alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5101155d48ba54c958000006/all-about-dvdrw-and-burning-media-for-pc-or-notebook
All About DVDRW and Burning Media for PC or Notebook
All About DVDRW and Burning Media for PC or Notebook

Selamat pagi / siang / malam agan kaskuser dan moderator semuanya emoticon-Smilie
Saya minta ijin untuk membuka thread baru berkaitan dengan permasalahan DVDRW (optical drive) baik itu untuk pengguna PC maupun Notebook (atau sering disebut Laptop).

Thread ini merupakan lanjutan dari Ciri-Ciri DVDROM/DVDRW + keping DVD rusak (share), dimana yang saya rasakan permasalahan pengguna DVDRW empat merk ternama (Asus / LG / Samsung / Liteon) makin kompleks dan menemui kasus dengan motif sama yang terulang-ulang. Ada salah satu merk dimana seringkali buyer saya tidak mampu install atau bahkan sekedar copy data dari keping DVD yang saya kirimkan. Yang cukup aneh kejadian ini hanya berulang di pemilik DVDRW merk tersebut baik itu new ataupun bekas pakai.

Quote:Metode yang saya pakai cukup ekstrem, dimana sebelum kirim sudah saya test baca per keping DVD di 3 dvdrw Liteon + copas ulang isi DVD ke HDD sebelum packing dan kirim. Pastinya hal ini memakan waktu cukup lama (bisa 30 menit per keping DVD) dan ada hardisk khusus untuk sekedar jadi media copy paste data.

Jika memang salah satu merk sudah seringkali mengalami banyak KASUS, alangkah baiknya pihak yang terkait memperbaiki kualitas optic + mesin + firmware dari optical drive keluarannya. Sangatlah parah apabila user disuguhi optical drive berkualitas buruk padahal itu NEW (baru beli) sekalipun.

Harapan saya thread ini dapat menjadi media sharing rekan-rekan kaskuser semua, terlepas dari pedoman info yang akan saya tuliskan disini. Demi tidak menyinggung salah satu merk maka disini saya wajibkan kaskuser untuk memakai nama samaran yaitu Samsul, Lagie, Silit On, dan Asoy. Jangan gunakan nama asli untuk mengkritik satu merk untuk sekedar alasan etika, meskipun sudah jadi rahasia umum merk tersebut sangat buruk sekalipun emoticon-shakehand

Di thread baru ini, kita bahas lebih dalam dan "tajam" alias blak-blakan soal merk tertentu pastinya dengan nama samaran. Kenapa??? Sekali lagi kita ini the last user dimana perusahaan tanpa adanya the last user is NOTHING. Tapi sayangnya justru the last user ini yang sering dianggap remeh dan diabaikan emoticon-Mad (S).
Jika anda bohong dan membela merk tertentu hanya berdasarkan pengalaman 1x pakai (seumur-umur beli DVDRW ya cuma sekali langsung judge merk itu bagus, pakai aja jarang emoticon-Hammer), atau hanya melihat produk lainnya keluaran merk itu kok bagus, atau tanpa ada dasar yang kuat maka ya anda juga yang merasakan akibatnya kebagian DVDRW bobrok dari pabrikan. Share anda itu akan di-follow pengguna lainnya jadi dimohon kejujuran ketika sharing ya emoticon-Cendol (S)



Berikut saya buatkan index tentang thread ini :

1. PENELITIAN DAN PENGAMATAN PRIBADI 4 MERK TERNAMA DVDRW

2. CIRI-CIRI DVDROM/DVDRW RUSAK

3. PENYEBAB KERUSAKAN DVDROM/DVDRW

4. AKIBAT DVDROM/DVDRW YANG RUSAK

5. CIRI-CIRI KEPING DVD YANG RUSAK

6. PENYEBAB KERUSAKAN PADA KEPINGAN DVD

7. AKIBAT KEPING DVD YANG RUSAK

8. CYCLIC REDUNDANCY CHECK ERROR

9. APA BEDA SIMBOL -R, +R, dan RW PADA KEPING DVD?

10. TAMBAHAN INFO KASKUSER MENGENAI DVDRW dan atau KEPING DVD


PENELITIAN DAN PENGAMATAN PRIBADI 4 MERK TERNAMA DVDRW

Berikut ini adalah hasil penelitian dan pengamatan pribadi saya selama bertahun-tahun sejak 2003 hingga tahun 2013 ini (sudah terhitung sepuluh tahun). Saya amati permasalahan baik itu proses baca (READ), menyalin data dari CD/DVD ke HDD (COPY) maupun menulis ulang data dari HDD/CD/DVD ke keping CD/DVD lainnya (writing).

