alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511466e61ed7196f3a000013/freeport-jual-emas-915-ribu-ounces-dari-papua-di-2012-turun-28
Freeport Jual Emas 915 Ribu Ounces Dari Papua di 2012, Turun 28%
Freeport Jual Emas 915 Ribu Ounces Dari Papua di 2012, Turun 28%

Jakarta - PT Freeport Indonesia menjual 915 ribu ounces emasnya (1 ounces setara 31,1 gram) dari tambang Grasberg di Papua selama 2012. Jumlah ini menurun dari penjualan emas di awal 2012 sebanyak 1,27 juta ounces.

Penjualan emas Freeport dari tambang emas terbesar dunia di Papua yang dimilikinya memang terus menurun. Di 2011 lalu penjualan emas Freeport dari tambang Grasberg adalah 1,76 juta ounces.

Demikian laporan kinerja Freeport pada 2012 yang dikutip, Jumat (8/2/2013).

Laporan tersebut menyebutkan, meski jumlah penjualan menurun, namun harga rata-rata emas yang dijual Freeport meningkat. Di 2012 lalu, rata-rata harga penjualan emas Freeport dari tambangnya di Papua adalah US$ 1.664 per ounces, naik dibandingkan di 2011 sebesar US$ 1.583 per ounces.

Jumlah produksi emas Freeport di 2012 lalu disebutkan hanya 862 ribu ton, turun drastis dari 2011 yang sebesar 1,272 juta ton.

Jika dikalikan, maka di 2012 Freeport memperoleh uang dari penjualan emas di tambang Grasberg, Papua US$ 1,52 miliar atau sekitar Rp 14,4 triliun. Jumlah ini menurun dari 2011 yang mencapai US$ 2,06 miliar atau sekitar Rp 18,5 triliun.

Selain emas, dari tambang Grasberg di Papua, Freeport juga menjual tembaga sebanyak 716 juta pounds di 2012, turun dari 2011 yang sebesar 846 juta pounds,

Meskipun penjualan emas Freeport dari Papua nilainya besar, namun pemerintah selama ini cuma kedapatan jatah royalti 1%. Lalu untuk tembaga pemerintah hanya dapat jatah royalti 1,5%-3,5%. Royalti ini jelas jauh lebih rendah dari negara lain yang biasanya memberlakukan 6% untuk tembaga dan 5% untuk emas dan perak.

Di Indonesia, dalam aturan royalti pertambangan yang ditetapkan Peraturan Pemerintah (PP) No.45/2003 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku, royalti emas ditetapkan 3,75% dari harga jual kali tonase.

Kontrak karya Freeport ditandatangani pada 1967untuk masa 30 tahun terakhir. Kontrak karya yang diteken pada awal masa pemerintahan Presiden Soeharto itu diberikan kepada Freeport sebagai kontraktor eksklusif tambang di atas wilayah 10 km persegi di Papua.

Pada 1989, pemerintah Indonesia kembali mengeluarkan izin eksplorasi tambahan untuk 61.000 hektar. Dan pada tahun 1991, penandatanganan kontrak karya baru dilakukan untuk masa berlaku 30 tahun berikut 2 kali perpanjangan 10 tahun. Ini berarti kontrak karya Freeport baru akan habis pada 2041.




Kenapa pemerintah malah ribut pengen redenominasi? sedangkan permasalahan royalti freeport dianggap sepele? Indon cuman dapet 1% doang dari total penambangan 1.27 juta ounces setara 39.50 juta gram!

Harga emas Antam per gram aja sekarang 540 ribuan, woe pemerintah kemane aje? Harta ibu pertiwi lagi dirampas noh sama Freeport, kalo emang ga bisa menghentikan penambangan setidaknya naikin lah royalti sama kayak negara lain, masa sih ga bisa maksa Freeport naikin royalti jadi 5 %???? emoticon-Cape d... (S)


Sumber: [url]http://finance.detik..com/read/2013/02/08/091901/2164524/4/freeport-jual-emas-915-ribu-ounces-dari-papua-di-2012-turun-28?f9911013[/url]

Namanya juga negara dunia ketiga om... Cuma jadi objek jajahan Kapitalis negri2 adidaya...
Lihat saja kalau Freeport gagal perpanjang kontrak jelang 2021 nanti, pasti A.S.U. rela keluar modal byk bwt nyeponsori OPM, agar Papua lepas dr NKRI, seperti yg mrk lakukan pada pemberontak Suriah, Irak, Libya, dll... Setelah pemimpin2 OPM berkuasa & bergelimang harta, Freeport akan dpt izin sampai puluhan tahun lagi...
emoticon-Cool
sekarang keuntungan gak dapat, nanti kalo udah abis emasnya kita ditinggalin kerusakan alam yg parah. emang begini nasib negeri yg kekuasaannya dipegang oleh babi2 serakah
Hancur dah negriku tercinta ini

Kata sapa he Indonesia merdeka??? emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
ntar kalau Indonesia macam2 si ASU ngancam akan mendukung kemerdekaan papua.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bayubabay
Freeport Jual Emas 915 Ribu Ounces Dari Papua di 2012, Turun 28%

Buset itu kayak abis ditabrak meteor segede plasa Senayan emoticon-Matabelo
Wadah.. Ini ma Konspirasi orang Freeport aja
itu ngitungnya gimana?
lha wong di papua ga ada peleburan emasnya kok, freeport kirim mentahnya langsung ke luar negeri... so ..
pemerintah ya di kibulin lah...
yg msh gak habis pikir tambang uang begitu gedenya kok dikuasai asing?
Quote:Original Posted By mukidivanbekasi
Ini mah cuma remah-remahnya.

