan. Sehingga, menurut dia, ke depannya angkot akan diatur untuk jalan lingkungan saja. (Baca juga: Angkot Sudah Tidak Cocok Lagi).

Untuk angkot yang sudah memiliki rute, pemilik akan diberi pilihan. Yakni tidak beroperasi di rute tersebut atau tetap beroperasi dengan syarat menukar angkot mereka dengan bus yang sesuai jenis jalan.

Skemanya, menurut Syafrin, adalah dua banding satu. "Dua angkot ditukar dengan satu bus sedang," ujarnya. Sehingga hal ini, Syafrin menambahkan, tidak akan mematikan para pemilik angkot.

Ia mengatakan, program penataan angkot ini akan dimulai pada akhir tahun 2013. "Pekan-pekan ini akan dilakukan sosialisasi dengan Organda (Organisasi Angkutan Darat)," katanya. Dengan begitu, ada kesepahaman antara pemerintah dan Organda.

Program ini rupanya tidak hanya berlaku bagi angkot. Bus sedang pun harus menaati peraturan ini. Misalkan, pada Jalan Sudirman yang merupakan jalan utama hanya boleh dilalui bus besar. Maka nantinya, pemilik bus sedang harus menukar asetnya dengan satu bus besar jika ingin tetap beroperasi.


sumber : [URL=//www.tempo.co/read/news/2013/02/12/214460749/Begini-Konsep-Penghapusan-Angkot-Jakarta
]Tempo.co[/URL]

komen : tehnologi semakin canggih, begitu juga dengan transportasi. kalo misalnya angkot-angkot yang terkenal karena suka ngetem dan suka ugal-ugalan dan terkenal karena sering terjadi kasus kejahatan didalamnya, kalo bisa diganti atau dialihkan ke transportasi lain yang lebih baik kenapa ngga emoticon-Angkat Beer

Baca lagi Angkot Jakarta Bakal Dihapus?

Quote: Angkot Sudah Tidak Cocok Lagi

Angkot Jakarta Bakal Dihapus?

TEMPO.CO, Jakarta - Terus berkembangnya sarana transportasi massal yang lebih canggih semakin menyingkirkan keberadaan sarana angkutan kota (angkot) di wilayah DKI Jakarta. Rencana penghapusan angkot secara bertahap pun banyak disetujui warga. “Memang sebenarnya orang Indonesia itu sudah tidak cocok naik angkot, badannya sudah semakin tinggi,” ujar pengamat tranportasi publik Djoko Setijowarno, Selasa, 12 Februari 2013.

Tingginya beban operasional angkot akibat usia kendaraan yang sudah uzur menyebabkan pengusaha membebankan seluruh biaya tersebut pada jerih payah sopir di lapangan. Sopir yang seharusnya mendapatkan gaji karena berbadan hukum, justru harus banting tulang menutupi setoran tanpa mengindahkan keselamatan penumpang.

Saat ini, sebagian besar pengusaha angkot menggadaikan badan hukum perusahaannya untuk mendapatkan cicilan lembaga keuangan, sementara beban operasional diserahkan sepenuhnya kepada sopir. “Mereka ugal-ugalan, saling salip hanya untuk mendapatkan penumpang di jalan,” kata dia.

Dengan semakin berkembangnya tingkat kualitas hidup rakyat Indonesia, Djoko menilai sudah selayaknya sarana transportasi angkot diganti dengan jasa transportasi yang lebih besar dan fasilitasnya menunjang seperti peremajaan Kopaja, feeder busway, hingga sarana busway. “Coba perhatikan orang Indonesia saat ini, rata-rata mereka kesulitan kalau menggunakan angkot. Tinggi tubuhnya sudah berubah,” ujarnya.

Akibatnya, tidak mengherankan, jumlah penumpang angkot terus berkurang, sementara angkutan lebih besar seperti Kopaja, feeder busway, hingga busway menjadi buruan warga selanjutnya. “Wajar mereka berpindah, sebab kualitasnya begitu-begitu saja,” kata dia.

Untuk menutupi kekurangan angkot, ia berharap pemerintah bisa mengoptimalkan keberadaan bajaj atau kendaraan sejenis yang lebih ramah lingkungan dan bisa menjangkau permukiman warga. “Kan bisa dengan bajaj atau sejenisnya yang lebih kecil,” ujarnya.


sumber : [URL=//www.tempo.co/read/news/2013/02/12/064460725/Angkot-Sudah-Tidak-Cocok-Lagi]Tempo.co[/URL]

Quote: komen dari BP'ers emoticon-Cool
Quote:Original Posted By PenggilaMudik
Ane setuju angkot dihapus dan digantikanemoticon-2 Jempol
lagian angkot kurang nyaman udah gitu sopirnya ugal-ugalan, dan yang paling ngeselin adalah ngetem sembarangan yang menyebabkan macet yang panjangemoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)


Quote:Original Posted By NinjaJiraiya
ya baguslah klo mw dihapus
supir angkot kalo udah ketemu rekan trakyek yg sama..
jalan raya yg padat pun terasa sirkuit bro emoticon-Ngakak (yeah, you know what i mean lah) emoticon-Big Grin

sekalian juga motor bebek dan mobil kaleng krupuk juga ikutan dihapus aja emoticon-Ngakak
ya semoga rencana ini gak dijegal sama mafia otomotif jepang.. emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By k13m
bukan angkotnya yg bikin salah tapi YANG SALAH YANG NGASIH IJIN TRAYEKNYA!. Harusnya yg ngasih ijin trayek ada studi kelayakannya dong, untuk rute ini kira2 berapa jumlah penumpangnya terus dihitung untuk jumlah penumpang sekian berapa angkot yg dibutuhkan. Tp sekarang kan ngga ada tuh pertimbangan spt itu. Ijin keluar terus krn merupakan lahan duit yg subur, akibatnya angkot ribuan pd dpt ijin tp ngga ada penumpang sehingga angkot pada suka "ngetime" nunggu penumpang. Ini yg bikin jalanan macet. Jangan2 ini juga permainan para produsen mobil, krn banyak angkot baru dg mobil2 baru tp angkot yg mobilnya udah tua2 tetep keluar juga bukannya dijadiin besi tua aja.


