alexa-tracking

{Golkar Parpol Terkorup no.1} Gubernur Riau Rusli Zainal Tersangka Korupsi PON

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5115bbf36212435106000004/golkar-parpol-terkorup-no1-gubernur-riau-rusli-zainal-tersangka-korupsi-pon
{Golkar Parpol Terkorup no.1} Gubernur Riau Rusli Zainal Tersangka Korupsi PON
Gubernur Riau Rusli Zainal Tersangka Korupsi PON
Penulis : Icha Rastika | Jumat, 8 Februari 2013 | 14:13 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Riau Rusli Zainal sebagai tersangka kasus dugaan suap Revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2010 tentang Penambahan Biaya Arena Menembak PON Riau. KPK menjerat Rusli dengan Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 5 Ayat 2 atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP. Pengumuman status Rusli ini disampaikan dalam jumpa pers, Jumat (8/2/2013) siang, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Sejak tanggal 8 Februari 2013, penyidik KPK telah menemukan dua alat bukti yang cukup, yang kemudian menyimpulkan dalam kaitan dengan perbuatan melakukan dugaan tindak pidana korupsi dalam kaitan dengan pembahasan Perda di Provinsi Riau. Dengan tersangka atas nama RZ, yang bersangkutan adalah Gubernur Riau," kata Juru Bicara KPK Johan Budi.

Jumat pekan lalu, KPK sudah melakukan gelar perkara. Hasilnya, ditemukan dua alat bukti yang menunjukkan keterlibatan Rusli dalam kasus dugaan suap Revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2010 tentang Penambahan Biaya Arena Menembak PON Riau dan kasus dugaan korupsi kehutanan Pelalawan Riau.

Ketua KPK Abraham Samad, Selasa (5/3/2013), mengungkapkan, status Rusli hanya tinggal menunggu sprindik. "Belum ada surat perintah dimulainya penyidikan (sprindik) untuk RZ (Rusli Zainal), tapi sudah ekspose dan sudah dinaikkan ke penyidikan, tinggal menunggu sprindik keluar. RZ kena kasus Pelalawan dan kasus PON," katanya.

Nama Rusli kerap disebut terlibat dalam kasus dugaan suap Revisi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Penambahan Biaya Arena Menembak PON Riau.

Surat dakwaan jaksa KPK menyebut Rusli sebagai pihak yang diduga ikut menyuap anggota DPRD Riau terkait pembahasan revisi peraturan daerah tersebut. Rusli disebut menginstruksikan agar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga saat itu, Lukman Abbas, memenuhi permintaan uang lelah anggota DPRD.

Sejauh ini, sebagian anggota DPRD yang menerima suap sudah disidang dan dijatuhi vonis. Demikian juga dengan pejabat Dinas Pemuda dan Olahraga Riau serta pihak swasta yang dianggap terbukti sebagai pemberi suap.

Rusli juga disebut terlibat dalam kasus dugaan korupsi kehutanan di Pelalawan, Riau. KPK pun mengembangkan penyidikan kasus dugaan suap Perda PON dengan mengusut proses pengadaan Main Stadium PON.

Selain itu, KPK membuka penyelidikan baru terkait kasus korupsi kehutanan yang menjerat mantan Bupati Pelalawan, Tengku Azmun Jafar, dan mantan Bupati Siak, Arwin AS. Terkait penyelidikan dua kasus ini, Rusli pernah dimintai keterangan.

Source


Rusli Zainal Juga Terjerat Korupsi di Pelalawan
Jum'at, 08 February 2013 | 14:54 WIB


Metrotvnews.com, Jakarta: Lengkap sudah. Tak cuma menjadi pesakitan pada kasus suap PON Riau, Gubernur Rusli Zainal juga diendus terlibat kasus korupsi pengesahan Badan Kerja Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu pada Tanaman Industri tahun 2001-2006 di Kabupaten Pelalawan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (8/2), sudah mengelurkan surat perintah penyidikan untuk kasus Rusli di Pelalawan. Rusli disangkakan dengan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diubah menjadi UU Nomor 20 tahun 2001, juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.

