alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengurus Wihara: Semua Etnis Boleh Rayakan Imlek
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51134808e374b4d904000006/pengurus-wihara-semua-etnis-boleh-rayakan-imlek

Pengurus Wihara: Semua Etnis Boleh Rayakan Imlek

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Pengurus Wihara Dharma Jaya Toasebio di kawasan pecinan Glodok, Jakarta Barat, Andi, mengatakan, semua etnis boleh merayakan Tahun Baru Imlek yang merupakan tradisi kebudayaan turun-temurun warga China.

"Semua etnis boleh merayakan Imlek karena ini merupakan kebudayaan tradisional China. Sama saja dengan merayakan tahun baru nasional," kata Kepala Pengurus Wihara Dharma Jaya Toasebio, Andi, kepada Antara di Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Dia mengatakan, makna Imlek merupakan perayaan pergantian musim dari musim dingin menuju musim semi, ketika semua pohon akan kembali bermekaran, dan menandakan adanya kehidupan baru.

Menurut Andi, pada umumnya Imlek dirayakan umat Buddha. Namun, seiring perkembangan zaman, Imlek sudah dinilai sebagai tradisi kebudayaan sehingga etnis Tionghoa dari bermacam agama tetap merayakannya.

Dia menjelaskan, Imlek kali ini merupakan pergantian tahun dari tahun naga menjadi ular air. Menurutnya, tidak ada makna khusus dari simbol-simbol hewan di setiap perayaan Imlek. "Hewan-hewan itu hanya merupakan shio. Tidak ada makna khusus," kata dia.

Pada malam hari sebelum Imlek, menurut dia, biasanya warga Tionghoa melakukan sembahyang di wihara untuk meminta berkah dari ratusan dewa kepercayaan China. Biasanya, kata dia, warga yang datang ke wihara di Glodok tidak hanya dari Jakarta, tetapi dari mana saja karena Glodok merupakan kawasan pecinan.

Dia memprediksikan pada Sabtu (9/2/2013) malam atau menjelang pergantian Tahun Baru Imlek, warga Jabodetabek akan memadati kawasan pecinan di Glodok, Jakarta Barat, untuk bersembahyang di wihara.

Anggota Wihara Dharma Jaya Toasebio Komari menjelaskan bahwa ritual sembahyang menyambut Tahun Baru Imlek kerap disalahsartikan dengan menyembah makhluk gaib yang ada dalam patung-patung dewa. Menurutnya, hal itu tidak benar.

Komari menjelaskan, menurut kepercayaan etnis Tionghoa, dewa-dewa kepercayaan China berjumlah lebih dari 400. Dewa-dewa tersebut dipercaya sebagai wali yang diutus oleh Sang Pencipta untuk menebar kebaikan di muka bumi.

"Dewa-dewa ini wujudnya manusia seperti wali, dia diperintahkan menebar kebaikan. Nah, patung-patung yang ada di sini itu hanya simbol atau figur agar umat ingat sosok para walinya. Jadi, bukan kami menyembah setan, kami tetap menyembah Tuhan," kata Komari.

Dia mengatakan, masing-masing dewa diberikan tugas masing-masing, antara lain menebar kebaikan di bidang rezeki, usaha, kesehatan, dan kemakmuran.

Komari mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pengurus wihara dalam menyambut Imlek. Pihaknya hanya memasang beberapa lampion dan membersihkan wihara.

"Sama saja seperti tahun lalu, cuma bersih-bersih dan pasang lampion. Karena lampion kan ciri khas Imlek," kata dia.

Imlek akan jatuh pada tanggal 10 Februari 2013. Berdasarkan penanggalan China, Imlek tahun ini merupakan yang ke-2564.

http://oase.kompas.com/read/2013/02/...campaign=Kknwp

semoga tidak ada polemik emoticon-Big Grin
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh gegep
parah-parah-parah
masa imlek jatuhnya hari minggu?
bisa nggak diundur sehari saja?

ane protes nihemoticon-Matabelo
iya semua bole kok ngerayain
Knapa jatuhnya ga jumat aja...
Bulan ini butuh harpitnas nih.. :nangis
Kenapa sih harus hari minggu??? emoticon-Sorry

Ane bener-bener merasa rugi. Harus poll-poll-an nyari angpo nya nih...
Di mundurin 1 hari boleh yaaaa....
3 hari lagi yah

emoticon-Big Grin
Pengurus Wihara: Semua Etnis Boleh Rayakan Imlek

emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
KENAPA HARUS MINGGU?
emoticon-Marah
imlek itu tahun baru/kalender
tidak ada hubungannya dengan agama/etnis

kalender imlek dihitung berdasar rotasi bulan terhadap bumi
rotasi bulan ini mempengaruhi perubahan musim di bumi

dirayakan karena menandakan masuknya musim baru dan mengharapkan berkah di musim semi
yes, berarti ane bisa dapet angpao dong nih ya emoticon-Ngakak emoticon-No Hope
betul, yang jadi masalah itu kenapa di hari minggu emoticon-Berduka (S)
Quote:


Kebetulan aja gan.
Umat Buddha merayakan imlek?? emoticon-Gila

Imlek bukan perayaan keagamaan...

Imlek itu lebih ke arah cultural, bukan religion/spiritual.
same here...
kenapa harus hari Minggu? emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
why GOD...WHY??????
Quote:


imlek itu tahun baru etnis CHINA
Quote:


benar gan
imlek sebenarnya lebih bersifat ilmiah/matematika ttg penghitungan rotasi bulan
yg kemudian dipakai sebagai kalender untuk menentukan musim
tapi karena penemunya orang cina ribuan tahun lalu di daratan cina maka mayoritas yg makai orang cina
dan jaman dahulu tidak banyak orang yg mengenyam edukasi tinggi hingga perayaan tahun baru ini dianggap berhubungan dengan mistis/kehendak langit/agama
yg kebetulan mayoritas beragama buddha/konghucu

Quote:


Yg uda kerja atau uda gede gk dpt angpao lg gan. emoticon-Malu (S) emoticon-Ngakak

Kenapa hari minggu?

Penanggalan imleknya emang jatuh dihari minggu gan, gak bs diubah lagi. Hikss... Itu dihitung berdasarkan rotasi bumi, jadi pas musim semi jatuh tgl segitu.
How i wish it is going to be on monday
Quote:


iya nih jadi g ada hari libur extra
Quote:


bner gan...mari kita demo di depan istana.Kita minta hari senin gitu...biar liburnya tambah panjang emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di