alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
PEMBOMAN CANDI BOROBUDUR 1985
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5104e098ea74b47845000003/pemboman-candi-borobudur-1985

[ DISKUSI SANTAI ]PEMBOMAN CANDI BOROBUDUR 1985

Bom Candi Borobudur adalah peristiwa
pemboman peninggalan bersejarah Candi
Borobudur dari zaman Dinasti Syailendra yang
terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
pada hari Senin 21 Januari 1985. Peristiwa
terorisme ini adalah peristiwa terorisme bermotif
" jihad" kedua yang menimpa Indonesia setelah
pembajakan pesawat Garuda DC 9 Woyla oleh
anggota Komando Jihad pada tahun 1981.
Beberapa ledakan yang cukup dahsyat
menghancurkan sembilan stupa pada candi
peninggalan Dinasti Syailendra tersebut. Otak
peristiwa pemboman ini disebut sebagai
"Ibrahim" alias Mohammad Jawad alias "Kresna"
yang oleh kepolisian penyidik peristiwa
pemboman ini disebut sebagai dalang
pengeboman. Walaupun begitu, sosok Mohamad
Jawad, otak peristiwa peledakan Candi Borobudur
ini masih belum ditemukan dan belum berhasil
diringkus oleh kepolisian Indonesia hingga saat
ini.
Tanggal kejadian peristiwa ini sering dikutip
secara salah kaprah oleh pengguna blog di dunia
maya sebagai tanggal 15 Januari dari sumber
majalah TEMPO.

PENANGKAPAN TERSANGKA DAN PROSES PERADILAN.


Setelah penyelidikan, polisi Indonesia menangkap
dua bersaudara Abdulkadir bin Ali Alhabsyi dan
Husein bin Ali Alhabsyi yang dituding sebagai
pelaku peledakan Candi Borobudur ini.
Dalam persidangan kasus ini, jaksa menuduh
bahwa tindakan pengeboman terhadap Candi
Borobudur merupakan aksi balas dendam
Abdulkadir dan kawan-kawan terhadap peristiwa
Tanjung Priok tahun 1984 yang menewaskan
puluhan nyawa pemeluk agama Islam.
Abdulkadir membenarkan motivasi peledakan itu
sebagai ungkapan ketidakpuasannya atas
peristiwa berdarah tersebut.
Namun keterangan
itu kemudian diragukan, karena sosok
Mohammad Jawad atau "Ibrahim" yang disebut
Husein sebagai dalangnya kemudian tidak pernah
ditemukan oleh kepolisian.
Diubah oleh Ryngga
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Menurut pengakuannya, Abdulkadir mengaku dia
tidak mengetahui rencana pengeboman tersebut.
Dia dan ketiga kawan lain pada awalnya hanya
sekadar diajak oleh Mohammad Jawad untuk
"berkemah" ke Candi Borobudur sebelum
kemudian dibujuk oleh Mohammad Jawad untuk
mengebom candi nusantara bersejarah tersebut.

Sebagai pelaku di lapangan, Abdulkadir bukanlah
seorang profesional karena dia mengaku bahwa
dia tidak mengetahui seluk-beluk teknikal sebuah
bom dan hanya mengiyakan bujukan "Ibrahim"
rekannya. Setelah menyetujui bujukan Ibrahim,
mereka kemudian diberikan sejumlah bom waktu
rakitan yang telah dirakit secara rapi. Menurut
pengakuannya, Ibrahim adalah orang yang
merakit bom-bom tersebut. Bahan bom terbuat
dari trinitrotoluena (TNT) tipe batangan PE 808 /
tipe produksi Dahana. Tiap bom rakitan terdiri dari
dua batang dinamit yang dipilin dengan selotip.
Abdulkadir dan pelaku yang lain kemudian hanya
tinggal memasangnya di dalam stupa dan
memencet tombol berupa tombol arloji untuk
mengaktifkan bom waktu tersebut.
Abdulkadir kemudian divonis oleh Pengadilan
Negeri Malang dengan hukuman penjara 20 tahun
setelah terbukti sebagai pelaku peledakan itu.
Kakak Abdulkadir, Husein bin Ali Alhabsyi
kemudian dihukum penjara seumur hidup di
Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru,
Malang.
Abdulkadir bin Ali Alhabsyi
memperoleh remisi Presiden RI setelah menjalani
hukuman 10 tahun, dan Husein bin Ali Alhabsyi
kemudian mendapat grasi dari Presiden BJ
Habibie pada 23 Maret 1999.
Husein sampai
sekarang menolak tuduhan atas keterlibatannya
dalam peledakan Borobudur dan menuding
Mohammad Jawad sebagai dalang peristiwa
tersebut.
Diubah oleh Ryngga
MELEDAKNYA BUS PEMUDI EXPRESS


