alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51126c186012437b5f000002/banyak-negara-bisa-kacau-kalau-ri-setop-ekspor-gas
Banyak Negara Bisa Kacau Kalau RI Setop Ekspor Gas
Pemerintah Indonesia berencana untuk mengurangi ekspor gas ke luar negeri, karena industri dan listrik di Indonesia makin banyak membutuhkan gas. Ternyata banyak negara khawatir Indonesia menghentikan ekspor gas.

Hal ini disampaikan oleh Menteri ESDM Jero Wacik dalam jumpa pers di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (6/2/2013).
"Menteri dan perusahaan asing datang ke saya. Dia lihat saya akan kurangi ekspor gas ke luar negeri. Bahkan ada satu dua yang takut ekpor disetop. Karenanya ada menteri luar negeri datang ke saya meminta saya jangan menyetop ekspor gas. Mereka mengatakan kalau mengurangi dan menyetop bisa kacau negara saya," tutur Jero.

Dikatakan Jero, memang banyak negara yang industrinya sangat bergantung pada pasokan gas dari Indonesia. Namun Jero mengatakan, pengurangan ekspor gas tetap menjadi pilihan pemerintah Indonesia.
"Saya juga pikir kalau saya ekspor, negara saya yang kacau. Industri mahal, PLN mahal. Saya pikir tentu saya lebih mencintai Indonesia. Ya jadi saya katakan ke menteri itu, ya saya pilih melindungi negara saya. Biar negara saya nggak kacau," ucap Jero.

Namun Jero mengatakan memberikan pilihan. Dia meminta para negara yang bergantung pada gas dari Indonesia untuk membangun pembangkit listrik dengan sumber energi panas bumi, matahari, ataupun biomassar. Sehingga kebutuhan gas di Indonesia bisa kurang dan diekspor.

"Makanya saya minta Jepang, Korea, dan China yang punya teknologi untuk membangkitkan. Kita tak butuh lagi gas. Gas bisa ke negara saudara," tegas Jero.

Saat ini, Jero mengatakan, dirinya tengah berpikir keras agar gas-gas domestik dari sumur-sumur di berbagai tempat bisa dialirkan menuju lokasi industri atau pembangkit listrik yang membutuhkan.

"Saya keras berpikir untuk nambah gas domestik. Gas masih kurang. Infrastruktur masih kurang lengkap. Bawa ke industri belum bisa. Harus ada pipa, FSRU. Bagaimana sampai ke industri, SPBG itu masih pekerjaan keras. Sehingga kebutuhan gas dalam negeri belum terpenuhi," tutup Jero. (detik/6/2/13)

[url]http://finance.detik..com/read/2013/02/06/201432/2163259/1034/banyak-negara-bisa-kacau-kalau-ri-setop-ekspor-gas?991104topnews[/url]

============

gmana menurut agan2? setuju ga? kalo ane SETUJU BANGET.. untuk rakyat Indonesia juga, meskipun income berkurang tapi syukur lah klo pemerintah masih mikirin negara....

dari kata2nya Jero, bisa jadi Jepang, Korea dan China, gasnya masih bergantung ke Indonesia
Wacik ini emang jagonya di non-teknis.
Menteri ESDM itu lagi ngelobi, kalau masih pengen gas indo, harus invest pembangkit listrik yang PLTP/PLTS/PLTB, sehingga sisa gasnya buat diekspor. emoticon-Big Grin
Jadi listrik dari EBT dapet (mengurangi ketergantungan energi fossil), duit hasil ekspor dapet (bisa buat bangun infrastruktur gas).
Ditunggu hasil

konfrensi Minyak ke Gas-nya emoticon-Cool
SETUJU!!
Stop jual gas ke LN.
Makmur kan dulu rakyat pakai gas milik negri kalo lebih ya di jual ke LN.
Setujuuuuuuuhhhhh emoticon-army
Ya intinya semoga Gas kita ya untuk kemakmuran kita, bukan untuk kemakmuran "Mereka". emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

