alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/510f2f88e374b47755000006/kisah-peternak-sapi-as-yang-merana-akibat-ri-hentikan-impor-daging
Kisah Peternak Sapi AS yang Merana Akibat RI Hentikan Impor Daging
Quote:
Washington - Tahun lalu, Indonesia menghentikan impor daging dari AS setelah merebak kasus sapi gila di California. Kondisi ini membuat penjualan daging di AS ke Indonesia langsung terjun bebas.

Untuk memperjuangkan kepentingan para peternak sapi di AS seperti di California dan Texas, pemerintah AS melawan tindakan pemerintah Indonesia ini. Cara terakhir yang dilakukan sebelum menggugat ke badan perdagangan dunia (WTO), pemerintahan Obama tahun lalu pernah menekan pemerintah Indonesia untuk mencoba membuka pasar daging impornya. Apalagi AS melihat, 240 juta penduduk Indonesia merupakan pasar yang menggiurkan untuk ekspor daging.

"Tidak ada dasar ilmiah untuk menghindari daging AS," ujar John Haris, seorang pemilik peternakan bernama Harrus Ranch Beef Co. di California seperti dikutip dari star-telegram, Senin (4/2/2013).

Para peternak di AS memang kesal dengan kebijakan pemerintah Indonesia ini, dan mereka menyebutkan tindakan Indonesia sebagai 'knee-jerk political action.' Karena para peternak di AS ini memang cukup bergantung kepada pasar ekspor.

Industri daging di AS sangat penting untuk perekonomian negara tersebut, karena industri ini berhasil menciptakan 1,4 juta lapangan pekerjaan. Di 2011, industri peternakan menyumbang sekitar US$ 44 miliar atau sekitar Rp 400 triliun dalam perekonomian AS.

Kedutaan Besar Indonesia di AS tidak mau berdiskusi terkait hal ini, namun berjanji akan merespons protes AS. "Pemerintah Indonesia tidak bertujuan melarang masuknya barang impor, namun untuk meyakinkan bahwa semua barang yang diimpor aman untuk dikonsumsi dan aman bagi lingkungan," demikian bunyi pernyataan pihak Indonesia.

Meskipun Indonesia dilihat sebagai negara dengan perekonomian terbesar, namun jumlah ekspor daging AS ke Idnonesia cuma 0,6% atau senilai US$ 17 juta.

Pemerintah AS dikatakan juga kesal dengan sikap pemerintah Indonesia yang memperketat aturan impor produk agrikultur seperti buah sayur, jus, dan bunga. Selama ini, Indonesia masuk 5 besar negara tujuan ekspor apel asal AS, dan juga buah ceri dan pir. Sejak adanya pengetatan syarat impor ini, nilai ekspor apel Washington turun 67% sejak November 2012.

Kembali ke penghentian impor daging AS oleh Indonesia, sebuah peternakan di Minnesota yaitu Cargill, telah merumahkan 2.000 pegawainya karena penurunan permintaan.

Sebuah peternakan di California yaitu Monterey County juga menurun bisnisnya dan mengurangi jumlah pekerjanya.

"Semakin sulit bagi para peternak dan petani untuk bertahan di bisnis ini karena tingginya biaya dan juga harga tanah di negara ini, terutama di California. Karena itu jumlah pekerja kami semakin sedikit dan produksi akhirnya menurun,: ujar pemilik Monterey yaitu Kester.

Di 2011 lalu, angka ekspor daging AS menyentuh US$ 5,4 miliar dan awalnya ditargetkan bisa naik di 2012. Namun ternyata angka ekspor ke Indonesia turun 91% dari Januari hingga November 2012.

Asosiasi Peternak Nasional AS mengatakan hanya ada dua negara, yaitu Indonesia dan Thailand yang menghentikan impor daging dari AS karena masalah sapi gila di California.

Indonesia memang memperketat kuota dan persyaratan bagi para eksportir AS yang ingin memasukkan barangnya. Para peternak AS saat ini menghadapi risiko dan ketidakpastian penjualan daging ke Indonesia.

Selain soal pengetatan kuota, para eksportir daging AS juga menghadapi persoalan sulit untuk menjual daging ke Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim.

Indonesia memberi syarat agar daging yang diimpor disembelih sesuai dengan cara Islam. Ini membuat eksportir daging AS harus menyesuaikan diri

Menurut pejabat pemerintahan AS, kebijakan penghentian impor daging dan produk agrikultur asal AS oleh pemerintah Indonesia telah menghancurkan peraturan perdagangan global. Jika kedua negara ini belum menemukan kata sepakat, pemerintah AS mengancam untuk menuntut Indonesia ke markas WTOdi Jenewa pada Maret 2013 nanti.

