alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sepakbola Indonesia Digerogoti Mafia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5109c1990c75b40e6600000d/sepakbola-indonesia-digerogoti-mafia

Sepakbola Indonesia Digerogoti Mafia

Jakarta - Save Our Soccer menyebut kalau mafia telah menguasai sepakbola Indonesia. Gerakan kelompok suporter yang diprakarsai oleh ICW (Indonesia Corruption Watch) itu juga mengungkapkan keterlibatan pemain, klub sampai pengurus asosiasi.

Melakukan penyelidikan sejak 2011, SOS mengungkapkan kalau hampir seluruh pelaku sepakbola di tanah air terlibat dalam pengaturan pertandingan. Aksi pengaturan pertandingan diklaim sudah ada sejak periode 1980-an, namun tren pelakunya mengalami perubahan yang pada awalnya dilakukan pemain, wasit dan kini ke pengurus klub dan asosiasi.

Penelitian dari SOS itu dilengkapi dengan hasil wawancara dan testimoni para pelakunya. Mulai dari perangkat pertandingan, pemain, pengurus klub, hingga pengurus daerah dan pengurus pusat induk olahraga federasi olahraga.

Salah satu kasus yang termuat dalam laporan SOS itu adalah yang melibatkan Ketua Komisi Disiplin PSSI di periode kepemimpinan Nurdin Halid, Togar Manahan Nero dengan pengurus Penajam Medan Jaya. Togar dikabarkan menerima suap Rp 100 juta hingga akhirnya dipecat dari kepungurusan PSSI.

"Tahun 80-an pelakunya adalah pemain dan wasit. Di tahun 90-an karena gaji pemain sudah mulai membaik pelakunya adalah wasit. Sementara akhir tahun 90-an hingga sekarang pelakunya adalah pengurus PSSI," sahut Apung Widadi dari SOS dalam talkshow Mata Najwa yang tayang di MetroTV, Rabu (30/1/2013) malam WIB.

Atas hasil penelitian SOS ini, Menteri Olahraga, Roy Suryo, memang tak menampiknya. Roy juga mengaku tak terkejut dengan adanya praktek mafia di sepakbola Indonesia.

"Saya tidak terkejut (dengan praktek mafia sepakbola), saya berterima kasih kepada SOS karena bisa mengungkapnya," jelas Roy dalam perbincangan di sebuah talk show, (Kamis 30/1/2013) malam WIB.

Senada dengan Roy, Ketua PSSI, Djohar Arifin, juga membenarkan kabar mengenai adanya mafia bola. Bahkan, imbas dari praktek itu, disebutkan Djohar sebagai penghambat sepakbola Indonesia tak kunjung memetik prestasi.

"Sudah 20 tahun PSSI dikuasai mafia, itu merupakan rahasia umum, kata Djohar Arifin. "Imbasnya ke masa depan. Medali Sea Games sudah bertahun-tahun tidak bisa kita raih," imbuhnya.

Agar praktek mafia sepakbola tak bisa berkembang lagi, ruang gerak pelaku-pelakunya mulai dibatasi. Djohar menyebut kalau di bawah kepengurusannya PSSI sudah mengumpulkan wasit dan menegaskan keinginan untuk menciptakan iklim sepakbola yang bersih dari mafia dan pengaturan pertandingan

"Tekad kami adalah mengembalikan sepakbola ke sportivitas. Maka ada kongres sepakbola nasional 20 Maret 2010 di Malang," ungkap Djohar.

Masih terkait mafia sepakbola, Ketua KPSI La Nyalla Mattalitti juga menyuarakan upayanya membersihkan kompetisi ISL.

"Saya tidak mau lihat masa lalu (terkait temuan SOS). Yang penting saya sekarang ini Ketua PSSI Ancol dan sekarang ini jangan sampai kebobolan mafia bola. Kami sudah menentukan 16 wasit utama untuk jadi wasit ISL. Ada sistem yang mengacak wasit untuk memimpin pertandingan, wasit sudah diumumkam seminggu sebelum pertandingan. Kami Mengumpulkan dan mengunci wasit."

"Saya punya tim 10 orang, 10 komputer bayaran saya sendiri. Kalau ada wasit main-main nanti kita croscek. Ada klub yang tak mau kalah, lalu menyebutnya difitnah. Dulu tuan rumah selalu menang, sekarang sudah biasa kalau kalah atau imbang," papar La Nyalla.

[URL="http://sport.detik..com/sepakbola/read/2013/01/31/001938/2157078/76/sepakbola-indonesia-digerogoti-mafia"]SUMBER[/URL]

Isl kenapa baru sekarang dibersihin kemaren pada kemana aja para pengurus ISL ya...sarangnya 'penyamun' tuh..
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kemaren liat di mata najwa di sana nara sumbernya ada save our soccer,si la nyolot,roy sukro ma djohar...di babat habis la nyolot ama najwa emoticon-Ngakak salah sendiri berani dateng di mata najwa coba di tv one beda x ceritanya..liat muka djohar cuma senyam-senyum aja si la nyolot di babat habis2an

salut buat save our soccer yg udah berani ngomong ...brantas terus mafia sepakbola


Diubah oleh kosong56
emoticon-Repost
ia gan, semalem di bahas di mata najwa..
miris sekali, kapan bisa maju sepakbola kita
Td mlm liet di mata najwa..
Bener2 dah si sukro..
Bnyak clue yg terpampang jelas..
Undang2 yg jelas... statuta fifa jg dah jelas..
Mbak najwa jg dah nunjukin prjanjian hitam d atas putih yg sah..
Tp msh aj ni menpora gk bs narik kesimpulan..
Clue segedhe gajah d dpan matany dy gk kliatan..
Mlh msh nyari2 clue skecil semut kluar negeri.. emoticon-Cape d... (S)
Quote:


maklum gan..dr it terjun bebas ke olah raga..,qt tunggu aja reaksi dan tindakannya gimana..kayaknya cm pintar ngomong doang gan alias omdo..alias gak ada tindakan apa2 cm nunggu aja..emoticon-Ngakak
bagi pideoonya dung...

penasaran.. semalem ga sempet liat

wajahnya si "KETUM PSSI TERHEBAT" gimana yaaa emoticon-Ngakak
nais inpoh gan....tapi masih awal nih
menurut ane itu dagelan apa gimana Gan
maksud penyelenggaraannya apa dan gunanya apa
kalau dirahasiakan.....
mafia nya apakah AP & AB ????


Quote:


ngomong nya sesuai dengan keinginan sang tuan rumah sapa yang ga berani, coba johar sam ni supporter kliping gantian ke ILCemoticon-Cool


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di