Peristiwa pengeboman Candi Borobudur ini
berkaitan dengan kasus ledakan bom di bus
Pemudi Express jurusan Bali yang meledak di
Banyuwangi, Jawa Timur pada tanggal 16 Maret
1985. Terungkap dari pengakuan Abdulkadir
setelah penangkapannya, bahwa dia dan Husein
menumpang bus tersebut pada saat kejadian,
dan meledaknya bus tersebut adalah karena bom
yang mereka bawa meledak secara tidak sengaja
karena terpicu oleh panasnya mesin kendaraan
tersebut. Menurut pengakuannya, mereka tidak
paham bahwa bom yang telah dimasukkan ke
dalam lonjoran berbahan paralon ber diameter
sekitar 30 cm dan dimasukkan dalam tas itu bisa
meledak bila kepanasan. Bom tersebut mereka
letakkan di atas mesin, dan karena panas dan
pemuaian, meledaklah bom tersebut.
Peristiwa pengeboman Candi Borobudur ini
diduga pula berkaitan dengan peledakan Gereja
Sasana Budaya Katolik Magelang beberapa waktu
setelahnya.

PASCA BOM BOROBUDUR

Lama setelah peristiwa bom Borobudur, Ibrahim
alias Mohamad Jawad belum juga dapat
ditemukan dan ditangkap oleh Kepolisian
Indonesia. Menurut pengakuan Husein pada
TEMPO, sosok Mohammad Jawad adalah nyata
karena orang itu pernah datang ke majelis taklim
yang dipimpin Husein di Kota Malang. Jawad
kerap datang sebagai ustad dan memberikan
ceramah tentang berbagai hal di situ, termasuk
tentang Tragedi Tanjung Priok tanggal 12
September 1984. Sosok ini menurut Husein
sangat pandai berbicara dan mampu
memengaruhi anak-anak muda, termasuk
Abdulkadir yang kemudian menjadi pelaku
peledakan Candi Borobudur ini. Ketidakmampuan
kepolisian untuk melacak dan menangkap
Mohammad Jawad hingga kini masih menjadi
bahan diskusi.
Diubah oleh Ryngga
Kalau copas artikel, tulisannya dirapiin & sumbernya dicantumin apa susahnya sih? emoticon-Nohope
DUGAAN LAIN


Peristiwa pemboman ini juga kemudian dianggap
berhubungan dengan konteks politik kala tahun
1985, yaitu ketika sejumlah elit politik dalam rezim
Orde Baru memberlakukan kebijakan yang
mempersempit ruang gerak kepercayaan Islam.
Muncul juga dugaan bahwa peledakan candi
Borobudur yang sangat sakral bagi pemeluk
ajaran Buddha ini adalah rekayasa dari kelompok
anti-Islam untuk menyudutkan agama Islam.

SUMBER

1. "Sembilan Stupa Borobudur
Diledakkan Senin Dini Hari"
. KOMPAS. 22 Januari 1985. http://
id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Kompas-22_
Januari_1985-sample

2. "Bom Borobudur, 16 Tahun
Kemudian" - Tempo Online, 17 Mei 1999.
3. ^ Candi Borobudur Korban Aksi Teror
Kedua - News.okezone.com,
Diubah oleh Ryngga
Quote:


Sorry gan ane copas langsung dari wikipedia... bikin tritnya lewat hp, jadi ribet ngrapiinnya..
Disini ane mo ngajak diskusi siapa sebenarnya DALANG dari pemboman borobudur 1985 ??
Sebab pelaku utama / perencana yg katanya bernama MOHAMMAD JAWAD, belum tertangkap dan misterius banget sampai sekarang..
padahal tahun2 intelejen lagi sangar2nya....
jadi ada 3 kemungkinan
1. pemboman itu memang dilakukan oleh kelompok islam garis keras. sebagai pembalasan atas peristiwa TANJUNG PRIOK 1985..

2. dilakukan oleh kelompok anti islam untuk mendiskreditkan islam

3. pemboman itu dilakukan penguasa saat itu sebagai alasan untuk memberangus kelompok2 islam

Bagaimana menurut agan2 semua ?
Ceritanya mirip pembajakan pesawat Woyla. Sang arsitek "teror" seperti hilang ditelan bumi dan tidak pernah ditangkap. Opini ane sih otaknya Leonardus Benyamin Moerdani, atau L.B.
Moerdani, atau kerap disebut Benny Moerdani.
Diubah oleh jikaengkauialah
iya gan idem sama yg di atas,

gmn mau diskusi juga,

mau nge baca nya juga puyeng, emoticon-Hammer

mending dirapihin dlu gan tulisan nya,

kalo males rapihin nya, cukup kasih link sumber nya,

terus sampaikan apa yg mau di diskusikan emoticon-Hammer (S)
Quote:

iya,, sih tapi apa alasan L.B. Moerdani untuk mendalangi hal itu ?

Quote:


Sorry gan,, baru berapa kali bikin trit sih..
masalah yg mau ane diskusikan dah ane tulis di post terakhir??
Quote:

LB Murdani dedengkot csis ( bener ngga ya initialnya) dimana sesuai studi mereka bahwa setelah runtuhnnya komunis maka ancamam selanjutnya datang dr garis kanan, muslim fundamentalis
Quote:


rapihin dulu lah.
Quote:


bukannya kalo gak salah kelompok2 garis keras ini ( termasuk komando jihad di era 75-an) ini yg mendalangi juga dr org2 militer sendiri spt LB moerdani dan ali moertopo untuk digunakan sebagai alat pula untuk merebut kekuasaan mbah harto.