Yang sudah "dicuri" dari dulu berapa? Siapa yang jadi kaya dengan barang itu?



Spoiler for masuk sini:


bener gan, capek dechh

Quote:Original Posted By Bembey
Namanya juga negara dunia ketiga om... Cuma jadi objek jajahan Kapitalis negri2 adidaya...
Lihat saja kalau Freeport gagal perpanjang kontrak jelang 2021 nanti, pasti A.S.U. rela keluar modal byk bwt nyeponsori OPM, agar Papua lepas dr NKRI, seperti yg mrk lakukan pada pemberontak Suriah, Irak, Libya, dll... Setelah pemimpin2 OPM berkuasa & bergelimang harta, Freeport akan dpt izin sampai puluhan tahun lagi...
emoticon-Cool


nah tuh dia gan, mirip buah simalakama jadinya

Quote:Original Posted By KolorBerenda
sekarang keuntungan gak dapat, nanti kalo udah abis emasnya kita ditinggalin kerusakan alam yg parah. emang begini nasib negeri yg kekuasaannya dipegang oleh babi2 serakah


korbannya ratusan juta rakyat Indonesia emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By bayubabay
Freeport Jual Emas 915 Ribu Ounces Dari Papua di 2012, Turun 28%

Jakarta - PT Freeport Indonesia menjual 915 ribu ounces emasnya (1 ounces setara 31,1 gram) dari tambang Grasberg di Papua selama 2012. Jumlah ini menurun dari penjualan emas di awal 2012 sebanyak 1,27 juta ounces.

Penjualan emas Freeport dari tambang emas terbesar dunia di Papua yang dimilikinya memang terus menurun. Di 2011 lalu penjualan emas Freeport dari tambang Grasberg adalah 1,76 juta ounces.

Demikian laporan kinerja Freeport pada 2012 yang dikutip, Jumat (8/2/2013).

Laporan tersebut menyebutkan, meski jumlah penjualan menurun, namun harga rata-rata emas yang dijual Freeport meningkat. Di 2012 lalu, rata-rata harga penjualan emas Freeport dari tambangnya di Papua adalah US$ 1.664 per ounces, naik dibandingkan di 2011 sebesar US$ 1.583 per ounces.

Jumlah produksi emas Freeport di 2012 lalu disebutkan hanya 862 ribu ton, turun drastis dari 2011 yang sebesar 1,272 juta ton.

Jika dikalikan, maka di 2012 Freeport memperoleh uang dari penjualan emas di tambang Grasberg, Papua US$ 1,52 miliar atau sekitar Rp 14,4 triliun. Jumlah ini menurun dari 2011 yang mencapai US$ 2,06 miliar atau sekitar Rp 18,5 triliun.

Selain emas, dari tambang Grasberg di Papua, Freeport juga menjual tembaga sebanyak 716 juta pounds di 2012, turun dari 2011 yang sebesar 846 juta pounds,

Meskipun penjualan emas Freeport dari Papua nilainya besar, namun pemerintah selama ini cuma kedapatan jatah royalti 1%. Lalu untuk tembaga pemerintah hanya dapat jatah royalti 1,5%-3,5%. Royalti ini jelas jauh lebih rendah dari negara lain yang biasanya memberlakukan 6% untuk tembaga dan 5% untuk emas dan perak.

Di Indonesia, dalam aturan royalti pertambangan yang ditetapkan Peraturan Pemerintah (PP) No.45/2003 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku, royalti emas ditetapkan 3,75% dari harga jual kali tonase.

Kontrak karya Freeport ditandatangani pada 1967untuk masa 30 tahun terakhir. Kontrak karya yang diteken pada awal masa pemerintahan Presiden Soeharto itu diberikan kepada Freeport sebagai kontraktor eksklusif tambang di atas wilayah 10 km persegi di Papua.

Pada 1989, pemerintah Indonesia kembali mengeluarkan izin eksplorasi tambahan untuk 61.000 hektar. Dan pada tahun 1991, penandatanganan kontrak karya baru dilakukan untuk masa berlaku 30 tahun berikut 2 kali perpanjangan 10 tahun. Ini berarti kontrak karya Freeport baru akan habis pada 2041.




