alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pasien Sakit Mata Diberi Salep Kulit Oleh Dokter, wanita ini jadi BUTA :(
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5114b3ba1b7608237d00000b/pasien-sakit-mata-diberi-salep-kulit-oleh-dokter-wanita-ini-jadi-buta

Pasien Sakit Mata Diberi Salep Kulit Oleh Dokter, wanita ini jadi BUTA :(

BONE, TRIBUN-TIMUR.COM-- Lantaran salah menerima resep dari dokter, salah seorang warga di lingkungan Pallengoreng, Kelurahan Biru, Kecamatan Taneteriattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mengalami kebutaan.

Wanita yang awalnya mengeluhkan penglihatan kabur dan sakit kepala, malah diberi salep obat kulit oleh dokter Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat, Selasa, (05/02/2013).

Peristiwa yang menimpa Sakura (44) berawal saat dirinya berobat dengan menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Puskesmas Biru, Jalan Jenderal Sudirman. Korban yang datang bersama keponakannya ini mengeluhkan matanya yang tidak berfungsi dengan baik dan disertai sakit kepala.

Namun setelah diperiksa, oknum dokter umum yang berinisial DW itu memberinya resep obat. Sebelum mengambil obat, korban pun diberi penjelasan tentang dosisnya.

"Dokter menjelaskan bahwa obat itu nantinya dioleskan ke mata, sehingga saya hanya menuruti saran dokter," kata Sakura sambil memegang sekitar matanya karena tak kuasa menahan sakit.

Ironisnya, setelah dia mengikuti anjuran dokter yang baru bertugas beberapa pekan di puskesmas tersebut, korban langsung menjerit kesakitan. Akhirnya, pihak keluarga mengantar Sakura kembali ke puskesmas tersebut.

Keluarga korban kaget ketika oknum dokter meminta maaf karena resep yang diberikan merupakan obat penyakit kulit. Sang dokter pun mengaku kaget dan khilaf.

Oknum dokter ini kemudian membawa sang pasien ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru untuk mendapatkan pengobatan dari dokter ahli mata. Setelah diberi obat tetes mata, Sakura kembali diantarkan pulang ke rumahnya oleh oknum dokter tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bone Dr. Alimuddin yang dimintai tanggapannya terkait ulah DW, menjelaskan, pihaknya akan segera menyelidiki kasus tersebut. Menurutnya, kesalahan itu belum tentu dari dokternya saja, melainkan bisa terjadi dari perawat yang bertugas menjaga apotek.

Alumuddin menegaskan, pihaknya akan menindak semua pelanggaran UU kesehatan sesuai aturan yang berlaku.

"Kami akan mempelajari dulu temuan itu, dan akan memberi sanksi sesuai aturan yang berlaku," tandas Alimuddin saat dihubungi wartawan, Selasa.
tribunnews

Quote:


Sumber lain dari KOMPAS

Quote:


Pasien Sakit Mata Diberi Salep Kulit Oleh Dokter, wanita ini jadi BUTA :(
Diubah oleh BERlSlK
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 6
begokk banget sih dokternya.. emoticon-Sorry

tuntut ajalah

Pasien Sakit Mata Diberi Salep Kulit Oleh Dokter, wanita ini jadi BUTA :(
Diubah oleh yownk
masih ada yg meragukan kualitas dokter indonesia?

emoticon-Ngakak
mau berobat mending ke singapore atau malaysia dah.. dokter di indonesia masuk pada nyogok, lulus pun nyogok..
kerjaanya jualan obat emoticon-Ngakak
lhooo kan ada salinan resep jika menebus obat pada apotek.
makanya kalau ambil obat, tanya tanya obat apaan
mungkin dokternya kecapean
itu hanya oknum dokter gan..skali lagi oknum emoticon-Malu (S)
kasian si oknum..dikit2 slalu disalahin emoticon-Hammer
Quote:


biasanya rata rata pada percaya aja sama dokter.
ada sih yang jeli dan mencoba cari tahu obat apa yang di beli (karena resep dokter gak jelas)
kita tunggu aja mana koment yang cerdas mana koment yang asal njeplak,,,
kesalahan bisa terjadi di 3 tempat, dokter, perawat atau apotekernya
1.dokternya : mungkin dia salah tulis resep,,misal salf mata (antibiotik) nah dia nulis utk mata kanan/kiri apa enggak (dikasih symbol od/os/ods) klo misalkan ada, kesalahan bisa di perawat,klo enggak ada dan gk ada keterangan utk mata jelas,dokter lalai.
2. perawat : biasanya klo di puskesmas itu ada perawat yg dampingin dokter periksa (biasanya) nah kertas resep itu d kasihkan ke perawat klo pas kondisi rame banyak pasien (kita gk tau pas periksa itu keadaan penuh/enggak)disini kadang perawatnya juga males nanya ke dokter, salfnya buat apa (soalnya salf utk mata,kulit,telinga itu kadang sama dr merk maupun kandungan,yg bedain konsentratnya aja biasanya) misal salfnya gentamisin merk nya.perawatnya kadang asal ambil aja salfnya berdasarkan merk, padahal yg diambil utk kulit/telinga,nah klo udah kyk gini,,yg salah siapa, terlebih disini dokternya masih baru,biasanya perawat senior makin males tanya k dokternya salfnya jenisnya apa
3. apotekernya : memang gk bisa di pungkiri tulisan dokter itu sebagian besar jueeeeleeeeknya minta ampun dah..beneran.yakin sulit di baca (ane juga masih bingung sampe sekarang) disini bisa terjadi kesalahan juga.klo misal kan resep itu numpuk dan pasien banyak,kadang apotekernya juga asal ngasih resep, dan males tanya k dokternya lagi.

tp disini dokternya bilang dia minta maaf krn salah kasih resep. jelas itu salah besar. cuman yg aneh lagi kok dia kaget,nah apakah dia kaget krn dia salah nulis,klo ia dokternya salah dan bisa kena perdata/pidana. atau sebenernya dokternya udah bener kasih salf mata trus perawat ama apotekernya yg salah kasih sehingga dokternya kaget (pernah kejadian seperti ini di alami temen ane, untung pasiennya baca obatnya,,yg salah ternyata perawatnya),,itu yg harus di kritisi. monggo pendapatnya yg smart ya.
tidak profesional berarti dokternya
Quote:


emang tulisan dokter bisa kebaca?? emoticon-Big Grin

ampe detik ini ane blom bisa baca tulisan dokter.. emoticon-Hammer

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
ini dokter ijazahnya nyogok kali yak emoticon-Stick Out Tongue
perlu dibenahi nih Kedokteran Indonesia..emoticon-Cape d...
Quote:


bisa kok mas bro,,laaah klo gk bisa buat apa ada apotek,, kagak mungkin juga dokter kerja sendirian (kecuali dokter pribadi/praktek swasta),klo masuk kedokteran nyogok sih bisa aja mas bro,,klo lulus dokter nyogok ane rada gk percaya,,,knp?skrg ada ujian kompetensinya. gk sembarangan asal nyogok.
gak heranlah lebih banyak orang yang berobat ke negara sebelah.. emoticon-Traveller
kalo berobat ke tongfang habis puluhan juta tapi tambah parah koq ga ada masuk berita ya?
Quote:


lah ntu kan yang baca apoteker kalo ngga perawat apa suster gitu,,kalo masyarakat umum ?? emoticon-Big Grin

emmh ngga bisa nyogok ya kalo lulus?
berati bagus dong emoticon-thumbsup:

Quote:

yui mas bro,,,klo bukan dr medis lagi sangaat tidak mungkin utk di baca,,hehehehe,,,ia,setau ane susaaah banget utk nyogok (lebih susah dr masuk fk)jd buat yg masuk fk dan nyogok skrg pun percuma,soalnya klo gk kompeten gk bakalan jd dokter>
Quote:


nah masut ane di atas tu ntu gan ,,emang rada susah untuk masyarakat umum membaca tulisan dokter..

tadi agan di atas pan nyuruh baca resepya dulu..dan kalo baca resep dokter untuk umum itu susahnya minta ampun,,tau sendiri gan tulisan dokter kek cakar ayam emoticon-Big Grin emoticon-Peace
Quote:


Ini langsung diolesin ke mata obatnya ?
Setahu saya , kalau salep untuk mata dioleskan kebagian kelopak mata bagian luar, bukan matanya langsung...
oleskan salep kulit... cap kaki tiga... ini ya..? benar!!!
ganti mata dokter dengan mata pasiennya
malpraktek emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...

parah yang kek gene dokter nya bakal dipecat dr RS apa diapain nih? emoticon-Malu
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di