IMHO
Quote:


bukan merebut kekuasaan, kayaknya lebih ke membusukkan kelompok Islamis sebagai strategi Orba melemahkan lawan politik waktu itu.

Orang-orang ex DI juga kan dirangkul terus dikooptasi sama Ali Murtopo.
Quote:

Bukannya dedengkot CSIS itu ali moertopo ? dalam peristiwa malari ali moertopo menuduh eks psii dan masyumi sbgai dalangnya,, tpi ga bisa dibuktikan... justru belakang jend. soemitro lewat bukunya menuduh keterlibatan ali moertopo lewat csisnya...

Quote:

bukannya ali moertopo justru selalu bersebrangan dgn kelompok kanan islam...
kalo moerdani justru dialah salah satu perwira yg ikut dalam pasukan yg menyerbu di pembajakan woyla..


mungkin ada jendral2 yg mendukung islam kanan/garis keras... tpi kayanya bukan mereka berdua.. IMHO
buset,cop-pas lau ? ga rapih amat threadnya-__-
baru dgr ane candi borobudur prnh di bom...
om tulisan nya kok kya gitu

susah di baca
jadi siapa yang salah gan?

kalau kejadiannya sekarang sih uda pasti gan jawaban dari kaskusers itu adalah "konspirasi israel dan amrik tuh" emoticon-Ngakak
Diubah oleh gtwins2
Tulisannya rapihin dikit dong emoticon-Peace

btw masih kurang ngerti ama alasnny si pelaku, bukannya kejadian priok itu karena suharto ya? Kok jadi candi penganut agama buddha yg kena?

Cmiiw

Quote:


nggak gitu juga gan emoticon-Ngakak
Quote:

jawaban ane sama dgn kata agan2 berikut
Quote:

Quote:


Quote:

Yup, ALi Mortopo adalah salah satu pendiri CSIS
maksud ane bukan Ali Murtopo atau LB Moerdani membela kelompok Islam garis keras, mereka malah benci kelompok ini.
makanya mereka "membuat skenario" agar Islam jelek, dan masyarrakat Indonesia malas dengan ideologi bernapas Islam, sehingga mereka die hard mencintai Pancasila

Kalo dalam peledakan Candi Borobudur disebutkan sang otak terorisme Mohammad Jawad tidak pernah tertangkap, maka di peristiwa pembajakan pesawat Woyla "otaknya juga ilang". Dalam banyak artikel yg kita baca biasanya yang disebut sbg pimpinan terorisme adalah Imran bin Muhammad Zaen. Tapi ane bernah baca di majalah SABILI (Tvone bilang ini majalah teroris emoticon-Big Grin) kelompok Imran ini sebenarnya kelompok pengajian biasa. Sampai suatu hari datang Mr X (ane lupa namanya). Mr X ini ikut ngaji (liqo). Dalam perkembangannya Mr X sering memanas-manasi suasana. Melemparkan gagasan2 panas, jihad, perang lawan pemerintah, dsb. Salah satu gagasannya pula adalah pembajakan pesawat ini. Rencana ini disambut dgn antusias oleh anggota pengajian yang lain. Hingga beberapa minggu sebelum hari H, si Mr X ini tiba2 menghilang... tapi rencana pembajakan jalan terus...

*)maap ane lupa persisnya, ane baca SABILI edisi th 2004 / 2005. Udah lama banget.
ikutan nimbrung,gan. emoticon-shakehand
entah kenapa, setelah baca trit TS ini, saya kebetulan inget beberapa kejadian yang pernah ada di negara kita, dan entah kenapa juga terjadi berturut di awal tahun 1980an, antara lain:

1. pembajakan pesawat GA 206 tahun 1981
2. pristiwa tanjung priok 1984
3. pemboman borobudur, 1985


tiga kejadian diatas yang kebetulan sudah saya pernah baca.

Dan hal yang saya temukan, (ini menurut saya sendiri ya,gan)
pihak - pihak yang melakukan atau mengeksekusi terjadinya pristiwa tersebut, merupakan perpanjangan tangan saja, dan ada oknum dibalik terjadinya pristiwa tersebut,
entahlah, saya juga masih membutuhkan sumber - sumber yang lebih jauh lagi mengenai hal ini.

saya tidak membicarakan konspirasi - konspirasi ya, hanya saja saya merasa ada oknum yang mungkin sampai saat ini mengatur keadaan di negara ini, entah keadaan damai sejahtera sampai keadaan yang ricuh.

tapi jelas, belum ada bukti yang kuat untuk menjadikan pemikiran tersebut menjadi sebuah pernyataan kuat si, masih perlu menggali lebih dalam saja.

hanya ingin berbagi, gan. emoticon-Big Grin


Diubah oleh 2punk
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di