Kenapa pemerintah malah ribut pengen redenominasi? sedangkan permasalahan royalti freeport dianggap sepele? Indon cuman dapet 1% doang dari total penambangan 1.27 juta ounces setara 39.50 juta gram!

Harga emas Antam per gram aja sekarang 540 ribuan, woe pemerintah kemane aje? Harta ibu pertiwi lagi dirampas noh sama Freeport, kalo emang ga bisa menghentikan penambangan setidaknya naikin lah royalti sama kayak negara lain, masa sih ga bisa maksa Freeport naikin royalti jadi 5 %???? emoticon-Cape d... (S)


Sumber: [url]http://finance.detik..com/read/2013/02/08/091901/2164524/4/freeport-jual-emas-915-ribu-ounces-dari-papua-di-2012-turun-28?f9911013[/url]

NB
ane menerima BARCEN maksimal 10, pm me! emoticon-Malu (S)


berani putus kontraknya gak...?? malah masalahin redenominasi...^^
Quote:Original Posted By Jeschen

kok mutus, barbar banget
nego aja dari sekarang kalo ga cocok, bikin ga bakal diperpanjang.
kalo ga perpanjang indonesia harus invest tuh beli truk2 gede, peralatan gali segala macem


nah lebih barbar mana...^^...:
a. kontrak udah ada...tapi di bilang ngerampok...??
atau
b. putusin kontrak sepihak...??
laporan palsu , biar pembagiannya kecil emoticon-Hammer2
Sudah saatnya nih pemerintah tegas sama freeport

kira2 esbeye berani ga ya naikin royalti? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By Bembey

Gak bakal... Berani nagih lebih, AS langsung mempersenjatai OPM, setelah terjadi konflik bersenjata mrk nyebar isu di media2 internasional klo Pemerintah RI melakukan pelanggaran HAM...

Jangan lupakan Operasi Militer di ACEH...! Media2 asing semua nyerang Pemerintah RI... Seolah2 RI membantai orang2 Aceh... Padahal orang Acehnya sendiri gak peduli mau jadi provinsi atau jadi negara sendiri... Saat Aceh kena bencana besar Gempa & Tsunami 2004, kemana GAM...? Hasan Tiro cs malah enak-enakan di Swedia... Pemerintah RI semua kan yg ngurus...

Begitu pula di Papua, tiap kali ada bencana, kemana OPM yg disponsori Amrik & dpt suaka politik dr Australi itu...? Sejelek-jeleknya pemerintah RI, masih lebih baik daripada Bangsa2 Penjajah yg cuma nyari duit...


Bisa jadi gan, ujung2nya nanti Indonesia bisa aja diembargo kayak dulu, diboikot, apa sih yang ga bisa dilakukan Amerika sama sekutunya, apalagi di atas Amerika ada kepentingan lebih besar yg "bermain"

SDA Papua masih sangat potensial, jadi mereka akan lakukan berbagai cara untuk mempertahankan penjajahan atas kekayaan alam negri Papua,
Quote:Meskipun penjualan emas Freeport dari Papua nilainya besar, namun pemerintah selama ini cuma kedapatan jatah royalti 1%. Lalu untuk tembaga pemerintah hanya dapat jatah royalti 1,5%-3,5%. Royalti ini jelas jauh lebih rendah dari negara lain yang biasanya memberlakukan 6% untuk tembaga dan 5% untuk emas dan perak.


Bener-bener ngga habis pikir emoticon-Cape d... (S) cuma 1% emoticon-Mad
ada yg bs share uu pertambangan, yg ktnya pemerintah berhak atas saham sekian persen dari perusahaan pertambangan?
Quote:Original Posted By Bembey
Gak bakal... Berani nagih lebih, AS langsung mempersenjatai OPM, setelah terjadi konflik bersenjata mrk nyebar isu di media2 internasional klo Pemerintah RI melakukan pelanggaran HAM...

Jangan lupakan Operasi Militer di ACEH...! Media2 asing semua nyerang Pemerintah RI... Seolah2 RI membantai orang2 Aceh... Padahal orang Acehnya sendiri gak peduli mau jadi provinsi atau jadi negara sendiri... Saat Aceh kena bencana besar Gempa & Tsunami 2004, kemana GAM...? Hasan Tiro cs malah enak-enakan di Swedia... Pemerintah RI semua kan yg ngurus...

Begitu pula di Papua, tiap kali ada bencana, kemana OPM yg disponsori Amrik & dpt suaka politik dr Australi itu...? Sejelek-jeleknya pemerintah RI, masih lebih baik daripada Bangsa2 Penjajah yg cuma nyari duit...

hati2 loh oom, dimari banyak pejuang2 1 senemoticon-Malu (S)
seharusnya sejak dulu freeport dinasionalisasi..
namun karena pemerintah (penguasa) ada kepentingan pribadi, maka dibiarkanlah freeport menjarah papua
sbentar lagi tuhan pasti murka

krn alamnya diancurin sama manusia2 tamak dan serakah
×