alexa-tracking

Alasan Jokowi Satukan Pengelolaan Angkot

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5118787d1dd719d935000001/alasan-jokowi-satukan-pengelolaan-angkot
Alasan Jokowi Satukan Pengelolaan Angkot

selamat siang agan-agan, salam hangat terdahsyat untuk agan-agan
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Alasan Jokowi Satukan Pengelolaan Angkot

Quote: Senin, 11 Februari 2013 | 10:10 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan pengambilalihan Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) bisa menjadi salah satu solusi agar angkutan Ibu Kota lebih aman. Menurut dia, PPD nantinya akan menjadi perusahaan pengelola angkutan di Jakarta.

"Supaya pengelolaannya satu atap agar pengawasannya lebih mudah," kata dia kepada wartawan, Ahad, 10 Februari 2013. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengambil alih badan usaha milik negara itu agar Metromini, Kopaja, serta angkot di Jakarta memiliki pool yang pasti. Saat ini kebanyakan angkutan itu tak memiliki pool resmi.

"Kalau sudah ada pool, pengawasannya akan mudah, baik terhadap sopir maupun kondisi mobil," kata Jokowi. Untuk memastikan keamanan penumpang, "Tidak akan ada lagi itu sopir tembak."

Soalnya, sudah beberapa kasus kecelakaan dan kejahatan terjadi di angkutan umum. Kasus teranyar adalah meninggalnya seorang mahasiswi akibat meloncat dari angkot yang keluar rutenya di Jakarta Barat, pada Sabtu, 9 Februari 2013.

Dia mengatakan tak akan mundur dari rencana pengambilalihan PPD meski dikritik Dewan Transportasi Kota Jakarta. PPD dinilai memiliki utang sekitar Rp 150 miliar yang nantinya harus ditanggung Pemprov DKI. "Ini masalah pelayanan dan keamanan masyarakat. Soal utang dan aset itu bisa kita itung," katanya.

Keberadaan PPD sebagai milik Pemprov DKI, menurut Jokowi, akan membuat pengelolaan angkutan umum lebih terawasi. "Sekarang itu manajemennya ribuan, tidak teratur, dan tidak mungkin diawasi dengan baik meski sudah ada razia," ujar Jokowi.

ANGGRITA DESYANI

[URL=//www.tempo.co/read/news/2013/02/11/083460459/Alasan-Jokowi-Satukan-Pengelolaan-Angkot
]sumber[/URL]


patut ditiru untuk daerah-daerah lainnya emoticon-Cendol (S)

baca juga emoticon-Smilie
Quote: Jokowi Akan Satukan PPD, Metromini, Kopaja, dan Bajaj

JAKARTA,
[URL=//megapolitan.kompas.com/read/2013/02/11/11552287/Jokowi.Akan.Satukan.PPD.Metromini.Kopaja.dan.Bajaj?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp
]sumber[/URL]
— Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menyatukan Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) bersama Kopaja, Metromini, dan Bajaj. Hal itu akan ia upayakan setelah PPD resmi menjadi kepemilikan Pemprov DKI dengan berstatus badan usaha milik daerah (BUMD).

"Setelah PPD jadi milik Pemprov DKI, akan menjadi satu payung hukum Kopaja, Metromini, dan Bajaj," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu di Balaikota Jakarta, Senin (11/2/2013).

Upaya perubahan PPD menjadi BUMD dan upaya penyatuan payung hukum itu, kata Jokowi, sudah disetujui oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Menurut dia, selama belum ada manajemen yang membawahi angkutan-angkutan tersebut, maka sistem regulasinya tak akan terstruktur.

"Bagaimana membina sopir, cek seragam dan ID-nya. Kalau enggak satu manajemen bagaimana. Itu makane, ingin kami ambil alih karena berpuluh tahun tidak selesai-selesai," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, ia juga sudah melayangkan surat ke Kementerian BUMN untuk meminta PPD dialihkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Iya, suratnya sudah kami layangkan ke Kementerian BUMN," kata dia.

Meski sudah melayangkan surat ke Dahlan, Jokowi belum mendapat tanggapan khusus terkait hal tersebut. Sekadar catatan, Kementerian BUMN menginginkan PPD dilikuidasi.

Aset milik PPD akan diambil alih oleh Perum Damri dan aset berupa tanah akan dilelang. Proses likuidasi diharapkan bisa terjadi pada akhir tahun.

