alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Belum Pikirkan Tol untuk Sepeda Motor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511617f07c12435e6b00000f/jokowi-belum-pikirkan-tol-untuk-sepeda-motor

Jokowi Belum Pikirkan Tol untuk Sepeda Motor

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengaku belum memikirkan pembangunan jalur khusus motor di jalan tol yang diusulkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan.

Menurut Jokowi, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih memfokuskan pada program pembatasan kendaraan, di antaranya penetapan pajak parkir yang sangat tinggi, electronic road pricing (ERP), dan penggunaan pelat ganjil/genap.

"Kalau memikirkan program pembatasan kendaraan, arahnya ke sana semua. Jangan malah menyediakan fasilitas untuk mobil maupun motor," kata Jokowi, saat memantau tanggul Latuharhary, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Februari 2013.

Meskipun dalam penanggulangan macet Pemprov DKI sedang mengarahkan kepada pembatasan kendaraan, tetapi Jokowi menilai bahwa rencana pembangunan jalur khusus motor tersebut merupakan konsep yang baik.

"Menurut saya itu baik ya, karena mungkin juga tol itu tidak besar. Tiangnya juga kecil dan tidak lebar. Ada yang mengajukan konsep itu ke saya, tapi belum berpikir ke arah situ," ucap Jokowi.

Seperti diketahui, peraturan pemerintah (PP) soal jalur motor di jalan tol ini sudah ada. PP yang mengatur jalur kendaraan roda dua di jalan tol itu adalah Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Dalam rincian pertimbangan disebutkan di beberapa daerah di Indonesia, sepeda motor merupakan moda transportasi dengan populasi yang cukup besar, sehingga perlu diberi kemudahan dalam penggunaan infrastruktur jalan tol dengan memperhitungkan faktor keselamatan dan keamanan.

Saat ini, di Indonesia sudah ada dua tol yang dilengkapi dengan akses kendaraan roda dua, yakni Tol Suramadu dan Tol Ngurah Rai-Tanjung Benoa-Nusa Dua di Bali. Kedua jalan tol tersebut dilengkapi dengan pembatas, sehingga motor punya jalur sendiri dan terpisah dengan kendaraan roda empat.
Urutan Terlama
Post ini telah di hapus oleh blue_danube
Nggak sekalian nanti ada tol buat angkot nigh?
Jangan pak , bahaya , nanti jalan tol malah jd anjang balap liar , dijalan biasa aja yg macet suka ugal ugalan ngga karuan , ane sih saranin mending bangunin sirkuit balap gratis/murah buat nyalurin bakat mereka , biar ngga rusuh mulu dijalan emoticon-Cape d...
Mantaps gan : emoticon-thumbsup
Quote:


Pasti balapan secara track lurus. Ya kasian yg jalan 60 km- 80 km harus waspada lihat belakang molo. Kalo ga liat belakang isa kesambet dari motor yg ugal2an.
Solusi ini bakal memghancurkan kebijakan ganjil genap, busway, n mrt.
Mending ga usah deh
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Wajar gan, gak dapet proyek dari pemprovdki
itu baru rencana Jokowi gan,ngak tau kalau JOKOWAW emoticon-Ngakak (S)
Quote:


tentunya dipisahin jalurnya gan,
klo nggk dipisah, bisa pada mencret tuh motor dilindes konteiner di toll
Post ini telah di hapus oleh blue_danube
Post ini telah di hapus oleh blue_danube
makin sangar nanti pengendara motor.. emoticon-Cape d... (S) lah di Jalan2 Bekasi yg padat aja motornya mudah kaya setan semua.. emoticon-Mad
eah bisa balapan nih
makasih gan liputannya ,mantappp.......maju terus indonesiakuuuyyemoticon-Sundulemoticon-Sundul


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di