alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lapor ke BNN kalau Temukan Tanaman Khat
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5110c933e574b4cd57000000/lapor-ke-bnn-kalau-temukan-tanaman-khat

Lapor ke BNN kalau Temukan Tanaman Khat

Quote:


JAKARTA, — Buntut kasus Raffi Ahmad dan kawan-kawan, kini Badan Narkotika Nasional (BNN) melacak jejak tanaman khat. Lembaga ini pun menyerukan agar masyarakat segera memberitahu BNN atau polisi bila ada yang membudidayakan tanaman tersebut.

"Tolong dilaporkan jika ada informasi apa pun terkait kegiatan orang yang menggarap lahan untuk menanam tumbuhan jenis itu," ujar Kepala Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Besar Sumirat, Senin (4/2/2013) siang. Tumbuhan khat (Chata edulis) merupakan bahan dasar dari cathinone, zat yang digolongkan dalam narkotika golongan I.

Dari cathinone, dapat diurai oleh ahli hingga menghasilkan methylone, zat yang empat kali lebih berbahaya dampaknya dari narkotika jenis ekstasi. Tanaman khat memiliki beragam nama lokal, misalnya cat, catha, ciat, khat, kaad, atau kafta.

Di beberapa negara, cathinone telah dilarang diperjualbelikan. Inggris melarang peredaran zat tersebut sejak April 2010 dan menggolongkannya masuk ke dalam narkotika golongan B. Demikian juga dengan Amerika yang melarang peredaran zat itu sejak November 2011 dan menggolongkan ke narkotika kelas C.

Di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, lanjut Sumirat, tanaman khat dijual dengan harga bervariasi. Satu bungkus dijual sekitar Rp 200-Rp 300.000. Sementara bibit khat bisa berharga Rp 500.000.
Sumirat menuturkan, BNN melakukan kerja sama dengan Bareskrim Mabes Polri untuk meneliti tanaman tersebut. Dua hal ingin diteliti. Pertama, apakah benar tanaman tersebut adalah khat. Kedua, siapa oknum yang menyuruh petani setempat menanam khat itu.

"Kami belum membicarakan proses hukum bagi mereka yang menanam khat," kata Sumirat. Saat ini, ujar dia, masih fokus pada penyelidikan dengan melibatkan Polda, Polres Bogor, dan Polsek Cisarua.

Nama cathinone, ekstraksi dari tanaman khat, populer sejak BNN merilis bahwa Raffi Ahmad dan tujuh temannya positif mengonsumsi zat ini. Saat itu, tes narkoba untuk Raffi dan kawan-kawan mendapatkan jejak methylone, turunan cathinone.

Perdebatan pun sempat muncul atas temuan tersebut. Pasalnya, methylone tak terdaftar dalam kategori di UU 35/2009 tentang Narkotika. Celah hukum itu terjawab, menggunakan argumentasi pakar farmasi kimia BNN yang mengatakan bahwa methylone adalah turunan dari cathinone.

UU 35/2009 sudah memasukkan cathinone dalam daftar zat haram. Itulah kenapa Raffi dan kawan-kawan dapat ditetapkan menjadi tersangka.

sumber : cekidot
Spoiler for khat:



berita terkait emoticon-Malu (S)
Quote:


Quote:

------
ayo yang udah nanam emoticon-Big Grin
serahin ke BNN emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh Sate.Panda
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kok daunnya kayak gak asing gitu ya?? emoticon-Bingung (S)
Quote:


dicek gan mirip ngk emoticon-Malu (S)


Quote:
Diubah oleh Sate.Panda
Kalau harganya sebungkus semahal itu, mending dijual atau lapor BNN?emoticon-Ngakak
Kayaknya sering lihat yg kyk gitu di pinggir2 jalan kampung... Kambing (bandot, berjenggot) aja gak doyan...
emoticon-Ngakak
Diubah oleh Bembey
Itu sinteticnya emang sama yah? Setau saya klo ditambahin snyawa kimianya baru.
kalo nglapor ntar malah tambah ribet pake di priksa juga emoticon-Malu.. betewe kayaknya itu tumbuh liar ?... soalnya sering liat tu taneman di sekitaran
nganu..... gan

kalo lapor ke bnn ... yang nanemnya dibui juga kek raffi gak? emoticon-No Sara Please

kalo lapor ke bnn ... dibilang pesta narkoba juga gak? emoticon-No Sara Please

kalo lapor ke bnn ... kudu cek urine, darah, ama rambut gak? emoticon-No Sara Please

moga2 pak pol yang di bnn emoticon-No Sara Please supaya tidak ada lebay diantara kita
Di kampung ane sering liad pohon kek gini....emoticon-Matabelo
Diubah oleh Tamecenk
Quote:


tergantung keperluan gan emoticon-Ngakak (S) kalo lagi BU, mending ......... emoticon-Ngakak (S)


Quote:


krn blm diolah kali gan emoticon-Big Grin jadi ngk doyan emoticon-Ngakak (S)


Quote:


itu bahan dasarnya gan emoticon-Big Grin emg perlu diracik lagi kyknya emoticon-Ngakak (S)
Quote:


jadi ribet urusannya kalo gitu gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Diubah oleh Sate.Panda

nih vedeonya gan

ilang sudah satu menu lalapan gue,tinggal pete ama sambel
Klo lapor ama bnn atau polisi gimana status yg lapor n yg punya tuh tanaman ya..
Entar ribet pula
Apa bisa di jadikan tersangka juga
Kan banyak tuh yg blom tau klo tanaman khat termasuk narkoba
dapat hadiah nga ganemoticon-Bingung (S)
di tv mana ya, sempet diwawancarai warganya,... itu gak masalah tuh ama daun2 itu..... emoticon-Matabelo
iya
keknya sering juga ku tengok
kalau tak salah mau kupakai sebagai tanaman buat tugas mencangkok dari guru biologi di sekolahku
tapi apa betul ya itu daut kat yang termahsyur itu ?emoticon-Bingung (S)


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di