Pemprov DKI Jakarta pun berkeinginan mengakuisisi Perum PPD. Pertimbangannya, PPD memiliki aset yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perhubungan transportasi dan pengadaan jalur-jalur transportasi yang dilalui bus transjakarta. PPD tercatat mempunyai aset berupa tanah seluas 4,1 hektar di Ciputat dengan nilai jual obyek pajak (NJOP) mencapai Rp 6,15 triliun. Aset lain berupa tanah di kawasan Halim Perdanakusuma seluas 6 hektar seharga Rp 10,2 triliun.
gw nunggu ada bumn khusus untuk transportasi kaya angkutan umum emoticon-Big Grin. suatu saat para supir angkutan umum dibayar pemprov, mobilnya juga dibikin aman, nyaman, dan tepat waktu.

banyak lah untungnya salah satu yang paling dominan nanti itu mengurangi kemacetan emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By Private.Indo
gw nunggu ada bumn khusus untuk transportasi kaya angkutan umum emoticon-Big Grin. suatu saat para supir angkutan umum dibayar pemprov, mobilnya juga dibikin aman, nyaman, dan tepat waktu.

banyak lah untungnya salah satu yang paling dominan nanti itu mengurangi kemacetan emoticon-Cendol (S)


Gak baca berita, itu PPD belum Damri, trus PT KAI gimana?itu BUMN semua dan khusus semua atau mo ditambah Pelni, Garuda?

Tapi emang mestinya berbentuk Badan hukum biar gampang ngaturnya, kalau dibiarkan terbuka rawan banget. Dan kalau mau kasih subsidi gampang. Gak seperti sekarang rempong ....
hebat gannnnnnnnn emoticon-I Love Indonesia (S)
Usul Pakdhe....!!

Angkotnya diganti bus tanggung semodel TransJogja, pake AC dan WIFI.

Sopirnya dibuat semodel dengan TransJakarta, pake satpam di dalam angkot

Ada rute khususnya yang nyambung sama jalur Busway dan tidak boleh berhenti sembarangan

Sistem ticketingnya disamakan dengan TransJakarta dan dijadikan satu, jadi kalau turun dari Angkot naik TransJakarta kagak usah bayar lagi.
Ini memang beresiko tapi lebih banyak manfaatnya untuk masa mendatang... emoticon-Kiss

Kalau angkutan umum dikelola perorangan maka akan semakin sulit untuk pengaturannya...
Turut berdukacita para supir panasbungemoticon-Berduka (S)
Kayaknya bakal banyak yang protes karena periuk nasi-nya bakal keganggu emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By polkmn


Gak baca berita, itu PPD belum Damri, trus PT KAI gimana?itu BUMN semua dan khusus semua atau mo ditambah Pelni, Garuda?

Tapi emang mestinya berbentuk Badan hukum biar gampang ngaturnya, kalau dibiarkan terbuka rawan banget. Dan kalau mau kasih subsidi gampang. Gak seperti sekarang rempong ....


emang angkot dah dikoordinir ama bumn? yang bikin macet dijalan kan masalah terbesarnya kendaraan bermotor, mobil, motor, ada gitu macet dijalan akibat kapal, kereta api, dan pesawat? emoticon-Cape d... (S) karena pada ga mau pake angkot emoticon-Nohope
ini yang ane tunggu,
uda muak ane tiap hari naek angkot gilak, ngetem mulu, supirnya ngga pernah disekolahin mulutnya, ugal2an, tarifnya sesuka hati, bau rokok dan kendaraannnya ngga laik jalan banget, naek angkot rasanya sama kayak naek besi rongsok yang bisa jalan aja
gara2 ane ngga berani naek motor aja makanya tiap hari harus naek angkot..emoticon-Najis (S) emoticon-Najis (S)
Quote:Original Posted By sasrabirawa
Usul Pakdhe....!!

Angkotnya diganti bus tanggung semodel TransJogja, pake AC dan WIFI.

Sopirnya dibuat semodel dengan TransJakarta, pake satpam di dalam angkot

Ada rute khususnya yang nyambung sama jalur Busway dan tidak boleh berhenti sembarangan

Sistem ticketingnya disamakan dengan TransJakarta dan dijadikan satu, jadi kalau turun dari Angkot naik TransJakarta kagak usah bayar lagi.


pake satpam gan ? ga salah tuh emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By vikiejeleek


pake satpam gan ? ga salah tuh emoticon-Ngakak


lha... kagak pernah naik TransJakarta ya..??
Ada satpamnya tuh. cuman kagak berseragam.. itu yang jagain pintu, sekaligus berfungsi sebagai penjaga keamanan...
Kalu diginiin sekalian jadi kek taksi aja ada poolnya...
Quote:Original Posted By vikiejeleek


pake satpam gan ? ga salah tuh emoticon-Ngakak

gak salah satpamnye semlohey dada dikit nunjul, itu satpam maknyosss
para menengah atas pasti mao berpindah angkotan, aman loh jinawih....enyes2
1. emang ppd membawahi apa aja sih? apa pool termasuk aset PPD juga? (g pikir itu punya pemda atau dishub lho selama ini)
2. kalau pool beneran dibenahi, pasti ada banyak calo2 yang kebakaran jenggot dech emoticon-siul
supir digaji, trus pasangin GPS.
jadi kalo ada supir yg makan gaji buta, bisa dicari.
kalo ketemu, langsung ditembak pala supirnya, trus rumah dan kluarganya dibakar!
bukannya sok sadis ya, tapi kelakuan supir angkot itu pada kayak taik semua. jadi musti dikerasin!emoticon-Ngakak

lalu bikin rambu2/poster yg tulisannya menghina pengendara2 yg ngelanggar aturan.