ane sebenernya ga setuju kalo gas bumi indonesia dijadikan bahan bakar yg habis begitu aja, klo untuk dibakar banyak subsitusi bahan lain yg bisa dipakai (batubara, panas bumi dll), lebih berguna klo gas dimanfaatkan lbh lanjut, contohnya buat bahan baku pabrik pupuk, , peningkatan produksi pupuk akan menunjang ketahanan pangan negara dan apabila produksi pupuk surplus, maka bisa diekspor untuk menambahkan devisa negara emoticon-Smilie
naikin harganya paak kalo gituu emoticon-Malu (S)
berarti ada negara yang salah satu sektornya tergantung Indonesia emoticon-I Love Indonesia
berita yang sangat menarik, indonesia punya nilai tawar yang sangat tinggi
mirip rusia yang dapet menekan eropah, jika rusia menyetop gasnya,
sebagian eropah akan kedinginan dan gelap gulita
seharusnya indonesia bisa mengontrol harganya.
ya jangan mau menang sendiri lah,win-win solution yang ditawarkan jero sudah cukup bagus koq

untuk dimasa depan pembangkit listrik panas bumi akan sangat dibutuhkan
nice....
masa disaat kita impor minyak mahal mereka enak aja impor gas kita harga murah..
kurangi ekspor gas keluar..
mendingan tegas aja deh...STOP sekarang juga jual gas ke negara laen...

biar orang2 kita makin gagah emoticon-2 Jempol
jangan cuma wacana ya. jangan sampe anak cucu ntar kaya kita yang nanggung akibat dari "pendahulu kita" yang jual minyak murah ke luar negeri di jaman orba emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By Graft
Wacik ini emang jagonya di non-teknis.
Menteri ESDM itu lagi ngelobi, kalau masih pengen gas indo, harus invest pembangkit listrik yang PLTP/PLTS/PLTB, sehingga sisa gasnya buat diekspor. emoticon-Big Grin
Jadi listrik dari EBT dapet (mengurangi ketergantungan energi fossil), duit hasil ekspor dapet (bisa buat bangun infrastruktur gas).


agan orang ESDM ya gan? apa pengamat SDM?
Yup coba deh dihitung berapa sih dendanya dibanding kerugian kita kl terus menerus ngirim gas dgn harga murah.

Mending di break kontraknya.
Quote:Original Posted By yoewin100pwt
seharusnya indonesia bisa mengontrol harganya.

Seharusnya emang begitu gan tapi masalahnya yg punya ladang gas kebanyakan swasta dan asing apalagi indonesia menganut sistim harga keekonomian
Jangan lupa, ini adalah kebijakan o'on dari Megawatun...! Menganggap Gas tdk ada gunanya, dikasih ke perusahaan2 asing, dijual murah ke luar negri... Sekarang PLN boros pake BBM terus, DPR rame2 nyalahin DI.
emoticon-Marah
Quote:Original Posted By Dhika4
mendingan tegas aja deh...STOP sekarang juga jual gas ke negara laen...

biar orang2 kita makin gagah emoticon-2 Jempol


Jadikan gas ekspor itu instrumen daya tawar kita, bukan jamannya lagi gagah2an sambil teriak2 anti asing/negara lain emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By KomodoJogging


agan orang ESDM ya gan? apa pengamat SDM?


Bukan, cuma ngambil kesimpulan aja dari beritanya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Bembey
Jangan lupa, ini adalah kebijakan o'on dari Megawatun...! Menganggap Gas tdk ada gunanya, dijual murah ke luar negri... Sekarang PLN boros pake BBM terus, DPR rame2 nyalahin DI.
emoticon-Marah


wkwkwkkw bener emoticon-Big Grin

yaudahlah itu kan masa lalu.. masa depan, ane ga akan milih dia emoticon-Big Grin