alexa-tracking

10 Pekerjaan yang Tak Perlu Ijazah Sarjana

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511301062675b4f271000002/10-pekerjaan-yang-tak-perlu-ijazah-sarjana
10 Pekerjaan yang Tak Perlu Ijazah Sarjana
Oleh: Marmi Panti Hidayah

Dalam dunia kerja, masih banyak perusahaan yang mempertimbangkan latar belakang pendidikan calon karyawan. Dalam syarat penerimaan pegawai baru, sejumlah perusahaan mencantumkan syarat untuk melampirkan ijazah perguruan tinggi.

Fakta ini menggelisahkan pencari kerja, terutama yang tak berijazah. Tak heran Nick Corcodilos dari Ask The Headhunter mendapat banyak pertanyaan dari komunitasnya. Misal, seorang pencari kerja bertanya,”Saya memiliki pengalaman kerja selama 20 tahun di bidang akuntansi tapi tak memiliki gelar kesarjanaan. Bagaimana saya menulis lamaran pekerjaan kepada pemimpin perusahaan tanpa gelar yang dibutuhkan?”

Menanggapi itu, Nick Corcodilos mengatakan, untuk profesi tersebut banyak lulusan perguruan tinggi jurusan akuntansi punya pengalaman kerja. Namun pengalaman kerja selama 20 tahun dapat dengan mudah menggantikan gelar.

Oleh karena itu, suka atau tidak suka kandidat harus bersaing. Corcodilos menyarankan, tenaga kerja bisa mengambil program khusus tanpa harus kuliah di perguruan tinggi demi memperoleh gelar. Sekarang banyak “program pembelajaran jarak jauh”. Ini adalah perguruan tinggi yang akan memberikan kursus melalui internet.

Namun ia menyarankan agar tenaga kerja memeriksa program pendidikan online secara detail sebelum mendaftar. Pastikan lembaga tersebut terakreditasi.

Sebenarnya banyak orang bisa sukses tanpa gelar kesarjanaan. Bill Gates, pendiri Microsoft, tidak pernah lulus kuliah. Begitu pula Michael Dell atau Steve Jobs. Di luar dunia teknologi, ada Richard Branson. Tanpa ijazah perguruan tinggi, mereka memulai usaha sendiri dan kemudian sukses.

Anda tentu saja bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai mencari ide untuk mendirikan sebuah usaha, kemudian belajar secara otodidak untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Namun jika Anda masih ingin bekerja pada orang lain di sebuah perusahaan, berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa Anda raih tanpa perlu gelar sarjana.

1. Jurnalis
Media massa biasanya mensyaratkan ijazah perguruan tinggi bagi semua pelamarnya. Namun jika Anda memulai sejak dini terjun sebagai wartawan di majalah sekolah, buletin kampus, atau surat kabar lokal di kota Anda, biasanya perusahaan akan memperhitungkan pengalaman Anda. Kemudian, jurnalis baru biasanya akan mendapat pelatihan di tempat kerjanya.

2. Sales/marketing
Banyak perusahaan mempekerjakan kandidat sales dengan melihat pengalaman kerja dan tidak mempertimbangkan gelar.

3. Pengembang web
Prospek kerja dan potensi penghasilan bagi para pengembang web (termasuk pengembang aplikasi) diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pekerjaan lain.

4. Sekretaris
Sekretaris ataupun petugas administrasi melakukan tugas seperti penyusunan pesan, penjadwalan rapat, dan memberikan dukungan untuk staf kantor lainnya.

5. Asisten paralegal
Paralegal dan asisten hukum melakukan berbagai pekerjaan untuk mendukung pengacara, termasuk memelihara dan mengatur file, melakukan penelitian hukum, dan penyusunan dokumen. Gelar sarjana atau sertifikat dalam studi paralegal biasanya diperlukan untuk calon entry level.

6. Desainer
Untuk menjadi desainer, baik itu desainer mode ataupun atau desainer artistik di media, baik web maupun media cetak, yang dibutuhkan adalah keahlian dan portofolio karya. Cukup kursus agar mengerti lebih baik tentang teknis yang lebih rumit. Dan yang lebih diutamakan: bakat.

7. Teknisi
Dalam hal ini, mekanik atau teknisi bekerja mengontrol kualitas dari sistem permesinan yang tak rumit. Misalnya, sistem pendinginan di berbagai gedung, atau mekanik pada sistem perbengkelan kendaraan.