"RZ di satu sisi diduga menerima, di sisi lain memberi terkait kasus Pelalawan," kata Johan Budi.

Sebelumnya, Rusli telah resmi ditetapkan menjadi tersangka kasus suap perubahan peraturan daerah (Perda) terkait penyelenggaran PON Riau, 2012. Rusli diduga melanggar Pasal 12 A dan B, 5 ayat 2, pasal 11 UU No. 31/1999 yang telah diubah menjadi UU No. 20/2001, juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.(Afw/Ich)

Source

Jumat, 08/02/2013 15:06 WIB
Rusli Zainal Tersangka, Golkar Khawatir Popularitas Turun
Elvan Dany Sutrisno - detikNews


Jakarta - - KPK enetapkan Gubernur Riau dari Golkar Rusli Zainal sebagai tersangka. Elite Golkar khawatir hal ini akan sangat mempengaruhi popularitas Golkar.

"Kalau pengaruh pasti ada, kita juga tidak akan naif kalau tidak ada pengaruhnya," kata Ketua DPP Golkar, Ade Komarudin, kepada wartawan, Jumat (8/2/2013).

Meskipun, menurut Ade, kasus Rusli tidak terkait dengan Golkar. Namun dia pasrah kalau Golkar popularitasnya menurun, meski tetap punya optimisme bangkit di Pemilu 2014.

"Kita serahkan penilaian publik. Insya Allah kita tetap optimis Golkar secara institusi sangat mendukung pemberantasan korupsi," katanya.

Ade juga tak bisa menjamin partainya akan bebas korupsi ke depan. "Kita tidak bisa jamin orang Golkar tidak berkasus lagi. Pokoknya kita serahkan ke penegak hukum," jelasnya.

Meskipun Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) terus mewanti-wanti anak buahnya jangan korupsi. "Setiap rapat kita diingatkan oleh Ketua Umum Partai untuk tidak melakukan tindakan korupsi," tandasnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Riau Rusli Zainal sebagai tersangka siang ini. Dia diduga terlibat dugaan korupsi dalam kasus pembahasan perda di Provinsi Riau. Rusli juga telah dinonaktifkan dari jabatannya sebagai salah satu ketua DPP Golkar.

[url=http://news.detik..com/read/2013/02/08/150658/2164976/10/rusli-zainal-tersangka-golkar-khawatir-popularitas-turun?9911012]Source[/url]

Peringkat pertama Golkar sebagai parpol terkorup bukan isapan jempol. emoticon-Matabelo
wkkwkkw
partai gak ada bersih ini
Partai sampah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
sudah enak-enak di jadiin gubernur hobby korupsinya gak ilang-ilang emoticon-Cape deeehh
Quote:

Gubernur dari Golkar memang banyak yang tersangkut korupsi, gan.emoticon-Matabelo

Seperti Syamsul Arifin gubernur Sumatera Utara dari Golkar yang kemarin diberhentikan karena terbukti korupsi. Untung Foke kemarin tidak terpilih, terima kasih untuk Priyatno yang melaporkan Foke ke KPK sehingga terbuka aib Foke.

emoticon-Matabelo

{Golkar Parpol Terkorup no.1} Gubernur Riau Rusli Zainal Tersangka Korupsi PONemoticon-Matabelo
Quote:


Tapi sayangnya kenapa KPK belum bersuara yah?? emoticon-Bingung (S)
Quote:

foke bukannya udah mbalelo jadi anggota pembina demokrat om?
emoticon-Bingung
Quote:

Meskipun demikian, kemarin Foke diusung oleh Golkar. emoticon-Matabelo

Jadi hati-hati dengan background cagub yang diusung Golkar, misalnya Yance yang diusung Golkar jadi cagub Jabar juga tersangkut korupsi.
emoticon-Matabelo
Quote:
×