misal : 'cuma orang idiot, anak haram yg dilahirkan dari rahim bekas anjing yg nerobos jalur busway. bisa dipastikan ibunya adalah pelacur yang saking jeleknya ga ada yg mau nyewa dia. akhirnya disewa oleh seekor anjing kampung dan dibayar cuma pake tulang. akhirnya lahirlah anak idiot yang jadi pelanggar lalu lintas di jakarta'

trus dikasih aturan lagi, 'pengendara yg tertib berlalu lintas, berhak untuk membunuh dan membakar kendaraan yg ugal2an dan melanggar lalu lintas!'


moral dari postingan ane adalah. ORANG JAKARTA SUSAH DIATUR!!!emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Five2one
supir digaji, trus pasangin GPS.
jadi kalo ada supir yg makan gaji buta, bisa dicari.
kalo ketemu, langsung ditembak pala supirnya, trus rumah dan kluarganya dibakar!
bukannya sok sadis ya, tapi kelakuan supir angkot itu pada kayak taik semua. jadi musti dikerasin!emoticon-Ngakak

lalu bikin rambu2/poster yg tulisannya menghina pengendara2 yg ngelanggar aturan.

misal : 'cuma orang idiot, anak haram yg dilahirkan dari rahim bekas anjing yg nerobos jalur busway. bisa dipastikan ibunya adalah pelacur yang saking jeleknya ga ada yg mau nyewa dia. akhirnya disewa oleh seekor anjing kampung dan dibayar cuma pake tulang. akhirnya lahirlah anak idiot yang jadi pelanggar lalu lintas di jakarta'

trus dikasih aturan lagi, 'pengendara yg tertib berlalu lintas, berhak untuk membunuh dan membakar kendaraan yg ugal2an dan melanggar lalu lintas!'


moral dari postingan ane adalah. ORANG JAKARTA SUSAH DIATUR!!!emoticon-Ngakak


worth to try, supir di jakarta sering memperlakukan penumpang layaknya barang angkutan "sewa"
emang gak semua sih.. tapi banyak.. emoticon-Ngakak

semoga angkutan jakarta lebih baik
Quote:Original Posted By Five2one
supir digaji, trus pasangin GPS.
jadi kalo ada supir yg makan gaji buta, bisa dicari.
kalo ketemu, langsung ditembak pala supirnya, trus rumah dan kluarganya dibakar!
bukannya sok sadis ya, tapi kelakuan supir angkot itu pada kayak taik semua. jadi musti dikerasin!emoticon-Ngakak

lalu bikin rambu2/poster yg tulisannya menghina pengendara2 yg ngelanggar aturan.

misal : 'cuma orang idiot, anak haram yg dilahirkan dari rahim bekas anjing yg nerobos jalur busway. bisa dipastikan ibunya adalah pelacur yang saking jeleknya ga ada yg mau nyewa dia. akhirnya disewa oleh seekor anjing kampung dan dibayar cuma pake tulang. akhirnya lahirlah anak idiot yang jadi pelanggar lalu lintas di jakarta'

trus dikasih aturan lagi, 'pengendara yg tertib berlalu lintas, berhak untuk membunuh dan membakar kendaraan yg ugal2an dan melanggar lalu lintas!'


moral dari postingan ane adalah. ORANG JAKARTA SUSAH DIATUR!!!emoticon-Ngakak


Bruakakakaka.... segitunya.
Khusus bagi yang masuk jalur Busway, Gw mau usul sama Pakdhe untuk melegalkan supir TransJakarta buat nabrak mereka sampai mampus....!!!

tar kalau ada yang protes, Gw jawab gini : Kalau nggak mau ditabrak TransJakarta Jangan masuk jalur Busway Cuk....!!!!
good job mr.
kalo udah ada pengelolaan yang terpadu kan enak, ada yang nyleneh tinggal ciduk, selsai emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By sasrabirawa


lha... kagak pernah naik TransJakarta ya..??
Ada satpamnya tuh. cuman kagak berseragam.. itu yang jagain pintu, sekaligus berfungsi sebagai penjaga keamanan...


Ini kan angkot gan. Dibikin kecil kayak mobil pribadi karena supaya ringkes, praktis, gesit, bisa masuk-masuk gang, masuk perumahan, buat menjangkau lokasi-lokasi yang gak bisa dijangkau kendaraan besar kayak transjakarta. Nggak perlu lah pake satpam (mau ditaro dimana?). Cukup ditingkatin keamanan dari segi kejelasan identitas sopir. Liat aja di taxi. Kalo nomer lambung sama nama sopir jelas keliatan dan sesuai sama identitas asli, penumpang udah ngerasa aman kan? Udah bagus sekarang angkot pake tanda pengenal walopun masih sering diumpetin sama sopirnya. Tapi setidaknya sopir angkot nggak berani lagi joinan sama maling, karena sebelum2nya banyak tindak kriminal yg sopir angkotnya ikut jadi pelaku.