alexa-tracking

Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/510f9f02572acf5422000006/resep-obat-menyesatkan-di-klinik-tradisional-cina
Thumbs down 
Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina
TEMPO.CO, Jakarta - Gembar-gembor penggunaan obat herbal di klinik Traditional Chinese Medicine (TCM) rupanya cuma pemanis bibir belaka. Setidaknya itu yang terjadi pada Klinik TCM Harapan Baru. Dalam pemberian obat, klinik yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 4, Medan, itu sangat tertutup. Belakangan diketahui TCM itu menggunakan obat kimia yang sangat berbahaya.

Majalah Tempo edisi terbaru, 4 Februari 2013, mengangkat laporan investigasi soal janji palsu klinik-klinik TCM. Menjanjikan pengobatan herbal, klinik-klinik TCM justru secara ilegal menginfus pasien dengan obat-obatan kimia, hingga menggunakan zat kemoterapi beracun, bahkan steroid.

Di TCM Harapan Baru, resep yang diberikan pada pasien selalu dalam bahasa Cina. Akibatnya, pasien tak pernah tahu obat apa yang masuk ke tubuh mereka. Saat ditanya melalui penerjemah, sinse hanya mengatakan itu obat kanker dan khasiatnya bagus.

Kalaupun bisa diterjemahkan--seperti yang dicoba dilakukan Tempo--hasil akhirnya sama saja: bingung. Soalnya, obat-obatannya ternyata ditulis dalam bentuk kode huruf dan angka: MR1, MR2, C01, C02, dan seterusnya. Penerjemah di Cina yang mengalihbahasakan salah satu catatan status pasien Du Bin ke bahasa Inggris, Januari lalu, berhenti pada bagian resep. “Ini tidak perlu diterjemahkan. Isinya cuma angka-angka dan huruf tak penting,” tulisnya dalam e-mail.

Kesaksian soal pemberian infus dan obat-obatan modern juga diberikan oleh Dela--sebut saja begitu--mantan perawat di TCM Harapan Baru Medan. Dia bercerita, pada hari pertama bekerja, ia langsung diperintahkan menginfus delapan pasien. “Kami hanya menjalankan advice. Misalnya ada obat Hua Chansu dimasukkan ke NaCl 250 cc. Ketika aku bertanya ke Du Bin obat itu fungsinya apa, dia suka nutup-nutupin,” ujarnya.

Setiap pasien diberi sedikitnya empat botol infus. Misalnya satu botol 500 cc berisi vitamin C dan B, dicampur berbagai obat--kadang sampai 12 ampul untuk satu botol infus. Jika obatnya banyak, dipakai cairan infus 250 cc. Sebagian besar ampul, kata Dela, tertulis dalam bahasa Cina dan tidak ada registrasi BPOM. Dia mengaku sering menginfuskan Carboplatin. “Perawat-perawat sebelumnya menyebut itu obat kemo herbal.”

Dan, astaga, apa pun keluhannya--kanker rahim, payudara, usus, dan paru-paru--obatnya itu-itu juga. Diputar-putar. Para perawat juga sering disuruh memotong jaringan mati sel kanker di tubuh pasien dan merawat luka, yang seharusnya pekerjaan dokter.

Dari salah seorang mantan pegawai Harapan Baru, Tempo mendapatkan satu paket obat-obatan untuk infus. Isinya 19 jenis dalam bentuk cairan di ampul dan bubuk pada botol kecil. Semuanya tanpa registrasi BPOM, 14 berlabelkan huruf Cina. Ramadhan, dokter spesialis bedah onkologi dari Rumah Sakit Dharmais, Jakarta, mengenali dua di antaranya sebagai obat-obatan terapi kemo, yakni Cisplatin dan Carboplatin.

Lalu ada Cinobufutalin. Ramadhan mula-mula tak mengenali ekstrak kulit katak beracun ini. Setelah melakukan penelusuran di Internet, dia terkejut. Ternyata itu sejenis cardiotonic atau tonik jantung. Berfungsi sebagai steroid, obat ini memiliki efek painkiller 200 kali melebihi morfin.

Barangkali inilah penjelasannya mengapa para pasien yang pertama kali diinfus di Harapan Baru langsung tak merasa sakit dan seolah-olah sembuh. “Memang dalam pengobatan kanker, semisal untuk kemo, disyaratkan pasien sefit mungkin. Tapi bukan dengan cara diberi obat steroid,” ucap Ramadhan sambil menggelengkan kepala.

http://www.tempo.co/read/news/2013/0...adisional-Cina

emoticon-Takut lah kok isinya obat begituan bisa2 ..................

Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina

Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina

Resep Obat Menyesatkan di Klinik Tradisional Cina
klinik ini sebangsa klinik tong fang bukan emoticon-Bingung (S)
Quote:


yap sebangsa dan sealirang dengan tong fang emoticon-Mad (S)
dari dulu emang gk percaya yg macam tcm gini
buat apa dokter kalau pakai obat herbal sembuh emoticon-Nohope
klinik brengsek emang emoticon-Big Grin



blm ada obat mana pun yg sanggup menyembuhkan namanya kanker , diabetes dkk .


Dan biayanya itu bisa sampe 50 juta sekali dateng. Padahal pengobatannya g jelas gitu. Sayangnya kemenkes g ada tegas2nya masalah ginian.
Quote:


apa karena PELICIN YANG HIJAU sampai kemenkes diam aja emoticon-Mad (S)
Sekarang ini kian susah cari yang benar. sepertinya semuanya diramu dengan kepalsuan dalam berbagai sisi kehidupan.
percaya dokter aja napa
Quote:


Bisa jadi. Tapi memang peraturan tertulisnya juga g tegas.
lebih gila dari praktek penggunaan placebo. Edan
:gila
Quote:


emoticon-Peace
tadi baru aja baca full-nya di tempo, merinding sendiri emoticon-Takut
dari dulu emang gak pernah percaya sama pengobatan begituan (kecuali akupunktur)
pic ke 2 asli kocak
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Sebangsa Tong Fang emoticon-Ngakak , pantes sekarang jarang muncul iklannya di tipi emoticon-Ngakak
up pup up up pu pup up up up pu pup up up up upp
tukang tepu kampret!
jgn pecaya pengobatan cina kek gini

emoticon-Busa:
siapanya tong pang ya ini? emoticon-Amazed
di tv lokal masih banyak muncul iklan model beginian emoticon-Cape d... (S)
Yang saya bigung kenapa depkes atau dinkes tidak menertibkan praktek alternatif ini, sekarang bukan hanya itu saja, ada ahli pengobatan katarak, ada ahli wasir, ada ahli kecantikan, dll tanpa brevet atau kompetensi...lebih anehnya lagi dikasih ijin...aneh bin ajaib
Bah.. Pictnya buat emoticon-Ngakak gan..


-------------------
Quote:


Eh ketemu lagi.. Masih lanjut perjuangan kah gan?? Ada info terbaru kagak ni?? emoticon-Ngakak
×