alexa-tracking

Orang Gila di Negeri "GILA"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5114f6095b2acfaf1e000003/orang-gila-di-negeri-quotgilaquot
Orang Gila di Negeri "GILA"
Prihatin banyak kasus korupsi, dari proyek Hambalang sampai kasus Sapi berjengot, hukum yang tidak adil, koruptor Cuma dihukum 2,5 tahun ditambah potong masa tahan, pencuri ayam dihukum 5 tahun penjara, anak menteri yang tersangkut kasus hukum diistimewakan, seolah-olah hukum hanya berlaku pada rakyat jelata, tetapi tidak untuk untuk pejabat dan penguasa, pembangunan yang tidak merata antar wilayah Indonesia bagian Barat dan indonesia Bagian timur. Dan sejumlah ketidak adilan lainnya yang kita hadapi.

Analogi
Suatu hari yang cerah seorang gila tiba-tiba berkelakuan seperti orang waras, yakni menjadi masinis. Ia naik ke Lokomotif kereta api yang sedang berhenti, tapi mesinnya hidup, lalu menyetirnya mundur selama 1,5 jam. Kereta yang mengangkut lebih seribu ton solar dan premium itu melaju dengan kecepatan 80 kilometer per jam, dan baru berhenti bukan karena direm, melainkan akibat 12 dari 23 gerbongnya terguling.
Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, yang ada hanya seorang gila yang tertawa-tawa, karena gembira. Dia mengaku memiliki anak 15 orang, dan merasa puas telah bebas menjalankan kereta.
Kecelakaan kereta api memang sering terjadi, namun kecelakaan kali ini sebaiknya bukan menjadi urusan Menteri Perhubungan. Juga tidak usah dicari kesalahannya pada jajaran manajemen PT. Kereta Api Indonesia, termasuk masinis asli yang memang waras. Kesalahannya mungkin meninggalkan lokomotif dengan mesin menyala. Selebihnya, tidak usah diusut faktor teknis penyebab kecelakaan atau faktor human error, karena memang yang menyetirnya manusia error.
Orang gila jelas bukan domain Menteri Perhubungan. Tetapi menjadi urusan Menteri Kesehatan, karena menyangkut wilayah psikiatri. Bisa juga menjadi urusan Menteri Sosial, karena orang bisa menjadi gila karena mata rantai tekanan sosial-ekonomi. Yaitu, mulanya di-PHK, lalu menganggur, menjadi miskin, kemudian stres. Karena miskin, tidak bisa berobat ke psikiater, dan karena tak diobati, menjadi gila. Bukankah fakir miskin ditpelihara oleh negara ?
Setepatnya, kita tidak tahu berapa banyak anak bangsa ini yang sudah gila dari segi ilmu psikologi maupun ilmu kedokteran jiwa. Semenjak krisis ekonomi menghajar negeri ini, secara spekulatif dapat dikatakan bahwa jumlahnya meningkat.
Presiden sudah ganti enam kali, tetapi kehidupan rakyat di lapisan bawah semakin merana. Semakin sulit mencari kerja, daya beli kian merosot, yang miskin bertambah banyak, dan hipotetisnya yang gila pun bertambah banyak.
Kasus orang gila yang menyetir kereta api itu harus dilihat hanyalah puncak gunung es. Pemerintah harus prihatin, jangan-jangan yang gila memang telah bertambah banyak. Tetapi karena hidup dalam 'kesunyian' dan 'kesendirian', orang gila tidak mengganggu sehingga tidak menggugah negara untuk mengurus mereka. Tapi kasus orang gila menjadi masinis itu, sebagai fenomena sosial, mestinya menghentak negara.
Di negeri entah berantah ini ada dua macam orang gila. Yang pertama, orang gila yang mesti menjadi urusan ahli psikiatri, seperti yang menyetir lokomotif itu. Yang kedua, orang gila harta, gila jabatan, gila kekuasaan, yang juga banyak jumlahnya. Bahkan, mungkin lebih banyak lagi.
Gila yang terakhir itu bukannya berhenti setelah reformasi. Tapi, justru semakin menjadi-jadi. Gila harta menyebabkan korupsi tetap merajalela, gila jabatan membuat orang mementingkan kursi ketimbang pengabdian, dan gila kekuasaan memicu orang menghalalkan cara.
Semua yang gila-gila itu tak bisa lagi diatasi dengan cara biasa-biasa saja. Harus ada gerakan yang luar biasa gila untuk menyelamatkan negara ini dari gila yang gila-gilaan itu.
Salam Splender777
Analoginya tuh saya ngerti gan.., emang kasus orang gila ngelariin kereta tuh emang bener ada.

Gila, ya emang gila, bener2 kompleks alias rumit masalah yang mendera negara kita,
dan orang2 yg menyandang status "gila" itu biasanya gak peduli peraturan emoticon-Smilie
hanya Tuhan yg bisa menyelamatkan negeri yg gila
TS di SD pernah di ajarin bikin paragraph ga?
pusing tau baca na kalo gada paragraph.
jadi inget anekdotnya gusdur
presiden pertama gila wanita istrinya banyak.
presiden kedua gila harta, duitnya numpuk sampe 7 turunan
presiden ketiga gila teknologi. bisa bikin pesawat
presiden keempat gila beneran ---> gusdur emang ngk ada matinye kalo beranekdot
ketikan lu bikin thread lu ga menarik.....
gila, kok bisa salah kamar?? emoticon-Cape d... (S)
pemimpin yg haus kekuasaan itu kok mengingatkan ane pada jokowi y?


jangan jangan ....
Quote:


presiden ke lima katanya gila menjual pulau
presiden ke enam lebih gila lagi karena gila, uang, jabatan dan perhatian
Quote:

Tuhan juga ogah gan kalau warga ya gak mau berubah
lounge ada di belokan depan gan,
gimana nih TS nya ikut2an gila...sampe salah kamar masuknya
Lah salah kamar gan emoticon-Ngakak
berita atau cerpen
Ane yang jadi gila baca trit ente gan emoticon-Hammer2
coba lu suruh pada baris bray...
biar gue tampolin atu-atu tuh orang gila bray
asli gue tampol ampe goblok bray...

lu tau gue gemana emoticon-Cool


ah elaaahhh
ada lounger nyasar ke bp

emoticon-Stick Out Tongue woouoo toolol emoticon-Najis (S)
Quote:


Orang satu ini saya baca di thread manapun,temanya ttg apapun klo komen nyambungnya selalu aja ke jokowi lg ke jokowi lg,hater sih hater gan,tapi klo komen ya yg nyambung sedikit,please deh..jangan gila donkk...
×