8. Tenaga survei
Tenaga survei bekerja untuk membuat pengukuran yang tepat, melakukan survei dan pemetaan, serta mengumpulkan data.

9. Asisten eksekutif
Asisten Eksekutif memberikan dukungan administrasi termasuk melakukan penelitian, pembuatan laporan, penanganan permintaan informasi, dan juga dapat mengatur panggilan rapat serta acara perusahaan.

10. Agen asuransi
Agen asuransi menjual produk perlindungan kesehatan, properti, otomotif. Menjadi agen asuransi menjanjikan penghasilan yang baik dan memungkinkan pengembangan karir.
Sumber: http://id.she.yahoo.com/10-pekerjaan...140957885.html
anggota DPR hjuga teermasuk ga mas bro ? emoticon-Malu (S)
11. forex trader (tambahan dr ane gan)
semua kerjaan juga gak butuh gelar sarjana klo emang skill ente udah di akuin sama hrd, owner, or yg bawa ente emoticon-Big Grin

bisa aje gak memiliki skill di bidang yg akan ditempati, tapi ada syarat nya,,, cepet tanggep, gak lemah otak, dimulai dari gaji terendah dulu ya emoticon-Big Grin

kenapa di setiap lowongan ada minimal pendidikan,,, itu buat filter agar yg masuk bukan kategori lemah otak (walo banyak yg lolos)
makanya ada interview + psikotes buat buktiin tuh riwayat pendidikan benar adanya apa cma sekedar selembar kertas emoticon-Big Grin

ada loh yg riwayat pendidikannya sarjana dengan waktu kuliah lebih dari 5 tahun tapi tetep diterima, karena riwayat pengalaman bekerja doi juga ada dan kemampuan di akuin,,,

jadi bagi yg gak punya gelar sarjana,,, jangan pesimis, buktiin ente bisa bersaing
bagi yg kuliahnya lama, ipk dibawah standar,,, jangan pesimis,,, buktiin klo pengalaman kerja + kemampuan ente bersaing
bagi yg kuliahnya cepet dengan ipk diatas standar,,, jangan terlalu optimis,,, sekarang banyak perusahaan gak percaya sama yg tertulis di kertas emoticon-Stick Out Tongue
Sebenarnya sih, nggak perlu ada ijazah apa2 kalau ada koneksi emoticon-Cendol (S)
Quote:


tapi itu gak berlaku kalo mo daftar jadi pegawai di negeri kita ya gan emoticon-Big Grin

Ane saja sekarang ngga perlu ijazah, yang penting berusaha emoticon-thumbsup
iy betul gan tp perlu ada ijazah tuk kenaikan jabatan
Quote:


jaman jadul sih masih bisa,,, di mulai dari honorer emoticon-Stick Out Tongue
abang gw dulu juga honorer,,, tapi ya gitu,, jadi kacung dulu ente bertahun2 emoticon-Cape d... (S)
kalau sekretaris gw stuju,wong yg penting cantik dan bisa diajak mesra2an aj da cukup plus sexy bahenol lulusan SD gppemoticon-Ngakak
nice inpoh
Pengalaman jauh lebih penting , sarjana khusus buat org2 yg blm pernah kerja samasekali...
Kerja ditmpt org ketar ketir gan masa dpan g jls. Sistem kontrak bkin pusing
emoticon-Matabelo.. wah ternyata ada.. wakakakak sebentar sekolah sudah tidak laku..
Quote:


wah l


wah kalo anggota DPR harus punya pengalaman di bidang theater bro emoticon-Ngakak

Quote:


yup, pengalaman akan membuktikan emoticon-Big Grin
ip gw termasuk rendah, cuma 2 sekian
awal masuk kerja di kantor sekarang pas interview lihat saingan pada mantep semua nih penampilan.
begitu interview ternyata kelebihan gw yang di pake emoticon-Hammer (S)
Caleg minimal SMA / s1 ya emoticon-Amazed
wah bagus infonya gan
saya termasuk orang yang beruntung dalam bekerja saya tidak pernah menggunakan ijazah, dimulai dari mahasiswa jadi drafter gambar bangunan terus menjadi perencana di konsultan kemudian kerja di pabrik furniture di bagian produksi kerjanya merancang bentuk mebel lanjut menjadi guru menggambar private anak-anak dan akhirnya menjadikan aku sebagai guru GTT seni lukis di sekolah negeri. kuncinya hanya jangan ragu untuk memulai yang baru.