alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PTN Wajib Hapus Uang Pangkal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51120df11ed719936a000006/ptn-wajib-hapus-uang-pangkal

PTN Wajib Hapus Uang Pangkal

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai tahun akademik 2013/2014, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia berkewajiban untuk meniadakan uang pangkal perkuliahan. Pasalnya, dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) pada APBN tahun anggaran 2013 ini meningkat hampir setengahnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso, mengatakan bahwa dana BOPTN yang berasal dari APBN 2013 naik hampir dua kali lipat. Jika pada tahun lalu, dana BOPTN mencapai Rp 1,5 triliun maka pada tahun ini dana tersebut dialokasikan sebesar Rp 2,7 triliun.

"Ini naiknya hampir dua kali lipat. Jadi uang pangkal tidak perlu ditarik kembali. UI telah menjadi pelopor untuk ini," kata Djoko di Gedung D Dikti, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Ia juga menegaskan bahwa peniadaan uang pangkal ini tidak terbatas pada mahasiswa yang diterima lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) saja. Bagi mahasiswa yang masuk PTN melalui jalur tertulis maupun jalur mandiri juga mendapat hak yang sama yaitu tidak perlu membayar uang pangkal ini.

"Berlaku untuk semuanya. SNMPTN atau jalur mandiri itu hanya cara masuknya saja. Untuk sistem pembayaran dan jumlahnya ya sama semua," jelas Djoko.

Selain Universitas Indonesia (UI), beberapa PTN terkemuka seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dikabarkan akan menghapuskan uang pangkal pada mahasiswa barunya mulai tahun akademik 2013/2014 ini. Dengan demikian, PTN ini terjangkau oleh semua pihak terutama kalangan menengah ke bawah.

"Jadi kalau dulu untuk jurusan teknik harus bayar uang pangkal Rp 25.000.000 kemudian uang kuliahnya misal Rp 7.500.000 per semester, berarti kan Rp 32.500.000 saat masuk pertama. Nah ini tidak perlu seperti itu lagi. Cukup Rp 7.500.000 per semester," tandasnya.
http://edukasi.kompas.com/read/2013/...s.Uang.Pangkal

Pemerintah sudah mulai sadar gan,skr perguruan tinggi mulai di subsidi,
skr anak - anak indonesia yg kurang beruntung tapi punya bakat atau potensi bisa merasakan kuliah di universitas negri dengan di bebaskan uang pangkal,
yah sedikit bisa meringankan.memeng klo bangsa ini mau melahirkan orang - orang yg berkualitas memang harus mengeluarkan kebijakan seperti ini.jadi di masa depan indonesia di pimpin dengan orang2 yg berkualitas pula.
Urutan Terlama
mdh2 mrk yg kurg mampu tambah bersemangat utk menempuh jenjang pendidikan smp stinggi mgkn...
Quote:

mahalnya kuliah jaman sekarang yaa??? emoticon-Matabelo
Liat aja deh entar, biasanya selalu ada transaksi dibawah meja.
Quote:


tergantung ptn gan setau ane, setiap ptn ada kebijakan tersendiri dalam menentukan uang pangkal dan persemester nya, kecuali lewat jalur mandiri kebanyakan gada kebijakan emoticon-Malu (S)
emoticon-Malu (S)
janji saja dan anggaran yg dicanangkan belum selesai sampai disitu, mari sama2 kita kawal betulkah dilapangan sesuai dengan aturan yg telah ditetapkan
klo ane sih masih pesimis


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di