alexa-tracking

kinerja jokowi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5118c060552acf2262000000/kinerja-jokowi
kinerja jokowi
jakarta,11 februari 2013
Yth.kaskus

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

JAKARTA sebagai ibukota negara Indonesia seharusnya memberikan contoh yang baik bagi kota-kota lain, terutama dalam hal pengelolaan transportasi umum. Terutama bus kota, Kopaja, Metromini dan semacamnya. Selama ini mereka berhenti di mana saja, menaikkan dan menurunkan penumpang di mana saja, yang berakibat menambah kemacetan lalu lintas. Kondisi kendaraannya juga sudah banyak yang tua, kursi jebol dan pelayanan yang buruk. Pantaslah, banyak warga Jakarta yang akhirnya memilih menggunakan mobil pribadi atau motor pribadi dibandingkan naik transportasi umum yang pelayanannya secara umum masih buruk.

Idealnya, semua bus kota, Kopaja maupun Metromini meniru manajemen bus TransJakarta. Antara lain lantai bus yang tinggi dan lantai halte yang juga setinggi lantai bus TransJakarta. Oleh karena itu secara bertahap bus kota, Kopaja dan Metromini juga perlu diremajakan dan diganti dengan yang laintainya tinggi dan bisa dilakukan dengan cara memodifikasi. Dengan kata lain, contohlah bus mini TransYogya yang mirip bus TransJakarta. Dengan demikian semua halte di Jakarta juga harus direnovasi, ditinggikan dan berada tepat di pinggir jalan. Bisa juga dibangun halte mini yang hanya memuat beberapa orang saja. Jika memungkinkan, perlu juga kota-kota penyangga memiliki bus TransBogor, TransDepok, TransTangerang, dan TransBekasi dengan tarif sama dengan TransJakarta dan menghubungkan kota-kota penyangga dengan Jakarta dan menyambung dengan halte yang merupakan jaringan TransJakarta.

Jika semua transportasi umum di Jakarta mempunyai pola yang sama, yaitu berlantai tinggi dengan halte yang berlantai tinggi pula, maka semua transportasi umum akan menaikkan dan menurunkan penumpang di halte. Sedikit banyak bisa mengurangi kemacetan lalu lintas. Saya yakin Jokowi-Ahok sebagai gubernur dan wakil gubernur baru, sudah memikirkan semua hal yang berhubungan dengan transportasi umum. Semoga Jakarta benar-benar berubah menjadi lebih baik.

aaffi arviansyah
jln galur sari.
matraman.jakarta timur
Masih kepentok aturan hibah. makanya mau ambil alih PPD dan menyatukan kopaja, metromini mungkin angkot dalam satu manajemen. Sehingga dana hibah tidak melanggar UU. Sabar. Semoga PPD bisa diambil dan diperbaiki ujungnya memperbaiki angkutan masal tinggal mengurangi kendaraan pribadi secara alami.