alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5111e52020d7198a0200000a/kenaikan-tdl-penetapan-hpp-dan-kenaikan-cukai-rokok-tekan-inflasi-2013
Kenaikan TDL, penetapan HPP, dan kenaikan cukai rokok tekan inflasi 2013
MALANG—Kebijakan kenaikan tarif dasar listrik (TDL), penetapan harga pembelian pemerintah (HPP) beras, penyesuaian tarif cukai rokok diperkirakan menekan inflasi tahunan, terutama Februari 2013 dari sisi kebijakan pemerintah, administered price.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Emanuel Lamen Ola mengatakan beberapa faktor yang mendorong tingginya inflasi pada Februari tersebut terutama diperkirakan berasal dari kelompok volatile food.

Hal itu karena masih tingginya intensitas curah hujan dan pasokan beras yang masih minim karena belum memasuki musim panen.

"Disamping itu, inflasi inti diperkirakan masih akan dipengaruhi oleh fluktuasi harga emas perhiasan,” katanya, Selasa (5/2).

Secara tahunan, diperkirakan Inflasi Kota Malang tahun 2013 diperkirakan berada pada kisaran 4,8% ± 1%.

Tekanan inflasi dari kelompok administered prices, semakin tinggi sejalan dengan penerapan beberapa kebijakan admnistered prices strategis yang diberlakukan oleh pemerintah.

Kenaikan tarif cukai rokok yang mulai berlaku Januari 2013, dia nilai, hampir dipastikan akan diikuti kenaikan harga rokok sebagaimana terjadi pada tahun sebelumnya. Kebijakan kenaikan cukai rokok akan direspon oleh produsen rokok dengan kenaikan harga.

Harga rokok bakal naik 5% – 8% per batang akibat kebijakan cukai hasil tembakau, sedangkan kenaikan harga jual rokok antara 10% -15%. Selain hambatan tarif juga ada hambatan bahan baku yakni tembakau dan cengkeh khususnya jika ada kegagalan panen.

Berdasarkan hasil liaison, kenaikan TDL sebesar 15% diperkirakan akan menyumbang inflasi antara 0,2%-0,5%. Kenaikan TDL diikuti oleh kenaikan service charge mall yang rata–rata mengalami kenaikan tarif sebesar naik 25%, dan mendorong kenaikan tarif hotel rata–rata sebesar 3%-5%. Hal ini berakibat pada penurunan target penjualan dan tingkat kunjungan.

Dia menjelaskan dengan memperhatikan pencapaian inflasi Januari 2013 serta pola inflasi bulanan dan pergerakan harga komoditas, pada bulan Februari 2013 Kota Malang diperkirakan masih akan mengalami inflasi pada kisaran 0,97%–1,97% (month to month) lebih tinggi dibandingkan inflasi bulan sebelumnya.

Secara tahunan inflasi Kota Malang diperkirakan sebesar 5,49% – 5,59% (year on year). Beberapa faktor yang mendorong tingginya inflasi tersebut terutama diperkirakan berasal dari kelompok volatile food, karena masih tingginya intensitas curah hujan dan pasokan beras yang masih minim karena belum memasuki musim panen.

Disamping itu, inflasi inti diperkirakan masih akan dipengaruhi oleh fluktuasi harga emas perhiasan. Sedangkan dari sisi administered price, kebijakan kenaikan TDL sebesar 15%, penetapan HPP beras serta penyesuaian tarif cukai rokok diperkirakan akan mempengaruhi tingginya ekspektasi inflasi.

Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Malang pada bulan Januari 2013 mengalami inflasi sebesar 0,94% (mtm), sementara inflasi tahunan tercatat sebesar 5,30% ( yoy).

Realisasi inflasi tersebut sesuai dari kisaran proyeksi awal sebesar 5,45% – 5,55% (yoy). Inflasi Kota Malang tersebut relatif terkendali meskipun berada diatas inflasi Jawa Timur 5,14% (yoy) dan inflasi Nasional 4,57% (yoy).

Secara umum inflasi Januari berada pada level yang lebih tinggi dibandingkan rata –rata inflasi pada periode yang sama selama tiga tahun terakhir yang tercatat sebesar 1,76%.

SUMBER

susahnyooo hidup di Indonesia jaman sekarang... emoticon-Ngakak
Kenaikan ump selaras dengan TDL, rokok , dll
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Capek2 demo
×