alexa-tracking

Setelah buah dan sayur, Amerika serang udang Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51171dfc2675b4417b000000/setelah-buah-dan-sayur-amerika-serang-udang-indonesia
Setelah buah dan sayur, Amerika serang udang Indonesia
Setelah buah dan sayur, Amerika serang udang Indonesia


Setelah mempermasalahkan pembatasan impor hortikultura dan daging sapi pemerintah sampai ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Amerika Serikat kali ini menyerang komoditas udang tambak Tanah Air dengan alasan dumping sehingga terancam dilarang masuk ke Negeri Paman Sam itu.

Kementerian Perdagangan menyatakan pemerintah Amerika Serikat telah menyetujui pengaduan Industri Udang Teluk Amerika (COGSI) yang pertama kali melaporkan tuduhan dumping. Komisi Perdagangan Luar Negeri Amerika (US ITC), dua hari lalu, menyatakan pengusaha udang Amerika merugi akibat kalah bersaing dengan udang Tanah Air yang punya keuntungan lebih karena mendapat subsidi berupa bantuan benih.

Pemerintah mengaku siap menghadapi konsekuensi apapun dari keputusan panel perdagangan Amerika nantinya. Termasuk bila Kementerian Perdagangan Negeri Paman Sam itu meminta data apakah betul dilakukan dumping pada komoditas udang.

"Kita bersama stakeholder, pemerintah, swasta tetap harus menjawab pertanyaan mereka. Sejauh ini mereka mengaku (setelah udang Indonesia membanjiri Amerika), tenaga kerjanya, produktivitas turun," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Bachrul Chairi, di kantornya, akhir pekan ini.

Kemendag yakin bila persoalan udang ini kembali diadukan ke lembaga yang lebih tinggi, Indonesia bakal menang. Pasalnya, pengusaha yang tergabung dalam COGSI menyamaratakan seluruh udang dari Indonesia pada satu kriteria, sehingga tidak jelas mana yang dianggap dumping.

"Yang disebut shrimp itu adalah yang beku dan non-beku jadi satu. Sekarang yang dituduhkan sekarang adalah ini (frozen). Kita harus lihat keseluruhannya," cetusnya.

Selain itu, subsidi benih udang yang dianggap dumping itu, karena pengusaha Amerika tidak paham pemerintah memiliki skema pemberdayaan nelayan dan petambak daerah pesisir. Program yang digawangi Kementerian Kelautan dan Perikanan ini memang setiap tahun menggelontorkan dana untuk memberdayakan masyarakat yang membudidayakan udang.

"Kita beda nih, subsidi yang diberikan kepada nelayan dalam rangka ketahanan nasional. Bukan komersial. Itu yang kita angkat terus (pada pemerintah Amerika) ke depan," ungkapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor udang Indonesia ke Amerika pada 2011 sebesar USD 515,5 juta, naik dari tahun sebelumnya yaitu sebesar USD 353,7 juta. Selain melakukan telaah pane lewat US ITC, Otoritas Anti Dumping Amerika Serikat (US-DOC) juga menggelar investigasi produk udang beku Indonesia sampai Maret 2013.

sumber, komentar, ada yg bener2 faham lapangan gak sich, kok ameriki ngajak ribut ne
amerika mau mbales aja sih gan... kan negara kita dah ngelarang impor buah dan sayur, mereka balesnya gitu deh...

gara2 impor buah dilarang buah jadi mahal deh... lagi2 konsumen dikorbankan dengan mengatasnamakan cintailah produksi dalam negeri.... tapi kok anehnya buah dalam negri jauh lebih mahal ya daripadabuah impor???
jual aja ke negara laen emoticon-Ngakak

emang negara di dunia ini cuma 'Murica ? emoticon-Cape d... (S)
nyari udang dpasar aja susah emoticon-Amazed
eh tau2 udah nyampe amrikasu emoticon-Najis
Paham politik dumping juga nih. Sebetulnya kan emang bagus dalam hal pemasaran. Amerika aja yg nggk senang Indonesia udah kagak impor sayuran dan buahan dari sono lagi. Kan sakit hati jadinya.
Quote:


masalahnya produksi buah lokal belum banyak sehingga harga sedikit lebih mahal, tapi ane yakin kalo lambat laun harga buah lokal akan stabil emoticon-I Love Kaskus (S)
Paman Sam negeri Rakus dan Oportuniss!!!!!
Ya udah, gak usah jual ke amrik lagi, masih banyak negara barat yg antri akan udangnya Indo..emoticon-Cool
Lhaah, Indonesia kurang apa coba?

Sampek sekarang massi impor kedele yang mereka subsidi.
kalo misalnya cerita nya di rubah gini :

TS sama saya tukaran nocan, terus, setelah serah terima, gw kasih cendol, tapi TS gak mau kasih cendol. apa TS gak kesel?

jadi untuk kedua kalinya, saling barter lagi, gak mungkin kan gw kasih cendol...

kira2 begitu ilustrasinya yg lebih mudah dimengerti, daripada maki2 tanpa tau apa yg dibicarakan. emoticon-Ngakak
Quote:


seperinya mayoritas ke negara asia timur deh daripada ke barat . . .
amerika emoticon-fuck2 emoticon-Ngakak

udang dari indonesia kan murah masa dianggap dumping emoticon-Ngakak

Quote:

makanya ikutin dulu berita emoticon-Embarrassment

yang duluan mempersulit produk masuk ke negaranya itu indonesia apa si amerika
indonesia ada di posisi membalas kok ,,,giliran dibalas langsung mewek2emoticon-Ngakak
lah, emang tugasnya Amerika Serikat toh untuk melindungi pengusaha udang Amerika? kok malah dibilang ngajak ribut? emoticon-Bingung (S)
ah amerika braninya gitu doang, katanya negara bebas. dulu takut bersaing rokok kita di ban. ahh amerika gede-gede juga takut sama yang kecil
Kalo prabowo jadi president 2014, sudah pasti produk us susah masuk dah emoticon-Ngakak
giliran dia kaga boleh jualan sapi mewek, padahal sapinya gila
moga pemerintah kita ga takut kena gebrak kaya gini ama ameriku
di dunia ini kan negara ga cuma sono doank.
jual ke negara lain ato utk nyukupin kebutuhan dalam negeri aja.
emoticon-Traveller k negara laen aja jualx
biar indo tetepemoticon-thumbsupemoticon-Cool
Quote:


bener itu gan. Dan sudah tugas Indonesia untuk melindungi pengusaha udang Indonesia kan. So harus bagaimana ?