alexa-tracking

Anas dan Bharatayudha

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5114af8e7c12438f1d000001/anas-dan-bharatayudha
Anas dan Bharatayudha
http://nasional.sindonews.com/read/2...an-baratayudha

Anas dan Bharatayudha
Anas & Sangkuni

Quote:Anas dan Bharatayudha

Koran SINDO -
Jum'at, 8 Februari 2013 − 13:32 WIB


Di tengah turbulensi politik yang mendera Partai Demokrat, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum membuat status di BlackBerry Messenger, ‘’Politik Para Sengkuni.’’ Kontan saja status tersebut memicu beragam penafsiran.

Apakah status tersebut terkait dengan berbagai manuver yang dilakukan politisi senior belakangan ini? Siapakah orang yang berperan sebagai tokoh antagonis dalam dunia pewayangan tersebut? Atau Anas hanya ingin guyonan untuk sekadar melepas rasa penat?

Anas merespons aneka pertanyaan dengan mengatakan, ’’Saya sedang belajar Mahabarata, baru sedikit soal Sengkuni. Nanti kalau sudah lengkap baca, saya sampaikan.’’

Jawaban mengambang sekaligus bersayap tentu tidak mampu membekukan berbagai spekulasi. Sebaliknya, justru menambah rasa penasaran. Munculnya pertanyaan dan spekulasi sangat bisa dipahami, apalagi Anas seorang politisi.

Di dalam politik bahasa sering tidak linear, tapi berwujud simbol atau metafora. Munculnya nama Sengkuni dan Mahabarata sangat mungkin sebagai simbol yang berisi pesan tertentu yang ditujukan pada orang tertentu.

Simbolisasi seperti apa yang disampaikan Anas tentu harus memahami cerita Mahabarata.Dalam epos asal India, Sengkuni adalah paman Kurawa.

Namanya begitu mengemuka sekaligus sangat dibenci karena dialah yang menebar benih permusuhan keluarga Kurawa dengan anak Pandu yakni Pandawa Lima yang sejatinya masih keluarga. Puncaknya adalah perang Baratayudha dengan Kurawa sebagai pihak yang kalah dan Pandawa Lima sebagai lakon protagonis dalam wiracarita tersebut.

Tanpa menjustifikasi siapa Pandawa dan siapa Kurawa,apalagi siapa yang sebenarnya orang yang patut dicap sebagai Sengkuni, pesan yang bisa ditangkap dari status Anas adalah internal Partai Demokrat di ambang perang Baratayudha dan akhir ceritanya adalah harus ada pihak yang menang dan kalah: zero sum game.

Itulah politik. Kepentingan begitu membutakan sehingga siapa pun dengan mudah lupa siapa kawan dan lawannya.‘’There is no permanent friend and enemy, but only permanent interest,’’ demikian kata Lord Palmerston.

Karena kepentingan pula,alasan untuk mendepak kawan pun bisa dibuat, apakah berdasarkan hasil survei atau sekadar tuduhan korupsi yang belum terbukti. Sebagai politisi yang matang di organisasi, Anas tahu betul fakta-fakta yang muncul belakangan ini sudah mengarah pada desain yang begitu sistematis dan dengan target waktu yang sudah ditentukan.

Tokoh asal Blitar itu tentu paham betul, pendulum politik mengarah pada satu sasaran, dia harus didepak. Apalagi kabar yang muncul menyebutkan sudah ada nama “berkaliber” yang dipersiapkan mengganti posisinya.

Sebagai politisi tulen, Anas bisa dipastikan tidak akan pasrah menunggu nasib dan kemudian terdepak begitu saja. Dalam politik pemenang yang berkuasa menentukan kebenaran dan yang kalah menjadi pecundang seperti Kurawa dalam Mahabarata.

Karena itu, tidak ada pilihan bagi Anas selain bertarung habis-habisan melawan kelompok politisi senior. Mampukah Anas? Sejauh ini dia terlihat masih tenang,seolaholah dia tidak menghadapi masalah serius.

Tapi memang itulah Anas. Dia dikaruniai wajah yang sangat dingin dan menenteramkan pendukungnya. Karena itu, psikologi politik yang diperlihatkan bisa jadi menunjukkan kedalaman jurus politiknya.

Ibarat laut dalam yang tampak tenang di permukaan,tapi arus dalamnya begitu kuat dan mematikan. Dengan demikian, pertarungan Partai Demokrat akan berlangsung sangat seru seperti pertarungan Pandawa-Kurawa di padang Kurusetra.

Baik Anas maupun politisi senior akan mengeluarkan aji-aji pamungkas, baik kekuatan infrastruktur politik maupun opini publik. Bagaimana akhir ceritanya, kita tunggu saja.

(maf)


sebagai penggemar cerita wayang saya juga bingung...

Anas nuduh teman separtainya = Sangkuni.
Sangkuni itu kan pihak Kurawa.
Berarti Demokrat = Kurawa.
Dan Kurawa no 1 itu Prabu Duryudono atau Suyudono...

Berarti Duryudono = emoticon-Shutup?

