alexa-tracking

Musik Nasyid Kemana Kabarnya nih? [Share Gan]

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51010c18572acf730d000009/musik-nasyid-kemana-kabarnya-nih-share-gan
Musik Nasyid Kemana Kabarnya nih? [Share Gan]
Agan/wati - Ikhwan-Akhwat, gmn kabarnya tentang Nasyid nih?emoticon-Bingung (S)
Sayang ya,padahal musicnya enak lho..penyejuk hati...emoticon-Sorry
Kita Share dsni gan/sist,smoga musik nasyid tetap hidup dihati kita semua....emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Nih Ane kasih sekilas tentang NASYID :
SEJARAH NASYID
Nasyid dipercaya sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad.Syair thola'al badru 'alaina (yang artinya telah muncul rembulan di tengah kami)yang kini kerap dinyanyikan oleh tim qosidah dan majelis ta'lim, adalah syair yang dinyanyikan kaum muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah SAW ketika pertama kali hijrah ke Madinah. Nasyid kemudian berkembang seiring dengan situasi dan kondisi saat itu. Misalnya nasyid di Timur Tengah yang banyak mengumandangkan pesan jihad maupun perlawanan terhadap imperialisme Israel lebih banyak dipengaruhi oleh situasi politik yang ada saat itu.

pengertian nasyid
Nasyid (Arab: أناشيد) merupakan senandung yang biasanya bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang berkaitan dengan dengan islam lainnya.

Biasanya nasyid dinyanyikan secara acappela Atau dengan diiringi gendang. Metode ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi.


Pada awalnya sejarah nasyid pertama kali di bawakan dengan alunan bercorak padang pasir, tetapi kini kumpulan team nasyid telah membawa perbagai bercorak baru untuk para pendengar. Pembaharuan ini menjadikan lagu-lagu nasyid lebih menarik dan bersifat lebih daya saing dalam bidang seni.

masuknya nasyid ke indonesia
untuk awal masuknya nasyid di indonesia diperkirakan pada akhir tahunan 80an dan awal 90an. yaitu nada murni ( dari malaysia ) dan untuk team nasyid dari nusantara sendiri itu adalah team nasyid izzatul islam ( hingga kini ) .

Pada awalnya yang dinyanyikan adalah syair-syair asli berbahasa Arab. Namun akhirnya berkembang dengan adanya nasyid berbahasa Indonesia dan dengan tema yang semakin luas (tidak hanya tema syahid dan jihad).Biasanya nasyid dinyanyikan dalam pernikahan, maupun perayaan hari besar umat Islam.



semoga saja team nasyid sekarang ga merubah visi dan misi dari nasyid yaitu sebagai kesenian islam dan untuk berdakwah...

APA ITU NASYID ?

Oleh : Almuzzammil Yusuf


Seni atau kesenian memiliki banyak bidang. Salah satunya adalah seni suara . Kaum muslimin—utamanya para ahli seni Islam, ulama, penyair Islam, aktivis gerakan Islam—adalah pihak yang paling gigih dalam berupaya menghadirkan ruh Islam dalam pentas seni suara .

Jika kita tarik jauh ke belakang , sesungguhnya upaya kreatif menghadirkan ruh Islam pada dunia senia suara, sesungguhnya telah berlangsung sejak masa Rasulullah . Syair "thola’al badru ‘alaina…"(telah muncul rembulan di tengah kami…) -- yang kini kerap dinyanyikan oleh tim qosidah dan majelis ta’lim, adalah syair yang dinyanyikan kaum muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah SAW untuk pertama kali ke Madinah.

Upaya kreatif tersebut terus berlangsung hingga kini. Perkembangan , warna, tema yang mengisi seni suara tersebut tak dapat dilepaskan dengan situasi dan kondisi zaman yang mengitarinya. Misalnya saja seni suara Islam yang lahir di Timur Tengah , yang banyak mengumandangkan pesan-pesan jihad Palestina, perlawanan terhadap Yahudi-Israel dan kesyahidan, karena itulah latar situasi politik yang tengah mereka hadapi di depan mata mereka. Seni suara tersebut terkenal dengan sebutan Nasyid Islam (Senandung Islam).

Fenomena Nasyid tersebut juga berimbas ke Indonesia sekitar era 80-an. Lagu-lagu asli bahasa Arab dinyanyikan oleh pemuda-pemuda Indonesia. Namun kini perkembangan kelompok Nasyid Indonesia telah mampu mengarang Nasyid berbahasa Indonesia dengan tema-tema lagunya yang semakin meluas (tidak hanya tema jihad dan kesyahidan) , dipengaruhi oleh situasi kondisi kemasyarakatan yang mengitari masyarakat Indonesia. Upaya kelompok nasyid Indonesia -- yakni kelompok nasyid Snada, Suara Persaudaraan, Izatul Islam, Asyabab, Harmoni Voice, Sam Abdullah , Bijak, dan lain-lain --tersebut telah mengahasil lebih dari 10 kaset , yang beredar di kalangan Remaja Masjid , Rohis SMA dan Kampus. Oleh karenanya tak heran kalau kegiatan keislaman Remaja Masjid , Rohis SMA dan Kampus kerap diselingi dengan penampilan tim-tim nasyid.