[url]http://finance.detik..com/read/2013/02/04/083349/2160105/4/kisah-peternak-sapi-as-yang-merana-akibat-ri-hentikan-impor-daging?991104topnews[/url]

sedikit tambahan info dari agan dibawah
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Inilah kalo pemerintah yg lembek & goblok....jelas2 harga daging sapi di tingkat peternak kita cuma 32-33rb/kg & dipasaran udah menembus 90rb-100rb/kg.....kalo emang pinter dinas peternakan kudunya mikirin nasib peternak sapi kita kenapa bisa segitu murah di tinggal peternak & kenapa bisa besar sekali untung & biaya transportasi dr peternak ke pasaran????.....dasar mafia sapiiii semua sih yg bermain,gw sumpahin tuh mafia sapiii kalo mati mayatnya jd seberat sapiii gelongongan emoticon-Ngakak





mau peternak lokal yang merana...atau peternak luar yang merana emoticon-army:
cuma harus diatur distribusinye biar harga sapi kaga naik emoticon-Malu (S)
emangnya peternak lokal gak bisa memenuhi kebutuhan dalam negri yak emoticon-Bingung (S)



lha terus emang ASu ngekspornya ke Indonesia doang yakemoticon-Bingung (S)

beuh kasian betul kalo emang kenyataannya begitu emoticon-Blue Guy Smile (S)
paling juga ntar peternak sapi di AS bunuh diri juga seperti peternak sapi di Ausy.. kemarin kemarin waktu sapi Ausy gak boleh di kirim ke Indo karena katanya tempat pemotongan sapi nya brutal, banyak peternak Ausy bangkrut dan ada kasus peternak bunuh diri.
Kacau sekali, makanan 240juta jiwa dipermainkan oleh luar.
Perketat lagi saja impor agriculture, dan majukan pangan lokal.
kalau gak salah ceritanya gini deh

- Amerika kena wabah Sapi gila
- Thailan n indonesa
- Saat ini USA sedang berusaha meyakinkan indonesa dan Thailand udah bersih dari Sapi gila
- Buat indonesia sendiri daging dr Amrik ndak banyak2 banget
- Mostly daging impor di Indonesia dari ostrali yang lebih dekat dan lebih murah

kebijakan sih boleh boleh aja ... tapi harus dipertimbangkan apakah supply daging sapi bisa digantikan dari lokal .. kalau nggak yaa ujung2 nya masyarakat yang menderita .. katanya sekarang daging sapi di indonesia yang termahal di dunia emoticon-Matabelo
peternak lokal sanggup kok menuhin mayoritas stok daging
tinggal bagaimana kebijakan pemerintah aja

masalah yg paling umum kan transportasi
distribusi
harga pakan
bantuan modal
bntuan bibit sapi unggul

sedikit OOT
Amerika ngobrak abrik tanah papua dengan emasnya diangkut semua ke USA dan rakyat papua hanya bs menonton apa USA peduli?
karma does exist

negara yang kagak nyadar melakukan hal yang sama ke negara-negara laen...
giliran negaranya di kasi kuota, pada mewek emoticon-Cape d... (S)
Urusan daging sapi ini emang aneh. Indonesia sendiri tercatat sebagai negara terendah dalam konsumsi daging terutama sapi, soale yg murah itu dagin ayam dan ikan. Artinya kebutuhan pasar masih kecil karena gak semua makan daging terutama sapi.

Dan kebutuhan daging sapi disuplai dari dalam dan luar terutama dari ostrali. Karena biaya transport dari ostrali lebih murah dari biaya transport dari NTT/NTB.
Tapi kebutuhan yg sedikit dan suplai yg berlimpah malah membikin harga naik. Ini yg aneh. Indonesia kebutuhan naek itu pas bulan rhamadan, sama menjelang natal dan tahun baru. Selebihnya ya biasa2 aja.

ini sebenernya yang membuat harga daging di kita mahal emang karena ga impor lagi sapi atau peternak lokal ga sanggup memenuhi permintaan di dalam negeri emoticon-Bingung (S)
Gak perlu mikir daging sapi lagi, entar diganti pake daging kelinci yang lebih murah gak sampai 10 juta per malam emoticon-Ngakak
stop makan daging sapi aja, jadi vegetarian semua emoticon-Big Grin
udah ... sekarang libur makan daging sapi aja ... makan ikan juga bnayak no emoticon-Big Grin

bagi penggemar bakso jgn kwtr ... ada bakso ikan juga koq emoticon-Embarrassment
urusan perut memang suka bikin repot setelah masalah kedelai sekarang masalah sapi....
Kenapa sih kita ga bisa swasembada sapi?emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By polkmn
Urusan daging sapi ini emang aneh. Indonesia sendiri tercatat sebagai negara terendah dalam konsumsi daging terutama sapi, soale yg murah itu dagin ayam dan ikan. Artinya kebutuhan pasar masih kecil karena gak semua makan daging terutama sapi.

Dan kebutuhan daging sapi disuplai dari dalam dan luar terutama dari ostrali. Karena biaya transport dari ostrali lebih murah dari biaya transport dari NTT/NTB.
Tapi kebutuhan yg sedikit dan suplai yg berlimpah malah membikin harga naik. Ini yg aneh. Indonesia kebutuhan naek itu pas bulan rhamadan, sama menjelang natal dan tahun baru. Selebihnya ya biasa2 aja.



Perhitungannya ngga salah dan terbalik gan? Justru menurut ane konsumsi daging sapi Indonesia termasuk besar karna didominasi umat muslim, kalau dinegara lain mereka malah lebih banyak mengkonsumsi daging dari hewan lain,
Makanya harga daging sapi dinegara lain lebih murah karna permintaannya sedikit. Daging jg ngga bisa ditimbun lama lama gan. Karna bisa jd busuk
setahu ane daging paling banyak improt dr australi , btw wabah sapi gila emang dah nular di indonesia tu buktinya da sapi gila ketangkep emoticon-Ngakak
aduh padahal daging impor lebih enak
wagyu, sirloin, tbone dll
kasian resto2 ga ada pilihan daging impor
setau gua kan resto2 gt ga mau pake daging lokal emoticon-Ngakak
MERNA KU merana
coba di impor jenis dabing yang laen

yang penting jangan 10jt/malem emoticon-Malu (S)