Bermula dari jaman masih kuliah di UI Depok, dimana banyak teman saya seringkali mondar-mandir Depok - Mangga Dua hanya untuk beli CDROM/RW merk Asoy atau Samsul. Kebetulan saya sendiri pakai merk Silit On dari awal beli PC pentium IV.
Wah kok bisa ya, saya sendiri kok gak pernah ketemu masalah sedikitpun dengan CDROM/RW yang saya punyai. Muncul ide untuk mengamati dan mewawancarai (observation and interview) para user merk lain. Singkat cerita mereka berkeluh kesah (terutama teman satu kost emoticon-Ngakak (S)) kalau mereka sedikit-sedikit beli CDROM/RW karena motornya sering macet - tidak bisa baca kepingan CD - lampu indikator menyala tapi CD macet, mesti di tusbol pakai peniti baru kebuka itu CDROM emoticon-Najis (S)

Nekat coba-coba merk yang bermasalah tersebut. Ya amplop... ternyata usia 2 bulan kok tewas padahal jarang dipakai emoticon-Berduka (S). Akhirnya saya hindari merk selain Silit On tapi masih saya amati perkembangannya dari tahun ke tahun.

Lompat ke tahun 2010 ketika saya memutuskan untuk menjual data dalam kepingan DVD. Lagi-lagi inilah hasil yang saya temukan :
All About DVDRW and Burning Media for PC or Notebook

MY LAST ARMY IN THE BEGINNING of 2013
All About DVDRW and Burning Media for PC or Notebook



Ini kesimpulan saya ambil setelah burning lebih dari 17.000 keping dvd selama kurun waktu 2010 - 2013. Silahkan jika hasilnya mau dipercaya, tapi jika tidak dipercaya pun tidak masalah karena ini murni buat pedoman saya pribadi emoticon-Angkat Beer

Yang jelas saya pasti say no to Samsul khusus buat optical drive-nya baik DVDRW internal maupun eksternal emoticon-shakehand

CIRI-CIRI, PENYEBAB dan AKIBAT DVDROM/RW yang RUSAK

Spoiler for check this:

CIRI-CIRI, PENYEBAB dan AKIBAT KEPING CD/DVD yang RUSAK

Spoiler for check this:

CYCLIC REDUNDANCY CHECK ERROR

Spoiler for check this:

Apa beda simbol -R, +R, dan RW pada keping CD atau DVD?

Spoiler for check this:

TAMBAHAN INFO DARI KASKUSER

Spoiler for check this:


Spoiler for check this:


Spoiler for cara bongkar dvdrw:
untuk tahun 2013, asoy dah dihapus dari dvdrw. dah ga bikin lagi.
btw masih ada pabrikan lagi, nec-optiarc kadang masih muncul di merek 's'
Wah agan dalem bgt ilmu perdvdannya...

Ane baca dulu, ane laptopnya asus a43sj i3emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By cleva
untuk tahun 2013, asoy dah dihapus dari dvdrw. dah ga bikin lagi.
btw masih ada pabrikan lagi, nec-optiarc kadang masih muncul di merek 's'


wah salah satu mastah optical drive mampir..
makasi ya mastah ijin taruh di bagian info emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By ihsanvoo
Wah agan dalem bgt ilmu perdvdannya...

