alexa-tracking

[KABAR GEMBIRA] PTN Wajib Hapus Uang Pangkal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5110ceca542acf856e000000/kabar-gembira-ptn-wajib-hapus-uang-pangkal
[KABAR GEMBIRA] PTN Wajib Hapus Uang Pangkal
Kabar gembira untuk agan2 calon mahasiswa, uang pangkal masuk PTN wajib dihapuskan...gak ada alasan lagi buat gak lanjutin kuliah ke PTN...

Ayo sekarang belajar yg rajin...biar masuk PTN yg diidamkan...

Quote:JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai tahun akademik 2013/2014, perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Indonesia berkewajiban untuk meniadakan uang pangkal perkuliahan. Pasalnya, dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) pada APBN tahun anggaran 2013 ini meningkat hampir setengahnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso mengatakan bahwa dana BOPTN yang berasal dari APBN 2013 naik hampir dua kali lipat. Jika pada tahun lalu dana BOPTN mencapai Rp 1,5 triliun maka pada tahun ini dana tersebut dialokasikan sebesar Rp 2,7 triliun.

"Ini naiknya hampir dua kali lipat. Jadi, uang pangkal tidak perlu ditarik kembali. UI telah menjadi pelopor untuk ini," kata Djoko di Gedung D Dikti, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Ia juga menegaskan bahwa peniadaan uang pangkal ini tidak terbatas pada mahasiswa yang diterima lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) saja. Bagi mahasiswa yang masuk PTN melalui jalur tertulis maupun jalur mandiri juga mendapat hak yang sama, yaitu tidak perlu membayar uang pangkal ini.

"Berlaku untuk semuanya. SNMPTN atau jalur mandiri itu hanya cara masuknya saja. Untuk sistem pembayaran dan jumlahnya ya sama semua," jelas Djoko.

Selain Universitas Indonesia (UI), beberapa PTN terkemuka seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dikabarkan akan menghapuskan uang pangkal pada mahasiswa barunya mulai tahun akademik 2013/2014 ini. Dengan demikian, PTN ini terjangkau oleh semua pihak, terutama kalangan menengah ke bawah.

"Jadi, kalau dulu untuk jurusan teknik harus bayar uang pangkal Rp 25.000.000 kemudian uang kuliahnya misal Rp 7.500.000 per semester, berarti kan Rp 32.500.000 saat masuk pertama. Nah ini tidak perlu seperti itu lagi. Cukup Rp 7.500.000 per semester," tandasnya.


SUMBER

KOMEN ANE: Mudah2an kebijakan ini disambut baik oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia, terutama buat calon mahasiswa dan orang tua/wali-nya...

Dengan kebijakan penghapusan uang pangkal PTN, diharapkan makin tinggi minat siswa dalam melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi yang ujungn2-nya akan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia secara umum...

Mari kita kawal kebijakan bari dari Dirjen DIKTI ini supaya tidak ada pelanggaran yang dilakukan pihak PTN dengan mensiasati penghapusan uang pangkal tapi uang semesteran meningkat hingga 10 kali lipat... emoticon-Matabelo
Wah telat ni aturan.
Ane sudah terlanjur bayar 2 tahun lalu.
Quote:Original Posted By senopati994
Wah telat ni aturan.
Ane sudah terlanjur bayar 2 tahun lalu.


hahaha, sama Gan, ane juga emoticon-Ngakak

Wehh, kenapa ga dari dulu aj. emoticon-Cape d... (S)
wow..qra2 bakalan ditaati gak yhah???!!pa cukup yha anggarannya untuk mengcover semua?
Quote:Original Posted By senopati994
Wah telat ni aturan.
Ane sudah terlanjur bayar 2 tahun lalu.


gpp gan, mudah2n ntar klo agan lanjut S2 ada kebijakan kayak gini lagi, jd biaya kuliah S2 lebih ringan...emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By liverpudlian93


hahaha, sama Gan, ane juga emoticon-Ngakak



senasib sihh gan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By erwinwijaya1
Wehh, kenapa ga dari dulu aj. emoticon-Cape d... (S)


ini terobosan baru kayaknya, ya kita dukung aja gan, mudah2n berjalan baik n bisa dikembangkan kebujakan baru buat S2 n S3...jadi pendidikan tinggi gak mahal lagi,,,

Quote:Original Posted By dua.sisi
wow..qra2 bakalan ditaati gak yhah???!!pa cukup yha anggarannya untuk mengcover semua?


inilah tugas kita gan, ikut mengawasi, klo ada penyelewengan...langsung laporkan tentunya dgn bukti yg kuat ke pihak terkait (Dirjen DIKTI)...
kyknya taik kucing lah, klo gk ada namanya uang pangkal, mungkin nanti sama universitas diganti uang bla bla bla
Quote:Original Posted By dekiikantata
kyknya taik kucing lah, klo gk ada namanya uang pangkal, mungkin nanti sama universitas diganti uang bla bla bla


nahh iya gan...makanya harus bener2 diawasi nihh kebijakan, jgn sampe ada biaya siluman yg dibikin oleh pihak PTN sbg gantinya uang pangkal...
Gak yakin ane dengan penghapusan uang pangkal, soale bisa aja uang semesteran meningkat hingga 10 kali lipat...
Quote:Original Posted By QueenoftheBaned
Gak yakin ane dengan penghapusan uang pangkal, soale bisa aja uang semesteran meningkat hingga 10 kali lipat...