Yang Kontra emoticon-Metal:
Quote:Original Posted By mandi.darah
gue agak kurang setuju sama ide nya koh ahok.
dimana angkot masih di perlukan unutk transportasi yang murah dan efisien

kalo soal macet dan ugal ugalan,harusnya motor yang di kurangi di jakarta ato di buat peraturan bahwa motor hanya bisa di gunakan sabtu ato minggu emoticon-Big Grin

kalo ada rencana koh ahok mendatangkan bus sampe 1000 unit,coba koh ahok pikir,penyeleksian supirnya nanti gimana koh ahok??

karna sebagian besar supir angkot di jakarta menggantungkan hidup dari nyupir angkot,,kasihan mereka pak..


Quote:Original Posted By priyaatin
GUA LEBIH SETUJU MANAGEMEN ANGKOT DIBAGUSIN BUKANNYA ANGKOT NYA DIHAPUS !!!

KALO PERLU MANAGEMEN ANGKOT PAKE SISTEM MANAGEMEN BLUE BIRD TUH !!!
JARANG BANGET BLUE BIRD KENA KOMPLEN !!!



kalo ada yang tanya
" Terus gimana dong nasib sopir angkotnyaemoticon-Bingung (S) " ane jawab : berarti agan belum baca semua isi tread ini,. silahkan kembali baca tread ini secara lengkap

Angkot Jakarta Bakal Dihapus?
terimakasih yang sudah ngasih TS abu-abu
kalo ada yang mau ngasih ijo-ijo TS menerima emoticon-Wowcantik
edit, eh ternyata ada yang ngasih ijo-ijo. haturnuhun emoticon-I Love Kaskus (S)
Angkot Jakarta Bakal Dihapus?
Setujuh kota metropole seperti jakardah udah seharusnya dihapus angkot kopaja metro ama motor bebekemoticon-Ngakak
idenya boleh jg tuh tp pasti ada kontroversi nih gan ujung2nya emoticon-Ngakak
Sebenernya yang salah bukan angkotnya, tapi supirnya. (Kecuali kalo angkotnya itu transformer). Tapi kalau program itu untuk kebaikan masyarakat bersama saya mah dukung aja karena saya juga angkoters. emoticon-Ngakak
semoga terwujud emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By demonmaxx18
idenya boleh jg tuh tp pasti ada kontroversi nih gan ujung2nya emoticon-Ngakak


kalo kontroversi di setiap perubahan sistem itu pasti ada gan emoticon-Peace
iya..baguslah.drpd bikin kasus mulu,bikin macet mulu
ntar sopir-sopir "omprengan" atau sopir "tembak malah yg bikin rusuh krn gak ada pekerjaan lagi
Quote:Original Posted By Ojousama
Sebenernya yang salah bukan angkotnya, tapi supirnya. (Kecuali kalo angkotnya itu transformer). Tapi kalau program itu untuk kebaikan masyarakat bersama saya mah dukung aja karena saya juga angkoters. emoticon-Ngakak


Bener banget gan, angkotnya sih kagak salah tapi supirnya yang salah.
semoga ketemu jalan keluar yg baik
biar lebih aman buat penumpang

emoticon-Big Grin
Wah.. pasti boss poltak nuambah geumas inie angkotnya si poltak mau di tendang.
Bah... macam mana pulak ini. emoticon-Stick Out Tongue
para bouzz angkcot pasti muarah beesaarr emoticon-Big Grin
ane setuju gan. lebih tertib ma lebih profesional.
btw ane terbesit cara seleksi para sopir2 angkot yang mau masuk di program ini gimana ye.???
pasti banyak yang jadi sopir angkot "dadakan" trus misalnya gak lolos seleksi trus mewek2..

emoticon-Ngakak
semoga bisa terwujud, dengan tidak adanya angkot indonésia bisa mengikuti negara2 tetangga yg lebih maju, ini salah satu upaya menata lalu lintas yg baik. nice info .
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
setuju aja gua
segera adakan monorail
Angkotnya ndak salah yang salah mah tetep pelaku kriminalnya
Moga moga langkah ini bisa menjadi tekanan terhadap sopir angkot ya
Setuju, angkot sudah tidak cocok utk angkutan di kota" besar khususnya kota dgn jmlh penduduk yg sangat banyak

Kapasitas angkutnya sedikit, bentuknya tidak ergonomis (harus bungkuk pas masuk dan tingginya sudah tidak cocok utk penduduk indonesia saat ini yg mulai bertumbuh tinggi) belum lagi mengganggu ketertiban lalu lintas (yg ini sih kaskuser jg dah pada tau kan)
Mengandalkan angkot , hanya telat yg didapat
seharusnya angkot itu dikelola oleh badan usaha, kan selama ini angkot bisa dimiliki per-orangan... kalo dikelola oleh badan usaha jadi agak mudah untuk mengawasinya.. kayak manajemen taksi burung biru gitu deh gan..
Setuju, maka angkot hanya akan melayani linkungan perumahan saja menuju jalan kolektor..., tapi mohon dipikir juag utk para sopir yang kehilangan mata pencaharian (mudah2an tidak ada)... agar tidak menimbulkan dampak sosial baru.....

Goodluck... emoticon-Jempol