Ane baca dulu, ane laptopnya asus a43sj i3emoticon-I Love Indonesia (S)


weleh salah gan.. saya mah newbie. pakarnya itu ada di postingan atas agan emoticon-Peace
hati2 skrg kualitas optic dvdrw bawaan laptop gk awet emoticon-Busa
jangan suka dipakai bt install game/nyetel movie langsung dr keping DVD.
klo mau dicopy ke HDD dulu atau beli DVDRW eksternal merk Lagie atau Silit On spy yg bawaan laptop bs awet emoticon-I Love Kaskus (S)
again and again.. how notebook optical drive is very brittle or "fragile" emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dennyprasetyo
gan pes 2013 nya udah ane terima bbrp hr yg lalu,udh ane install jg gak bisa2 selama 2 hari,coba di laptop tmn ane bs,rupanya cd rom ane yg bermasalah,dicoba2 terus akhirnya bisa emoticon-Smilie

mantabh gan pes 2013 nya keliatan bgt bedanya sm yg pes 2012. Udh 2 kali ane order sm agan dan semuanya ane ngerasa puas emoticon-Shakehand2

emoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller



dan samsul bahri selalu mendominasi my version of the worst optical drive along 2012-2013 emoticon-Busa
Quote:Original Posted By roi98
sori mayori gan baru testi gan.....
Barang udah nyampe dengan sehat walafiat gan...emoticon-Kiss (S)
awalnya ane bngung pas nginstal, ane pake DVD RW Samsung, sukses instal disc ke-1 pas discke-2 loadingnya lama bangeet..... udah 3 kali nginstall masih luum bisa2 juga disc ke-2 nya.... ane coba copy file nya juga lama bngeeet, krena ane ga sabaran langsung ja ane mnjem DVD RW temen yg LG.... ane copy semua file dvd 1 mpe dvd 3 alhasil sukses ane copy, ane bngung knapa di DVD RW LG lebih cepet dripada pake samsung....
Mungkin buat yg pake DVD RW samsug kl boleh ane saran mending coba di copy semua dulu file nya, kl ga bisa mungkin optic nya sama kyak punya ane, lemah gemulai..heeee... trus installnya gabungin ja isi dalam folder img yg ada di disk 2 ke folder img di disk 1... langsung autorun file yg ada di disc 1...
ga percuma ternyata perjuangan install nya setelah liat hasilnya, emang woowww bngeet dh hasil tangan dingin agan yg satu ini .... emoticon-Recommended Seller
kl ada award kategori pembuat patch terbaik, mungkin agan inilah selalu juaranya menyamai ball'on d'or nya messi.....emoticon-Big Grin
satu lagi gan kl bisa buka cabang ya gan di jakarta, biar tambah sukses n bisa COD anemoticon-Ngakak


apa masih ada yang mau beli samsul bahri klo kondisi seperti ini? emoticon-Big Grin
cari aman aja gan msh ada silit on atau lagie emoticon-Embarrassment


Apa ada yang mengalami DVD Verbatim dan Mitsubishi nya rusak. Saya ada beberapa disc yang timbul bintik-bintik hitam. Unntung masih bisa di baca DVD-RW.

klo merek pioneer gimana gan?
bagus ga??
Quote:Original Posted By rainy


Apa ada yang mengalami DVD Verbatim dan Mitsubishi nya rusak. Saya ada beberapa disc yang timbul bintik-bintik hitam. Unntung masih bisa di baca DVD-RW.



iya bro, ini mitsubishi saya yg usia 1.5th kok ada bintik hitam ya padahal disimpen rapi emoticon-Berduka (S)
malah maxell saya awet semua. kok aneh sih ini si mitshu emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By zr0
klo merek pioneer gimana gan?
bagus ga??


setau saya pioneer skrg sdh gak produksi (stok gak masuk indo) lagi. jd susah cari barangnya.
klo pioneer menurut info yg ada jg skrg pakai OEM Liteon (dalemannya Liteon). jd mending ambil Liteon dengan harga yg lebih murah.
lite on berapaan yak
Quote:Original Posted By cowboymail


iya bro, ini mitsubishi saya yg usia 1.5th kok ada bintik hitam ya padahal disimpen rapi emoticon-Berduka (S)
malah maxell saya awet semua. kok aneh sih ini si mitshu emoticon-Hammer



setau saya pioneer skrg sdh gak produksi (stok gak masuk indo) lagi. jd susah cari barangnya.
klo pioneer menurut info yg ada jg skrg pakai OEM Liteon (dalemannya Liteon). jd mending ambil Liteon dengan harga yg lebih murah.