iya gan, makanya kebijakan ini harus bener2 jelas, jadi pihak PTN gak bikin aturan2 ttg pembiayaan kuliah yg ujung2nya cm ngakalin kebijakan baru aja...

yahh, balik lagi ke karakter PTN jaman skr, klo udah money oriented sihh emg susah juga gan...
Sudah waktunya gan, demi mencerdaskan kehidupan bangsa..asal ga ada tarikan2 lain aja..
salah satu alat kampanye bukan ya?
kenapa telat?
pas menjelang pemilu baru ada kebijakan kaya gini, yang mementingkan rakyat
uang pangkal mulainya taun brapa ya? ane PTN taun 2003 keknya ga pernah bayar duit segitu banyaknya...
yaaah udah telat emoticon-Cape d... (S)..tapi ga apa2 semoga ga banyak generasi muda yg tersiasiakan
sayang ane uda lulus kuliah...emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By danny_007
Sudah waktunya gan, demi mencerdaskan kehidupan bangsa..asal ga ada tarikan2 lain aja..


Setuju gan...,udah2n kebijakannya tepat sasaran...emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By ariusbhe
salah satu alat kampanye bukan ya?
kenapa telat?
pas menjelang pemilu baru ada kebijakan kaya gini, yang mementingkan rakyat


gak tau nihh gan...emg susah juga sihh klo udah menjelang Pemilu, semuanya jadi serba sensitif n dikait2kan dgn Pemilu...emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By Janqrique
uang pangkal mulainya taun brapa ya? ane PTN taun 2003 keknya ga pernah bayar duit segitu banyaknya...


biaya masuk kuliah itu yg disebut uang pangkal gan...klo semesteran biasa kan gak terlalu besar...

Quote:Original Posted By dvdmurahaja
yaaah udah telat emoticon-Cape d... (S)..tapi ga apa2 semoga ga banyak generasi muda yg tersiasiakan


iya...setuju gan...mudah2n minat generasi muda untuk melanjutkan studi makin meningkat...emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By bhodonk
sayang ane uda lulus kuliah...emoticon-Cape d... (S)


mudah2n ntar ada kebijakan buat S2 n S3...jadi biaya kuliahnya gak mahal lagi n yg udah lulus kuliah, bisa lanjutin ke post graduate gan...emoticon-Blue Guy Cendol (L)
mudah2an biaya semesterannya untuk kelas menengah ke bawah disubsidi negara emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By taskamera
mudah2an biaya semesterannya untuk kelas menengah ke bawah disubsidi negara emoticon-Big Grin


setuju gan...biar pendidikan ini bisa sesuai dgn amanat Pancasila & UUD 1945...

Semua elemen masyarakat Indonesia bisa mengenyam pendidikan tinggi sesuai tuntutan zaman...emoticon-Matabelo
BOPTN sebesar 2700 Milyar (dasar kebijakan pak djoko)
Jumlah PTN di Indonesia ada 101

Jadi kalau dianggap sama rata, tiap2 PTN dapat BOPTN sebesar 26,73 M
Apa cukup pak anggaran 26,73 M untuk PTN selama setahun? Kalau hanya kuliah saja mungkin cukup, tapi kalau untuk perbaikan mutu ya saya pikir tidak cukup. Alat lab aja sekarang harganya mahal2.

Enak jamannya pak harto, Kuliah murah, karena pemerintah bayarin semuanya... Ndak kaya sekarang, pendidikan minta murah, tapi pemerintah bayarinnya kecil.
Quote:Original Posted By Manchestermania
BOPTN sebesar 2700 Milyar (dasar kebijakan pak djoko)
Jumlah PTN di Indonesia ada 101

Jadi kalau dianggap sama rata, tiap2 PTN dapat BOPTN sebesar 26,73 M
Apa cukup pak anggaran 26,73 M untuk PTN selama setahun? Kalau hanya kuliah saja mungkin cukup, tapi kalau untuk perbaikan mutu ya saya pikir tidak cukup. Alat lab aja sekarang harganya mahal2.

Enak jamannya pak harto, Kuliah murah, karena pemerintah bayarin semuanya... Ndak kaya sekarang, pendidikan minta murah, tapi pemerintah bayarinnya kecil.


berarti masih jauh yahh dari kenyataan kalo kuliah itu bisa murah...dan ini bisa jadi alasan PTN bakal mungut biaya lainnya jika dana dari pemerintah tidak memadai untuk biaya perkuliahan...emoticon-Matabelo