alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kecubung Lebih Berbahaya daripada Khat dan Ganja
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51188d36ea74b4f240000008/kecubung-lebih-berbahaya-daripada-khat-dan-ganja

Kecubung Lebih Berbahaya daripada Khat dan Ganja

Dibandingkan dengan Tanaman Khat (Catha Edulis) dan Ganja

Kecubung Lebih Berbahaya

SOREANG (GM) - Bagi mereka yang suka mabuk minuman keras (miras) atau pengguna narkoba, tentunya pil koplo, ekstasi, inex, sabu-sabu, ganja hingga minuman beralkohol, sudah tidak asing lagi, bahkan sudah menjadi konsumsi rutin.
Bagi pecandu yang berkantong tebal, narkoba atau miras yang digunakannya pun pasti bermerek dan harganya mahal. Tapi bagi yang berkantong pas-pasan, miras oplosan atau obat sakit kepala yang dicampur minuman suplemen menjadi pilihan. Bahkan belakangan ditemukan narkoba jenis baru yaitu khat seperti yang digunakan selebriti Raffi Ahmad.

Setelah kasus pesta narkoba yang melibatkan Raffi Ahmad, tanaman liar jenis khat (Catha edulis) yang banyak terdapat di sekitar Bogor itu pun menjadi pusat perhatian. Padahal sebelumnya warga sama sekali tidak mengetahui kalau tanaman itu mengandung zat sejenis narkoba. Begitu pula ketika ganja belum dikategorikan sebagai salah satu jenis narkoba yang dilarang, warga Aceh sering memanfaatkannya sebagai lalapan atau rempah-rempah.

Terlepas dari khat dan ganja, sebenarnya ada tanaman lain yang lebih membahayakan ketimbang khat atau ganja, yakni kucubung (kecubung). Tanaman yang memiliki bunga menyerupai lampu lampion dan terompet ini banyak tumbuh di dataran tinggi Bandung Selatan. Tanaman ini biasa tumbuh secara liar di pinggir sungai, pekarangan rumah warga, kebun, dan kawasan hutan. Pokoknya tanaman yang memiliki daun lebar ini bisa tumbuh subur di daerah sejuk dan lembab.

"Masyarakat tidak sengaja menanam kucubung, karena tumbuh sendiri. Memang kucubung ini termasuk tanaman liar yang banyak ditemui di daerah dataran tinggi seperti Rancabali, Ciwidey, Pangalengan, Kertasari, Ibun, dan Pasirjambu," kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Bandung, Tisna Umaran di Soreang, Rabu (6/2) lalu.

Selain di dataran tinggi, kecubung yang memiliki nama latin Datura metel L ini pun banyak tumbuh di dekat daerah aliran sungai. Menurut Tisna, tanaman kecubung sebenarnya sejenis tanaman hias karena bunganya tergolong unik mirip lampu lampion yang menggantung.

"Masyarakat sudah mengetahui bahwa kecubung itu mengandung zat berbahaya yang bisa memabukan, namun dibiarkan saja tumbuh tanpa dimafaatkan daun maupun bunganya. Orang membiarkan tumbuh karena terpesona dengan keindahan bunganya," ujar Tisna.

Belum ada larangan

Meski sudah diketahui bila daunnya bisa memabukkan, lanjut Tisna, belum ada larangan dari pemerintah maupun aparat penegak hukum untuk memberantasnya. Karena jenis tanaman yang satu ini belum dimasukan sebagai tanaman jenis narkotika.

"Terus terang saya tidak mengetahui kandungan zat yang ada pada kecubung. Namun yang jelas apabila disalahgunakan bisa memabukkan," tandasnya.

Sedangkan dalam situs Ilmu Pengetahuan dan Teknologi disebutkan bahwa kecubung mengandung senyawa kimia alkaloid. Senyawa jenis ini terdiri atas atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholinergik. Kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

Sementara itu, tanaman kecubung setinggi lebih dari 2 meter terlihat di dekat Masjid Al-Muslimun di Kampung Cibogor RT 03/RW 08 Desa Pamekaran, Kecamatan Soreang. Kecubung yang tumbuh subur ini memiliki bunga berwarna kekuning-kuningan.

Ketua DKM Masjid Al-Muslimun, Aay Mulyana mengatakan, warga Kampung Cibogor sudah mengetahui bahwa kecubung termasuk tanaman yang bisa membuat orang mabuk. Tanaman itu dibiarkan tumbuh karena bunga, daun, dan pohonnya memberikan kesan estetika di lingkungan sekitar masjid.

