alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51149fed2775b47959000014/ditangani-polda-metro-jaya-kasus-bumi-jalan-ditempat
Ditangani Polda Metro Jaya, Kasus BUMI Jalan Ditempat
Ditangani Polda Metro Jaya, Kasus BUMI Jalan Ditempat


Laporan ini telah dibuat sejak 11 Oktober 2012 lalu di Mabes Polri dengan nomor LP 803/X/2012.

Jakarta - Kasus dugaan peretasan atau hacking yang menimpa akun milik PT Bumi Resources Tbk (BUMI) perusahaan batubara milik Bakrie Group masih jalan di tempat.

Kasus yang telah dilimpahkan Mabes Polri ke Polda Metro Jaya itu belum menunjukan perkembangan berarti.

"(Masih belum ada perkembangan) masih ditangani unit cyber Polda Metro Jaya," kata Kasubdit Cyber Crime Bareskrim, Mabes Polri Kombes Tommy Watuliu saat dihubungi Selasa (5/2).

Laporan ini telah dibuat sejak 11 Oktober 2012 lalu di Mabes Polri dengan nomor LP 803/X/2012. Pelapornya adalah Fuad Helmi, karyawan BUMI yang mengelola akun tersebut.

Ada beberapa pasal yang dilaporkan termasuk Pasal 362 KUHP dan/atau Pasal 406 KUHP dan/atau Pasal 30 Ayat (3) jo Pasal 46 Ayat (3) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Tapi nama terlapornya memang belum ada.

Oleh Mabes Polri laporan ini kemudian dilimpahkan ke Unit Cybercrime Polda Metro Jaya dengan alasan tempat kejadian perkaranya diduga terjadi di Jakarta.

Penyidik Cybercrime Polda Metro Jaya juga dianggap mempunyai keahlian untuk mengungkap kasus ini kendati hingga sekarang belum ada perkembangan yang diekspos ke publik melalui media.

Seperti yang diketahui, Bumi Plc menuding BUMI telah melakukan penyelewengan dana pengembangan senilai US$ 637 juta. Oleh karena itu, manajemen Bumi Plc yang berkantor pusat di London itu mengirim tim investigasi untuk memerikasa laporan keuangan dari BUMI. Bumi Plc memiliki saham 29,3 persen pada BUMI.

Bakrie justru menuding Rothschild telah melakukan pencurian dokumen BUMI lewat peretasan ilegal (hacking). Dokumen curian itu bahkan sudah dipalsukan demi memberikan kesan keliru transaksi di BUMI.

Rothschild kemudian menggunakan data palsu itu sebagai bahan presentasi kepada Direktur Independen Bumi Plc. Untuk itu, Bakrie meminta Rothschild menjelaskan asal usul dokumen itu.


Sources : http://www.beritasatu.com/emiten/951...-ditempat.html