Trend tersebut, sekalipun masih berusia + satu dasawarsa, agaknya telah menunjukkan gairah yang luar biasa. Agaknya sambutan antusia tersebut beriring dengan munculnya kesadaran berislam di kalangan sebagian remaja dan pemuda-pemudi Islam . Sehingga merekapun mencari penyaluran gairah seni suaranya kepada jenis senia suara yang ber-ruh Islam.

Satu aspek yang memang harus kita terus tumbuh kembangkan, apalagi mengingat sinyalemen kerusakan moral dan penyalah gunaan obat di sebagain "ABG" dan pemuda/i kita.

sumber:www.cybernasyid.com dan http://nurmestika1.blogdrive.com/
bisa juga klik dsni http://www.anneahira.com/lagu-nasyid.htm
nb :jika ada yang kurang atau tidak sesuai dengan ketentuan yang ada silahkan ditambahi

HIDUP NASYIDemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Reservedemoticon-Blue Guy Cendol (L)
boleh dibagi2 cendol+ratingnya ganemoticon-Ngakak
Ane tambain ganemoticon-Blue Guy Cendol (L)

Bercorak padang pasir itu apa...setahu saya justru irama padang pasir itu yang ada penari perutnya. Kayaknya bukan gitu deh...
Dulunya nasyid hanya lazim untuk penyemangat saja. Benchmark yang paling mirip ya lagu2 haroki saat ini. Bedanya dulu bahsanya full arabic. Trus polosan banget enggak ada gebukan drum maupun alat musik. Tambah lagi enggak ada pembagian suara, semua suara satu kayak tentara lagi nyanyi aja ... enggak beda ma teriak2 cuma ada nadanya aja ... :jaim:
"Innalilikhwani shrhu kullu ma fi hi hasan la tasalliman ..." [afwan kalo ada yang salah liriknya]
Munsyid palestin sih masih pake model begini cuma lebih bagus aja...

Baru setelah itu di era 90an masuk munsyid2 malaysia Nada Murni, The Zikr, Raihan dll
Umumnya bawa irama melayu dan tabuhan gendang khas melayu. Lagunya juga mendayu-dayu.

kemudian di Indonesia diramaikan dengan SNADA dengan aliran acapelanya meskipun dulu masih sederhana tapi menjadi titik tolak populernya nasyid di Indonesia.

Sekarang mah udah merambah segala jenis musik
melayu: Raihan, Hijjaz, brothers, dll
Acapela: Snada (skrg udah enggak), JV, Fatih, Gradasi, dll
Band: Shaff-Fix, Gondes dll
Duo: Seismic, Edcoustic, Faliq dll
Boy band : Alginat, Sohib, Star Five, Tashiru dll
Solo: Jefri Al Bukhari, dang Fathurrahman, Opick dll
Rap: Thufail al Ghifari dll
Haroki: Izziz, Shoutul Harokah, Shoutul Haq

dan masih banyak lagi yang lain yang enggak kesebut .....

Tapi banyak hal yang harus dibenahi karena saat ini mulai menjadi bias antara nasyid dan lagu umum. Bahkan enggak ada bedanya. Munsyidpun semakin lama semakin 'gaul'. Saya rasa juga masih sedikit yang paham fiqhnya, padahal ranah ini sangat rentan sekali banyak perbedaan pendapat ... :toe:

Pengalaman adanya FNI di Indosiar, saya merasa agak miris. Bagaimana bisa munsyid dengan lincah menari di panggung kayak boy band dan senang sekali dengan adanya teriakan penonton. :toe: waktu itu cukup memprihatinkan bagi saya. Di satu sisi, nasyid berkesempatan untuk go publik namun dengan kompensasi yang mengerikan. Wallahu'alam.
iya juga ya gan udh jrang keliatan
ane msh penggemar setia nasyid gan, pertama kali denger nasyid pas ada the zikr dan nada murni emoticon-Smilie
maksudnya kaya band :debu" y gan? emoticon-Bingung (S)
hmm. masa' baru masuk Indo taun '90 an?

tapi salut deh karena nasyid sudah mulai populer...
Quote:


iya neh sayang,padahal penyejuk hatiemoticon-Sorry

Quote:


emoticon-2 Jempol
manteb gan, raihan,brother,nowseeheart..wuihhh manteb ke telinga...emoticon-Cool

Quote:


iya seperti debu,tapi kebanyakan accapella,minus one...yg sejuk dihatiemoticon-Kaskus Radio

Quote:


emoticon-2 Jempolemoticon-Cool

mantebb ganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
mantabb gan... memang nasyid ini bertambah pesat juga.. tapi kenapa sering kalah ama lagu2 barat ya gan...

Ngakak 

Alhamdulillah saya masih di dunia nasyid bareng riham nasyid jogja. hampir 10 tahun

Hepi 

kenapa ya forum nasyid sepiiii
Ane dikenlain lagu nasyid sama kakak, masih suka dengerin kok gan, kadang kalo gitar-gitaran suka iseng bawain lagunya edcoustic.
Obat galau gan. emoticon-Ngakak
×