alexa-tracking

Rata-rata Vonis untuk Koruptor Hanya 3,5 Tahun Penjara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51143edae874b4451200000a/rata-rata-vonis-untuk-koruptor-hanya-35-tahun-penjara
Rata-rata Vonis untuk Koruptor Hanya 3,5 Tahun Penjara
JAKARTA, KOMPAS.com — Rata-rata vonis yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta dianggap masih ringan. Berdasarkan data Indonesia Corruption Watch, rata-rata hukuman di PN Tipikor Jakarta hanya berkisar tiga tahun enam bulan penjara dari 240 perkara yang diadili.

Kompas.com mencatat perbandingan angka vonis dengan nilai uang yang dikorupsi atau kerugian negara yang timbul akibat perbuatan sejumlah terdakwa dalam kurun waktu 2012-2013, sebagai berikut :

1.Kasus suap wisma atlet SEA Games 2011. Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, divonis 4 tahun 10 bulan penjara ditambah denda Rp 200 juta subsider 4 bulan kurungan. Suap yang diterima Nazaruddin berupa cek senilai Rp 4,6 miliar. Hukuman ini diperberat jadi 7 tahun penjara di tingkat kasasi.

2.Kasus suap cek perjalanan. Nunun Nurbaeti divonis 2 tahun 6 bulan penjara. Dia dianggap menyuap lebih dari 26 anggota DPR 1999-2004 dengan cek perjalanan senilai total Rp 20,8 miliar.

3. Kasus suap cek perjalanan. Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda Goeltom, divonis 3 tahun penjara ditambah denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan. Dia dianggap terbukti bersama-sama Nunun menyuap anggota DPR 1999-2004 dengan cek perjalanan senilai total Rp 20,8 miliar.

4.Kasus suap kepailitan PT Skycamping Indonesia. Hakim Syarifuddin divonis 4 tahun penjara ditambah dena Rp 150 juta subsider 4 bulan kurungan. Nilai uang suap yang diterimanya Rp 250 juta. KPK juga menyita 1 mobil Mitsubishi Pajero, 84.228 dollar AS, 284.900 dollar Singapura, 20.000 yen, 12.600 baht, dan Rp 141 juta. Uang-uang tersebut kemudian harus dikembalikan kepada Syarifuddin setelah KPK kalah dalam gugatan yang diajukan Syarifuddin.

5.Kasus suap pembahasan RAPBD Kota Semarang 2011-2012. Mantan Wali Kota Semarang, Soemarmo Hadi Saputro, divonis 1 tahun 6 bulan penjara ditambah denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan. Uang suap yang diberikan Seomarmo kepada anggota DPRD Semarang mencapai Rp 304 juta. Namun, komitmen yang dijanjikan Rp 4 miliar.

6.Kasus dugaan suap Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah dan pencucian uang. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Wa Ode Nurhayati, divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Nilai uang yang diterima Wa Ode mencapai Rp 6,25 miliar, sedangkan nilai pencucian uang yang dilakukannya sekitar Rp 50,5 miliar.

7.Kasus korupsi pajak dan pencucian uang. Pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Dhana Widyatmika, divonis 7 tahun penjara ditambah denda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan. Dia dianggap terbukti menerima gratifikasi Rp 2,75 miliar, pencucian uang atas kepemilikan uang Rp 11,41 miliar dan 302.000 dollar AS di rekeningnya, serta logam mulia seberat 1.100 gram dalam save deposite box.

8.Kasus dugaan penerimaan suap kepengurusan anggaran proyek Kemendiknas. Anggota DPR, Angelina Sondakh, divonis 4 tahun 6 bulan penjara ditambah denda Rp 250 juta subsider kurungan 6 bulan. Nilai suap yang diterima Angie mencapai Rp 2,5 miliar dan 1.200.000 dollar Amerika dari Grup Permai.

9.Kasus suap kepengurusan izin perkebunan di Buol. Direktur PT Hardaya Inti Plantation, Hartati Murdaya Poo, divonis 2 tahun 8 bulan penjara dan denda Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan. Nilai suap yang diberikannya kepada Bupati Buol Amran Batalipu mencapai Rp 3 miliar.

10. Kasus korupsi pengadaan solar home system (SHS) atau listrik untuk perdesaan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi, Jacob Purwono, selaku terdakwa pertama divonis 9 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 6 bulan kurungan. Adapun anak buahnya, mantan Kepala Sub-usaha Energi Terbarukan Direktorat Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi, Kosasih Abbas, divonis penjara 4 tahun dan denda Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan. Kerugian negara yang timbul akibat perbuatan terdakwa mencapai Rp 80 miliar. Jacob dan Kosasih juga menerima uang dari rekanan, masing-masing Rp 1 miliar, Rp 30 juta, dan Rp 550 juta.

sumber

kira2 tersangka berikutnya dapet berapa tahun hayoo..
sedih...emoticon-Sorry
kmrn ada maling sepatu sm helm aja dipukulin smpe hampir mati..ini yang bermilyar2 cm dihukum segitu...tetep kaya,tetep gendut, tetep sehat.....emoticon-Berduka (S)
Itung aja...

Korupsi Rp 5M, abis itu dihukum 4th, sama bayar denda 200jt. Duid masih sisa 4,8M. Katakanlah di deposito selama 4th. Bunga deposito katakanlah 10% setaun. hasilnya setelah ndekem di pakunjaran 4th, total uangnya Rp. 4,8M + 1.9M= emoticon-Matabelo

WTF, hukum di Indonesia beraninya sama orang yang nggak punya duid! emoticon-Tai emoticon-fuck2
KASKUS Ads
image-url-apps
kurang lama ya gan
image-url-apps
Quote:


Sudah bisa di prediksi gan
Makin banyak aja deh koruptor kalo hukumannya lebih rendah daripada maling ayam.
kseimpulan yang di dapet adalah...

jadi lah koruptor dan ambil duid sebanyak2 nya di banding nyolong sendal... emoticon-Embarrassment
miris gan dengan hakim di indonesia..jaksa penuntut udah capek kerja penuntutan..eh malah di vonis ringan...seharusnya hakim di karantina dan jangan gampang dihubungi..di indonesi parah, malah bisa diajak nyabu sambil karaokean
beda banget dengan maling sendal dan maling kelas teri ya gan
harusnya 10 kali lipet dari yg skrg biar pada mikir kalo mau korupsi
ga ada efek jera , harusnya skalian hukum pancung emoticon-Sorry
wah gitu yah ternyata. rata2 nya kecil banget
yang nyoret 2 situs presiden 12 tahun penjara emoticon-Cape d... (S)
Ya gitu dech makanya Koruptor gsk pernah KAPOK.............
hmmmmm, pasti ada komplikasi eh konspirasi nih emoticon-Ngacir2
gk heran sama hukum indonesia emoticon-Cape d... (S)
ane cuma bisa sumpahin dan mereka para koruptor masuk neraka jahanam di akhirat nanti. amin

dunia tak selamanya mereka juga akan mati
surganya koruptor
cuma dsini aja yg bs bgini.. korup dah jd hobi
image-url-apps
dikit bgt mana jera koruptor..dendanya aja msh untung dia