alexa-tracking

Pentingnya Keyakinan Diri pada Remaja

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5110e13b48ba54c875000007/pentingnya-keyakinan-diri-pada-remaja
Smile 
Pentingnya Keyakinan Diri pada Remaja
Masa remaja identik dengan masa pencarian jati diri, karena pada masa ini remaja dihadapkan pada beberapa tantangan untuk menemukan siapa diri mereka sebenarnya, bagaimana dan arah mana yang akan mereka tempuh dalam hidupnya kelak. Masa transisi yang dialami remaja berlangsung pada usia sekitar 13-20 tahun. Banyaknya perubahan yang terjadi pada diri remaja membuat remaja membutuhkan keyakinan diri yang tinggi agar dapat mengatasi kendala-kendala yang mungkin ditemui pada masa "storm and stress".
Keyakinan diri yang dimaksud adalah penilaian diri apakah seseorang mampu melakukan tugas, mencapai tujuan atau mengatasi hambatan yang mungkin ditemui. Keyakinan diri mirip dengan motivasi. Semakin tinggi keyakinan diri seseorang maka ia akan mampu untuk menyelsaikan tugas yang diberikan. Dalam situasi yang sulit, seseorang dengan keyakinan diri tinggi akan semakin giat untuk mencoba mengatasi kesulitan yang dihadapi.
Lalu, mengapa keyakinan diri penting bagi remaja? Mari kita lihat bersama.
1. Remaja dapat terhindar dari perilaku negatif. Akhir-akhir ini marak terjadi penyimpangan di kalangan remaja. Misalnya, penyelahgunaan narkoba dan zat-zat terlarang, kenakalan remaja, dan hamil di luar nikah. Dengan adanya keyakinan diri yang tinggi maka remaja dapat tetap berperilaku secara sehat meskipun tantangan yang dihadapinya berat. Keyakinan diri remaja membuatnya mampu memotivasi diri dan mengontrol lingkungan sekitar sehingga ia dapat berperilaku sesuai norma yang berlaku.
2. Memiliki dorongan untuk berprestasi. Hal ini dikarenakan remaja tersebut mengetahui kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya. Sehingga ia dapat meningkatkan prestasi belajar dan tentunya didukung dengan belajar dan usaha.
3. Mengatasi situasi yang sulit. Semakin yakin dengan dirinya maka remaja akan bertahan dalam usaha untuk mengatasi situasi yang sulit. Kegagalan yang harus diterima remaja terkadang dianggap sebagai situasi yang sulit dan masalah baginya. Bagi remaja yang memiliki keyakinan diri yang tinggi ia akan menganggap kegagalan sebagai kurangnya usaha mereka bukan karena kurangnya kemampuan mereka.

Keyakinan diri dapat diperoleh melalui berbagai sumber, antara lain:
1. Pengalaman menyelesaikan masalah, pengalaman ini memberikan bukti tindakan apa saja yang sudah diambil untuk meraih keberhasilan. dimana keberhasilan ini dibangun dari kepercayaan yang kuat di dalam keyakinan seseorang. Kegagalan dan rintangan mengajarkan manusia untuk bekerja keras dalam mencapai keberhasilan.
2. Pengalaman orang lain. Mengamati perilaku dan pengalaman orang lain adalah proses belajar. Melalui model ini keyakinan diri remaja dapat meningkat apa lagi bila remaja tersebut memiliki kemampuan yang setara dengan model. Jadi, bagi para remaja perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk memilih model karena sedikit banyak akan mempengaruhi keyakinan dirinya.
3. Persuasi verbal, digunakan untuk menyakinkan seseorang tentang kemampuannya sehingga memungkinkan ia meningkatkan usahanya untuk mencapai tujuannya. Persuasi akan lebih efektif jika berdasar pada realita yang ada dan memiliki alasan untuk menyakinkan dirinya bahwa ia dapat mencapai melalui tindakan yang nyata.
4. Keadaan fisiologis, keadaan fisik yang tidak tegang dan tanpa keluahan (sehat) ternyata menyebabkan remaja memiliki harapan kesuksesan dalam mnyelesaikan tugasnya. Sebab. ketegangan menyebabkan seseorang menjadi terhambat dalam melakukan usaha mencapai sukses. So, perlu menjaga stamina dan kekuatan fisik agar lebih optimal melakukan usaa untuk mencapai keberhasilan.
Sekarang waktunya para remaja meningkatkan keyakinan diri! Kalau bukan dirimu, lalu siapa lagi?