*kalo yang jadi togog sih jelas, butogono...
Quote:Original Posted By InRealLife
http://nasional.sindonews.com/read/2...an-baratayudha

Anas dan Bharatayudha
Anas & Sangkuni



sebagai penggemar cerita wayang saya juga bingung...

Anas nuduh teman separtainya = Sangkuni.
Sangkuni itu kan pihak Kurawa.
Berarti Demokrat = Kurawa.
Dan Kurawa no 1 itu Prabu Duryudono atau Suyudono...

Berarti Duryudono = emoticon-Shutup?

*kalo yang jadi togog sih jelas, butogono...


siapa tuh togog?emoticon-Bingung

menurut gw gak bisa disamain ama perang bharatayudha

tu 2 kubu, sama2 bejatnya emoticon-Mad
hampir semua politisi adalah sangkuni..bermulut manis tapi berhati busuk..
Quote:Original Posted By InRealLife
http://nasional.sindonews.com/read/2...an-baratayudha

Anas dan Bharatayudha
Anas & Sangkuni



sebagai penggemar cerita wayang saya juga bingung...

Anas nuduh teman separtainya = Sangkuni.
Sangkuni itu kan pihak Kurawa.
Berarti Demokrat = Kurawa.
Dan Kurawa no 1 itu Prabu Duryudono atau Suyudono...

Berarti Duryudono = emoticon-Shutup?

*kalo yang jadi togog sih jelas, butogono...


ane ngakak baca analisa ente gan....sampe togog dibawa bawaemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By beauseant


siapa tuh togog?emoticon-Bingung



togog itu punakawan kyk semar tapi di pihak kurawa, gan

bentuknya bermulut lebar... seperti ini:
Anas dan Bharatayudha

Quote:Original Posted By InRealLife


togog itu punakawan kyk semar tapi di pihak kurawa, gan

bentuknya bermulut lebar... seperti ini:
Anas dan Bharatayudha



pantes, gw bacanya versi india emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
sengkuni kilik sana sini
kurawa dan pandawa rugi emoticon-Kaskus Radio


anas ini pinter ngomong , ga bakalan dia semudah itu lengser,emoticon-Cape d... (S)
Perang jabatan gan..
tapi kalo ini ini perang demi tidak terjerat Kasus..emoticon-Matabelo
ya begitu lah politik,emoticon-Cape d...
ups,jangan bilang kal Dhuryadana ne BYS..emoticon-Shutup

Anas dan Bharatayudha
perang bharatayudha punakawan the gank kagak diajak gan,cuma majikan2 gue doank yg perang emoticon-norose
Quote:Original Posted By InRealLife


togog itu punakawan kyk semar tapi di pihak kurawa, gan

bentuknya bermulut lebar... seperti ini:
Anas dan Bharatayudha



doi makan gunung tapi pas dimakan baru sampe mulut tuh gunung udah meletus duluan makanya mulut doi jadi kek mick jaggeremoticon-Berduka (S)
hari gini engga cukup cuma pinter lobi, siap siap disepak tuh anas
Quote:Original Posted By InRealLife



sebagai penggemar cerita wayang saya juga bingung...

Anas nuduh teman separtainya = Sangkuni.
Sangkuni itu kan pihak Kurawa.
Berarti Demokrat = Kurawa.
Dan Kurawa no 1 itu Prabu Duryudono atau Suyudono...

Berarti Duryudono = emoticon-Shutup?

*kalo yang jadi togog sih jelas, butogono...


susilo bambang duryudono ? emoticon-Bingung (S)
Masalah ekonomi , pangan dll jadi pada lupa .
Smua nya fokus gmn lengserin anas
Quote:Anas dan Bharatayudha

dan Penditho durno pun Bersabda
Nggerrr..
Para manusia sakti mandraguna masih berdiri disekelilingmu. Belum lagi gurumu Pandita Durna masih berdiri dengan segudang kesaktian dan perbawanya. Ada kakakmu Narpati Basukarna yang siap membantumu.

"Dan sekali kali kamu jangan meremehkan Sangkuni, manusia dengan ilmu kebalnya. dan karena dia adalah patihnya duryudana"

emoticon-Ngakak :emoticon-Ngakak
cerita perwayangan sudah masuk dunia politik, karena cerita wayan itu juga duluannya adalah politik seperti yang sekarang ini hanya berbeda zaman dulu zaman Pandawa 5 sekrang zaman Moderen emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By InRealLife


togog itu punakawan kyk semar tapi di pihak kurawa, gan

bentuknya bermulut lebar... seperti ini:
Anas dan Bharatayudha



cocok banget tuh sosoknya ama tokok yg agak mirip kodok yg namanya emoticon-Shutup
________________ emoticon-Ngacir
Butogono
Aseli emoticon-Ngakak

Ada novelnya ga nih emoticon-Big Grin
Kali aja ada yg bikin FFnya
salah satu anak buahnya adalah BUTO CAKIL emoticon-Ngakak
ane emoticon-Najis ma togog emoticon-Ngakak
Gw liat anas ini macem kayak akbar tandjung. Kalem, ga grusak grusuk, jawabannya sangat2 diplomatis, tapi visinya sudah jauh ke depan. Klo tetep konsisten kayak gini, bakal jadi the next akbar ini.