"Warga paham betul bahwa kecubung ini bisa memabukan bila disalahgunakan. Meski begitu, kami tetap membiarkannya terus tumbuh bukan karena daunnya akan digunakan sebagai sayuran untuk mi instan apalagi dicampur dengan tembakau sebagai rokok, tapi semata-mata buat keindahan saja. Saking berbahayanya kecubung, orangtua dulu sering mewanti-wanti jangan sampai weureu kucubung. Sebab weureu kucubung bisa lebih berbahaya ketimbang ganja," kata Aay.

Gangguan jiwa

Beberapa tahun ke belakang, katanya, seorang warga Soreang memakai daun kecubung yang dicampur rokok. Entah karena kondisi fisiknya tidak kuat atau faktor lainnya, yang jelas pria malang itu weureu kucubung sangat parah hingga mengalami gangguan jiwa.

"Kejadian itu semakin membuat warga tidak berani menyalahgunaan kecubung. Jadi, sudah saatnya kecubung juga dikategorikan sebagai tanaman berbahaya yang dilarang digunakan," ujarnya.

Kecubung, lanjut Aay, dimanfaatkan warga untuk mengobati penyakit kutil dan mata ikan. Dia memiliki pengalaman pribadi ketika kakinya terkena penyakit mata ikan dan diobati dengan bunga kecubung. Hasilnya ia bisa sembuh.

"Saya dianjurkan dokter untuk mengobati penyakit mata ikan dengan bunga kecubung. Caranya sangat sederhana, bunga kecubung ditempelkan ke bagian kaki yang terkena mata ikan. Biar tetap menempel, bisa ditutup dengan perban atau plester. Setelah beberapa hari, kulit mata ikan yang tebal terkelupas dengan sendirinya," paparnya.
(B.104)**

GM


Kecubung Lebih Berbahaya daripada Khat dan Ganja

Kecubung Lebih Berbahaya daripada Khat dan Ganja

Kecubung Lebih Berbahaya daripada Khat dan Ganja








NB: silakan search efek Kecubung di KasKus, ada satu di forum Pictures
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 17
Lhaah, emangnya khat udah ada yagh di Indonesia?
Quote:


di Puncak, Cisarua, sama Banyumas udah berhektar lahan Khat dimusnahin mas broww
Post ini telah dihapus oleh blue_danube

Kecubung Untuk Gitting

Bener banget tuh, ane dah pernah liat secara langsung temen make daun kecubung zaman msh kuliah taon 93 diwilayah pengalengan, dulu karna nyari cimeng msh mahal n agak susah diBandung, akhirnya mereka yg dah lama sakau & tau pd ngebakar daun kecubung, hasil gitting nye lebih parah dari cimeng emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Kl tetangga ane dulu bijinya buat rujakan gan,dijamin deh 3hr jd orang gila
Quote:


walah mantap ternyata
iya gan kecubung lebih parah daripada ganja.

kaka ane aja dicekokin air rebusan kecubung ga bangun 3 hari emoticon-Takut
Diubah oleh nerrow
kecubung emoticon-Jempol lebih hebat dr ganja..pernah nyoba dl, hbs nyobain 2hr masuk ugd
temen ane makan telor dadar yg dicampur sm biji kecubung gan.....efekny 3hr teler kyk orang gila,2hr tidur kyk org mati....
Solusi murah buat yg kantongnya pas2an.
Efeknya, tanggung sendiri. emoticon-Ngakak
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



mantap nih suhu suhu berpengalaman
gue belom berani gan tapi penasaran emoticon-Ngakak


11 12 sama miras oplosan kali yah
Jd pengen nyoba emoticon-Ngakak emoticon-Peace
Quote:

Quote:

Quote:

Perlu dicoba tuh...
emoticon-Ngakak
Perlu sosialisasi ke masyarakat nih..
terkadang banyak masyarakat dengan keterbatasan pengetahuan,.
tidak tau jenis tumbuhan seperti apa yang berbahaya..
Quote:


kemana aja kaka, tengoklah puncak, cari teh arab.. emoticon-Malu (S) itulah khat..
ada yang jauh lebih parah dari kecubung, namanya baygon
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
kecubung dari jaman Wiro Sablenk udah dipake , ha ha emoticon-Ngakak
bermain dengan maut nih
inget jaman sd.. ngerjain temen pake kecubung.... tepar lah seharian dia emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 17


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di