alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51186a6ce374b42561000007/siapa-pembocornya-penjelasan-kpk-soal-beredarnya-sprindik-untuk-anas
[siapa pembocornya?] Penjelasan KPK Soal Beredarnya 'Sprindik' untuk Anas
Penjelasan KPK Soal Beredarnya 'Sprindik' untuk Anas

Ramai-ramai soal Anas Urbaningrum, rupanya ada yang membuat heboh KPK. Sebuah surat yang disebut-sebut 'Sprindik' (surat perintah dimulainya penyidikan) kasus Anas beredar di kalangan terbatas. KPK terkejut dengan beredarnya 'Sprindik' itu.

Kabarnya 'Sprindik' itu juga dipegang sejumlah politisi. Selidik punya selidik, KPK yang sudah melihat 'Sprindik' yang menyebut Anas tersangka itu memastikan surat itu bukan Sprindik.

"Saya sudah melihat, dari yang dikirim ke saya lewat teman-teman. Dan itu bukan Sprindik," kata Jubir KPK Johan Budi dalam perbincangan, Senin (11/2/2013).

Lalu dokumen apa? Menurut Johan, dari format dokumen tersebut, itu merupakan dokumen draft usulan untuk penerbitan Sprindik. Namun Johan belum bisa memastikan, apakah dokumen usulan draft Sprindik itu memang berasal dari KPK.

"Jadi kalau memang itu benar dari KPK, itu baru sebatas draft. Draft ini nantinya diberikan kepada pimpinan, untuk ditandatangani. Jika semua meneken, maka bisa diterbitkan sprindik," ujar Johan.

Jika memang benar dari KPK, Johan mengatakan surat draft usulan tersebut memiliki tingkat kerahasiaan yang lebih tinggi dari Sprindik itu sendiri. Karena perkara masih berada di tahap penyelidikan, peralihan ke tahap penyidikan bisa terhambat.

"Kalau Sprindik itu kan yang saya bacakan mengenai penetapan tersangka, kalau draft usulannya sebelum itu dikeluarkannya. Tingkat kerahasiannya lebih tinggi," ujar Johan.

Sedangkan mengenai kasus di penyidikan, Johan mengatakan belum ada Sprindik lagi setelah kasus PON Riau yang diumumkan pada Jumat kemarin. Begitu juga untuk perkara Hambalang.

Hal tersebut dikarenakan, sampai Jumat kemarin-- hari kerja terakhir-- pimpinan KPK masih belum lengkap. Belum ada rapat kecil lagi untuk meneken surat apapun.

Kembali ke draft usulan sprindik yang beredar itu, Johan mengatakan jika memang surat itu berasal dari KPK, maka hal itu menimbulkan masalah baru.

"Jika memang itu benar, bocornya dokumen tersebut mengindikasikan bahwa di dalam KPK apakah di level Pimpinan atau staf telah ada pembocor dokumen dan itu bisa masuk pelanggaran kode etik dan juga bisa masuk wilayah pidana kalau memang ada kesengajaan agar proses penyelidikan dan penyidikan di KPK terhambat," kata Johan.

Lalu siapa orang yang diduga pembocor informasi itu? "Kalau dilihat tingkat informasinya, proses penerbitan usulan sprindik. Itu hanya diketahui oleh tiga pihak: tim yang menangani, struktural di penindakan dan juga pimpinan KPK," pungkas Johan.

===========================
kl keterangan johan budi benar, ini hanya draft, mungkinkah itu draft palsu? sekarang kan banyak "alumni" penyidik kpk yg bisa saja jasanya di pakai utk "operasi" intelejen ......

Gw yakin, kemarin rapat majlis tinggi tuh berharap ambil moment jumat kramat utk anas.......
Mantau aja dah gimana sepak terjang KPK untuk seterusnya.

Gue pun baru ngeh juga kalau ada yg namanya Sprindik. emoticon-Big Grin
tambah rame lagi neeh episode geger demokrat nya emoticon-Big Grin
asek ... drama baru nih.
drama lama FAIL sih . karena belum ada kpastian MONASnya emoticon-Genit
Beli kopi selusin...
Beli rokok se-press
Beli camilan sebakul.
Nonton nyok bareng bareng
Sebelum antrian panjang monas anas emoticon-Big Grin
Siap-siap ngantri di monas nih. Semangat KPK, ungkap kasus Pak Anas emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By GarongLampung
Beli kopi selusin...
Beli rokok se-press
Beli camilan sebakul.
Nonton nyok bareng bareng
Sebelum antrian panjang monas anas emoticon-Big Grin


boros... emoticon-Hammer
mending numpang di rumah tetangga aja_________emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By kedostingan
Siap-siap ngantri di monas nih. Semangat KPK, ungkap kasus Pak Anas emoticon-Big Grin


lepas dari apakah udah cukup bukti atau blm utk menetapkan anas sbg tsk , di lihat dr segi waktu maka kl dalam 1 2 hari ini anas di tsk kan timingnya kurang tepat...... krn hal ini justru menguatkan kesan bahwa status tsk anas atas pesanan cikeas.... maka kredibilitas kpk akan merosot krn terkesan dapat di setir oleh cikeas.....

mending diselidikin tu siapa yang bocorin, bikin heboh aja, bikin orang jadi nunggu-nunggu, ngarep-ngarep emoticon-Cape d... (S)
Sinetron bermutu..... Ending Suli ditebak


Sapa ya sutradaranya?
Negeri ini memang dari dulu fucked up by false flag.emoticon-Nohopeemoticon-Cape d... (S)
emoticon-Bingung (S) ngetik di warnet ya gan emoticon-Ngakak
ternyata : Istana Benarkan Asisten Staf Khusus SBY Sebar Sprindik Anas
ayo dong, pengen liat nih orang digantung di monas...
jiah, di KPK ada panasbungnya emoticon-Hammer

gimana mau maju ini negara ini, ada intel di dalam intel.
dokumen rahasia bisa keluar gitu..