alexa-tracking

Ini Solusi Pencegahan Kriminalitas di Angkot

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5119b246e374b47b1700000f/ini-solusi-pencegahan-kriminalitas-di-angkot
Ini Solusi Pencegahan Kriminalitas di Angkot
Selasa, 12 Februari 2013 08:53 wib

JAKARTA – Kesekiankalinya tindakan kriminal di dalam angkutan kota (angkot). Melihat kenyataan ini, sudah harusnya pemerintah segera melakukan pembenahan manajemen angkutan umum.

“Sering terjadi kekerasan di angkutan umum itu sudah harusnya manajemen angkutan umum segera dibenahi,” kata Yayat saat dihubungi Okezone, Selasa (12/2/2013).

Dia menjabarkan, manajemen angkutan umum saat ini yang sistem kejar setoran harus segera diubah dari pemikiran para sopir angkutan umum. Selain itu, perlu ada pembinaan untuk sopir angkutan umum tentang pelayanan dan etika menghadapi penumpang.

“Di Jakarta ini kan orentasinya uang, bagaimana dia kejar setoran, mau penumpang yang salah engga ada pikiran. Harusnya ada pembinaan, soal pelayanan dan etika. Ada keramahan dari sopir angkutan umum, ada interaksi antara sopir dan penumpang. Minimal sang sopir menanyakan tujuan sang penumpang. Ke depan, suatu saat sopir bisa digaji, kalau pendekatan setoran bukan saatnya lagi lah.” jelasnya.

Tidak hanya itu, Yayat melanjutkan untuk setiap rute yang dilalui angkutan umum juga perlu dicantumkan di dalam angkutan umum tersebut. Dengan begitu, penumpang bisa mengetahui jalur-jalur yang dilalui angkutan tersebut dengan harapan warga yang ingin menuju suatu tempat mengetahui kemana saja angkutan tersebut melintas.

Selain itu, perlu juga dibuatkan posko-posko informasi di setiap informasi untuk tempat bertanya kepada para penumpang yang tidak tahu trayek.

“Dishub juga harusnya buat posko pelayanan di setiap stasiun atau terminal untuk memberikan informasi, atau paling tidak dituliskan rutenya di setiap angkutan agar orang menjadi tahu jalur mana yang dilalui,” jelasnya.

Kebijakan untuk pencegahan tindakan kriminal terjadi di angkutan umum juga sudah beberapa kali dilakukan, di antaranya dengan memberikan pengenal berupa seragam kepada angkutan atau membuat kaca film mobil angkutan agar tembus pandang dari luar.

Kebijakan-kebijakan ini, kata Yayat kurang berjalan lancar. Pasalnya, Dishub yang mengurusi hal tersebut tidak memiliki kekuatan untuk melakukan tindakan.

“Kelemahannya itu di pengawasan di lapangan, Dishub hanya bisa mengingatkan, tidak punya power untuk melakukan tindakan, karena pelanggaran tilang itu kan urusan polisi,” jelasnya.

Karena itu, dia menegaskan kembali perlu pembenahan manajemen angkutan umum ini. Sopir harus terdaftar secara tepat agar bisa teridentifikasi semua perilaku sang sopir.

“Yang pasti identitas sopir harus jelas, harus teregister dan tercatat, walau angkutan umum dikelola perseorangan, tidak masalah asalkan bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya.
(sus)
sumber okezone

gw setuju harus dicantumin keterangan rute mana yg dilalui dgn lengkap. baik di dlm angkot/dihalte.lebih bagus lagi klo dibagikan gratis brosur rutenya,
mungkin perlu juga kewenangan kusus utk dishub kali ya.smoga terlaksana.
si penumpang juga harus bisa baca trayek si angkot juga, setidaknya kalo punya mulut juga bisa dipake buat nanya ke tukang angkot kalo ga tau arah emoticon-Embarrassment
makanya udah angkat supir angkot jadi PNS atau istilahnya dibayar negara gajinya, ambil alih angkot2 dari bos angkot gitu namanya emoticon-Ngakak (S), ngga ada itu namanya kejar setoran kalau dah dibayar negara, trus gratisin angkot biar menarik minat penumpang supaya pake angkot ngga pake kendaraan pribadi, udah mengurangin macet kan. kalau angkot gratis otomnatis supir ga pegang duit penumpang, trus preman2 di terminal ga bisa minta duit ke supir karena emang ga bawa duit, mengurangin preman juga kan.

duh banyak banget untungnya kok ga dijalanin, kalau mau itung2an rugi seperti kata koh ahok bilang, "pelayanan masyarakat kok lihat untung rugi"
KASKUS Ads
skg ini angkot angkot jadi ga aman

emoticon-Hammer2
image-url-apps
gagal pertamax deh
Quote:


Idenya bagus sih gan, tapi kalau kagak mau untung, duit buat operasi angkot darimana gan?
Kalau jawabannya dari pajak ... udah habis buat dikorupsi oleh oknum tak bertanggung jawab.
sengaja dibiarin angkot carut marut,biar masyarakat beli motor/mobil supaya mafia otomotif jepun laknad jualannya laku emoticon-Big Grin
gue liat di reportasi investigasi pengamen yg suka orasi make embel2 silet didata duank ama polishit emoticon-Big Grin
mungkin bagi polishit nangkepin sampah kek gitu ga ada duitnya kale makanya dibiarin berkeliaran di jalanan dan angkot2 emoticon-Big Grin
Quote:


stupid !!! emoticon-fuck
ini bukan lounge dul
Semoga ada yg jual Hidden Blade si Altair , jadi semua orang bisa membela diri emoticon-Big Grin
Spoiler for Cool:
ketegasan pemerintahlah yang bisa mengatur semua ini. tanpa ketegasan beginilah jadinya....oh indonesiaku....
Quote:


apbd tuh gede gan, apalagi jakarta. angkot juga ga seberapa banyaknya, bikin anggaran untuk peremajaan angkot, ngga perlu pake ac lah, yg penting aman, nyaman, tepat waktu, itu alasan orang buat milih naek angkot daripada kendaraan pribadi.

masalah terbsesar perbaikan transportasi umum itu pengusaha otomotif, kalao jokowi ama ahok berani bikin gebrakan nantang pengusaha otomotif dengan cara angkot bener2 dipikirin, itu bakalan ngurangin macet secara signifikan, mungkin jokowi ama ahok bakalan dimusuhin ama pengusaha otomotif, tapi itu sebanding dengan kecintaan masyarakat apabila macet benar2 teratasi.

dan gw berharap ga cuman dijakarta doang tapi diseluruh daerah di indonesia.

urusan mengurai macet ga bisa cuman teori tapi kudu praktek emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


bagus gan idenya, smoga yg berwenang dengar suara ente, dan direalisasikan
Semoga sistem yang sedang dibenahi bisa memberikan efek positif langsung untuk masyarakat. Permasalahan angkot ini memang rumit. Namun, optimis pasti semuanya bisa diarahkan ke arah yg lebih baik. emoticon-Big Grin
Ane setuju banget kalau sistem setoran dihapuskan

Sistem itu yang bikin sopir angkot ugak-ugalan kejar setoran emoticon-Hammer
image-url-apps
sdh ilfil gw sama yg namanya angkot...
klo emg ada solusi utk bubarin angkot mndingan dibubarin...
tp jgn smp supir dll tdk dikaryakan
Quote:


gw perna liat diluar negeri dibuat bumn yg kusus transportasi aja. langkah jokowi bner harus jd 1 manajemen di berita laen.klo gratis resiko ga bisa nutup biaya operasional.klo ga mo bawa duit ya tiru sistem bayar transjakarta pake kartu emoney di tiap angkot.
Quote:


Wew, semoga aja pemerintah mau mengeluarkan APBD buat angkot.

Tapi hal tersebut nggak ngebahas masalah kemanan lho gan, kan ada tuh preman2, pengamen, pengemis naik ke angkot. Itu gimana cara ngatasinnya gan?
Quote:


makanya angkot dibuat nyaman, dengan pintu tertutup, kemarin di bandung ada bus ac dalam kota, gw naek nyaman banget, ada ac, aman, dan tepat waktu, ngga nunggu penumpang penuh jalan terus ngga pake ngetem, supirnya juga ramah, pakai baju dinasi + dasi, enak lah liatnya preman, pengamen, dan pengemis juga enggan dan sungkan naeknya, kalaupun ada yg naek sopir ama kondekturnya langsung nyuruh turun emoticon-Big Grin

pokoknya waktu itu motor gw nganggur dirumah, paling dipakai kalau malam yg notabene emang ga ada kendaraan umum lewat jam 10 malem. temen2 gw juga lebih milih naek bus itu ke tempat kerja walupun bayar ga gratis

dan kelakuan oknum bajingan akhirnya mereka (pengamen, pengemis, dll) juga naek lagi. entah dibayar berapa oknum itu ama bos preman emoticon-Cape d... (S)
solusinya adalah serahkan ke pihak berwajib emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Solusinya bawa TOA biar kalo teriak kedengeran kemana2. emoticon-Big Grin
×