alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5117e15020d719d057000008/berita-modifikasi-hujan-di-jakarta-108-ton-garam-ditabur-ke-awan
Thumbs up 
[Berita] Modifikasi Hujan di Jakarta, 108 Ton Garam Ditabur ke Awan
[Berita] Modifikasi Hujan di Jakarta, 108 Ton Garam Ditabur ke Awan
Jakarta - Hingga saat ini sudah 108,6 ton bahan semai berupa NaCl (garam dapur yang diolah menjadi tepung) disebarkan ke dalam awan untuk operasi modifikasi cuaca. Operasi yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan dukungan BMKG dan TNI dilakukan sejak 26 Januari lalu.

"Total sudah 36 sorti penerbangan untuk menaburkan bahan semai ke dalam awan, yaitu 24 sorti dengan pesawat Hercules C-130 dan 12 sorti dengan pesawat Casa 212-200," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Minggu (10/2/2013).

Berdasarkan evaluasi sementara, upaya modifikasi cuaca diklaim berhasil mendistribusikan hujan. Curah hujan yang terjadi selama pelaksanaan modifikasi cuaca lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata hujan historis di wilayah Jakarta.

"Target awal adalah hujan berkurang 30 persen daripada hujan normalnya," imbuh Sutopo.

Evaluasi menyeluruh kata dia, akan dilakukan untuk menentukan kelanjutan operasi ataupun pemindahan lokasi operasi ke daerah lain yang rawan banjir. Sesuai rencana awal, operasi ini dilakukan hingga 25 Maret 2013 dengan disesuaikan kebutuhan di lapangan.

Pada hari Minggu (10/2), dilakukan 3 sorti penerbangan. Sorti pertama menggunakan pesawat Hercules. Penyemaian dilakukan pada sel-sel awan Cumulus pada ketinggian 11.000 - 13.000 kaki di Timur Jatiluhur sampai Lembang dan di daerah Laut Utara Pantai Indramayu dengan bahan 4 ton.

Sorti kedua pukul 11.28-12.57 WIB menggunakan pesawat CASA 212-200. Penyemaian dilakukan pada sel-sel awan Cu dengan ketinggian 13.000 - 14.000 feet di daerah Cikotok. Ketinggian penyemaian 10.000 feet dan menghabiskan bahan semai 1 ton.

Sorti ketiga dengan pesawat Hercules A-1323 pada pukul 14.45-16.06 WIB. Penyemaian dilakukan di daerah Purwakarta, Cikampek dan Subang pada ketinggian 10.000 feet.

Quote:Berdasarkan evaluasi sementara, upaya modifikasi cuaca diklaim berhasil mendistribusikan hujan. Curah hujan yang terjadi selama pelaksanaan modifikasi cuaca lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata hujan historis di wilayah Jakarta.
Quote:Melawan alam sama saja dengan menuai bencana di kemudian hari. Kebodohan manusia yang tidak mau mencari solusi dari akar permasalahan. Di kemudian hari akan makin banyak bangunan berdiri di Jakarta yang tidak akan ramah dengan tanah, air udara dan tidak usah lagi perduli dengan bagaimana hidup berkebaikan dengan alam raya ini.
[URL="http://news.detik..com/read/2013/02/11/002338/2166170/10/modifikasi-hujan-di-jakarta-108-ton-garam-ditabur-ke-awan?"]SUMBER[/URL]
Quote:Original Posted By WAMIN
pake payung sama juga memodifikasi hujan kan? memindahkan jatuhnya air hujan?
tidak ada salahnya emoticon-Malu (S)
memindahkan juga nga sering2, masih tetap ada pembiaran hujan, contoh kemarin pas demo buruh, dan kemarin sore pas hari minggu
jadi nga usah lebay emoticon-Malu (S)


hehehe mungkin sebenarnya pemerintah dalam hal ini adalah untuk mengurangi dampak banjir diwilayah Jakarta yang sampai saat ini cukup mengkhawatirkan, akan tetapi pemerintah mungkin lupa memikirkan dampak kedepannya.. emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By WAMIN


besok itu memang selalu misteri gan, apapun itu emoticon-Malu (S)


yaahh setiap manusia hanya berencana gan tp kenyataan selalu atas kehendakNya emoticon-Malu (S)
semoga ini bukan malah menjadi awal bencana di tahun kedepannya gan dan semoga pemerintah bisa menemukan cara yg lebih alamiah untuk menangani banjir di Jakarta khususnya dan di Indonesia umumnya emoticon-I Love Indonesia (S)
Ini kebijakan kan bersifat darurat, bukan untuk seterusnya. Kalau tidak begini mungkin Jakarta sudah tenggelam lagi.
Quote:Original Posted By LoroBronto
Ini kebijakan kan bersifat darurat, bukan untuk seterusnya. Kalau tidak begini mungkin Jakarta sudah tenggelam lagi.


wahhh agan kritikus nihhh emoticon-Malu (S)

iyahh gan ini memang dilakukan dalam keadaan terdesak, dan semoga ini tidak menjadi awal munculnya bencana baru ditahun kedepannya.
kebijakan baiknya memikirkan sebab dan akibatnya agar tidak mengambil resiko yang lebih membahayakan alam sekitar emoticon-Malu (S)
emangnya efek samping (dampak negatif) dari modifikasi hujan apa aja gan??!?
Quote:Original Posted By O_j
emangnya efek samping (dampak negatif) dari modifikasi hujan apa aja gan??!?


wahh pertanyaan nya bikin ane emoticon-Bingung (S) jg gan karna memang kebijakan baru dilakukan, jadi memang masih banyak yg perlu dipelajari...

namun bila dilihat dari caranya ini berarti sama saja Garam yang ditabur tersebut bertujuan menyerap butir-butir air di awan.
pemikiran pribadi saya apakah air tersebut baik bagi tumbuhan alam disekitar kita ?
apakah tumbuhan dapat maximal menyerap air huajan dengan modifikasi tersebut ?
emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By ican.pp


wahh pertanyaan nya bikin ane emoticon-Bingung (S) jg gan karna memang kebijakan baru dilakukan, jadi memang masih banyak yg perlu dipelajari...

namun bila dilihat dari caranya ini berarti sama saja Garam yang ditabur tersebut bertujuan menyerap butir-butir air di awan.
pemikiran pribadi saya apakah air tersebut baik bagi tumbuhan alam disekitar kita ?
apakah tumbuhan dapat maximal menyerap air huajan dengan modifikasi tersebut ?
emoticon-Malu (S)


emang kebijakannya baru dilakukan tapi teknologi seperti ini kan udah lama n udah sering diterapkan....

bukan untuk menyerap butir-butir awan, tapi memanipulasi titik cair awan...
lagian perbandingan jumlahnya sepertinya masih dalam ambang wajar...
manusia makin lama makin pandai emoticon-Smilie
dulu cuma bisa bikin saluran air di darat, sekarang di udara emoticon-Embarrassment
bagus lah kalo berhasil..

yang perlu jadi catatan itu gimana saat hujan, g perlu rekayasa cuaca tapi g banjir emoticon-Big Grin
rekayasa cuaca untuk keadaan darurat memang diperlukan...tp pada intinya pokok pernasalahan utama penyebab banjir itu mmg yg harus segera diselesaikan...emoticon-Toast
Quote:Original Posted By kaptenmeong
rekayasa cuaca untuk keadaan darurat memang diperlukan...tp pada intinya pokok pernasalahan utama penyebab banjir itu mmg yg harus segera diselesaikan...emoticon-Toast


SETUJU DENGAN AGAN INI...
ANE JUGA IKUT MENDUKUNG..