Saya ada beberapa DVD-R Maxell sampai sekarang masih bagus. Sepertinya lebih bagus yang Maxell terutama yang buatan CMC Taiwan.

Saya ada beli DVD-R dan DVD+R Imation. Yang Imation ini juga buatan CMC sama dengan Maxell. Yang Imation kalo surface DVD di sentuh akan terasa licin, seperti ada di lapisan pelindungnya.

Coba bro sentuh surface Maxell apa terasa licin ?


jadi inget jaman dulu yang merajai pasar dan kualitas dari ODD itu merk plextor emoticon-Big Grin dan katanya plextor sekarang itu LiteONemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
punya lagie sering tidak bisa baca dvd emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By bagashardianto
lite on berapaan yak


kisaran 165-185rb gan untuk yg OEM (edisi tanpa box)
klo msh ada yg pakai box (sisa stok) itu kisaran 200-220rb. mmg lebih baik ambil yg edisi box tp itupun klo msh ada yg jual.

Quote:Original Posted By fransetya
jadi inget jaman dulu yang merajai pasar dan kualitas dari ODD itu merk plextor emoticon-Big Grin dan katanya plextor sekarang itu LiteONemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol


iya gan plextor mah numero uno secara dia bulit quality mmg bt dihajar hehe.. cm harganya muahal emoticon-Hammer
yup menurut info plektor itu skrg liteon emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By na2nk17
punya lagie sering tidak bisa baca dvd emoticon-Hammer2


lagie kualitas opticnya msh mendingan dibanding samsul,
cm klo sdh usia 2bln keatas sk kambuhan penyakitnya
cepet tewas emoticon-Berduka (S) emoticon-Hammer


Quote:Original Posted By rainy



Saya ada beberapa DVD-R Maxell sampai sekarang masih bagus. Sepertinya lebih bagus yang Maxell terutama yang buatan CMC Taiwan.

Saya ada beli DVD-R dan DVD+R Imation. Yang Imation ini juga buatan CMC sama dengan Maxell. Yang Imation kalo surface DVD di sentuh akan terasa licin, seperti ada di lapisan pelindungnya.

Coba bro sentuh surface Maxell apa terasa licin ?




iya bro rainy... ini maxell ada seperti lapisan tambahan gt emoticon-Thinking
klo mitsubishi agak "keset" seperti keping dvd verbatim.
cm ini saya cek maxell yang beli juli 2012 kmrn, klo yg stok baru blm dicek apa jg ada lapisan sejenis lilin itu.

apa yg licin-licin seperti lilin itu ya yg bikin awet (gk gampang bercak) ?
waduh bakal mubazir ini klo mitsu/verba gk tahan lama pdhl lbh mahal emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By cowboymail


kisaran 165-185rb gan untuk yg OEM (edisi tanpa box)
klo msh ada yg pakai box (sisa stok) itu kisaran 200-220rb. mmg lebih baik ambil yg edisi box tp itupun klo msh ada yg jual.



iya gan plextor mah numero uno secara dia bulit quality mmg bt dihajar hehe.. cm harganya muahal emoticon-Hammer
yup menurut info plektor itu skrg liteon emoticon-Big Grin



lagie kualitas opticnya msh mendingan dibanding samsul,
cm klo sdh usia 2bln keatas sk kambuhan penyakitnya
cepet tewas emoticon-Berduka (S) emoticon-Hammer




iya bro rainy... ini maxell ada seperti lapisan tambahan gt emoticon-Thinking
klo mitsubishi agak "keset" seperti keping dvd verbatim.
cm ini saya cek maxell yang beli juli 2012 kmrn, klo yg stok baru blm dicek apa jg ada lapisan sejenis lilin itu.



apa yg licin-licin seperti lilin itu ya yg bikin awet (gk gampang bercak) ?
waduh bakal mubazir ini klo mitsu/verba gk tahan lama pdhl lbh mahal emoticon-Hammer


Mungkin lapisan itu yang bikin awet. Aneh kok Mitsubishi dan Verbatim yang harganya mahal malah tak awet.