alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Imlek Syahdu di Tengah Kota Hujan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5115dc720a75b4f61500000a/imlek-syahdu-di-tengah-kota-hujan

Imlek Syahdu di Tengah Kota Hujan

TIDAK merayakan Imlek, bukan berarti Anda tidak bisa ikut perayaannya. Bagi Anda pengunjung Bogor si Kota Hujan, bisa merasakan nunasa Imlek yang kental di Vihara Mahacetya Dhanagun.

Vihara ini berada di pusat Kota Bogor, tepatnya di Pasar Bogor, tidak jauh dari gerbang utama Kebun Raya Bogor. Jalanan menuju vihara, yang juga dikenal dengan nama Klenteng Hok Tek Bio, ini cukup ramai karena lokasinya dekat pasar.

Saat Anda memasuki pagar masuk klenteng, suasana pun berubah menjadi sedikit senyap. Setidaknya, suara klakson angkot dan mobil-mobil yang berisik di jalanan dekatnya menjadi teredam.

Klenteng ini menjadi salah satu tempat perayaan Imlek paling ramai di Kota Bogor. "Malam Tahun Baru China akan banyak warga keturunan yang datang ke klenteng ini untuk beribadah dan berdoa agar diberikan kesejahteraan dan kebaikan di tahun yang baru," kata Andi (43), jemaat klenteng asal Bogor.

Saat Imlek, klenteng ini akan dihiasi banyak lilin besar bertuliskan nama keluarga yang telah berdoa di sini. Langit-langitnya juga akan dihiasi lampion-lampion merah.

"Suasana klenteng akan jadi lebih ramai, penuh nuansa merah dan emas," cerita Andi.

Tak hanya itu, di hari Imlek juga akan ada pertunjukan barongsai yang diselenggarakan oleh komunitas keturunan Tionghoa dari kelenteng ini. Barongsai akan berkeliling di sekitar toko-toko Pasar Bogor dan Jalan Surya Kencana untuk meminta angpao.

"Saat Imlek, di klenteng ini tidak hanya ramai warga keturunan. Warga sekitar juga banyak sekali yang datang untuk menonton barongsai," tukas Andi.

Klenteng Hok Tek Bio ini didirikan pada 1672. Klenteng ini dibangun untuk peribadatan umat Konghucu, dan di lantai dua klenteng ini ditujukan untuk peribadatan umat Budha. Bangunan klenteng pun sudah ditetapkan sebagai cagar budaya yang harus dilestarikan.

Di halaman depan Klenteng Hok Tek Bio terdapat relief tentang sebuah kisah terkenal Tong Sam Cong dan ketiga muridnya menuju barat mencari kitab suci. Masuk ke dalam klenteng, Anda akan disambut sebuah altar tempat pengunjung berdoa.

Bagi pengunjung yang ingin mengetahui sejarah klenteng ini, sekaligus sejarah tentang Kota Bogor beratus tahun lalu, dapat berkunjung ke bagian belakang klenteng. Di sana terdapat beberapa papan yang memberikan informasi grafis dan tulisan mengenai Kota Bogor.

http://travel.okezone.com/read/2013/...gah-kota-hujan

ada barongsai juga emoticon-Big Grin
Urutan Terlama
Imlek hujan tanda tahun rejeki.... Bener gak sih?

Klo ndak hujan tanda tahun apa?
keluarga ane selalu nonton barongsai tiap tahun


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di